Contoh Teks MC / Pembawa Acara Formal dan Non Formal dalam Berbagai Acara


Contoh Teks MC atau Teks Pembawa Acara – MC atau master ceremony merupakan seseorang yang memimpin jalannya sebuah acara, baik itu acara formal maupun acara non formal. Biasanya seorang MC ini membaca susunan acara yang ada pada suatu kegiatan atau sebuah acara. Keberadaan MC diperlukan untuk memandu jalannya sebuah acara, supaya sebuah acara tersebut bisa berjalan dengan lancar, baik serta tertata rapi. (Baca : contoh susunan acara paling lengkap untuk berbagai acara)

Nah teks MC ini biasanya digunakan dalam berbagai acara-acara, misalnya dalam pengajian, pernikahan, maulid nabi, ulang tahun dan masih banyak yang lainnya.

Bahasa yang digunakan dalam teks pembawa acara ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bisa saja menggunakan bahasa daerah misalnya bahasa jawa. Namun alangkah baiknya jika dalam acara formal maka menggunakan bahasa indonesia.

Yuk langsung aja kita lihat kumpulan contoh-contoh teks mc atau teks pembawa acara dalam berbagai acar berikut ini.


Contoh teks mc pengajian

Alhamdulillahi Robbil ‘alamin, wabihi nasta’in, wa’ala umuriddunya wad din. Wa shollallahu ala Sayyidinaa Muhammadin, wa’ala aalihi washahbihi ajma’in.

Puji Syukur senantiasa kita ucapkan kehadirat Allah Subhanahuwata’ala, yang mana pada hari ini kita masih diberikan limpahkan karunianya, berupa kesehatan, kecukupan harta, kesenggangan waktu, sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama di masjid/Musholla yang sangat kita Cintai.

Tak lupa juga, Sholawat beserta salam, kita haturkan kepada Nabi dan Rasul kita, Muhammad Sallallahu alaihi wa sallam

Yang kita hormati, Al ustadz dan qori yang telah hadir, dan yang kita hormati, ibu lurah yang bersedia meringankan langkahnya untuk hadir disela sela kesibukannya, dan ibu Ika , selaku ketua pengajian, dan terimakasih saya ucapkan kepada ibu – ibu, serta bapak bapak yang berkenan hadir di tempat ini.

Sebelum kita memulai acara ini, marilah kita bersama sama mengucapkan Basmalah, Bismillahirrohmanirrohim.

Sebelum menginjak acara berikutnya, saya akan membacakan susunan acaranya. Adapun susunan acara yang akan kita lewati bersama adalah sebagai berikut ini:

  1. Pembukaan oleh Protokol
  2. Pembacaan Ayat suci Al Qur’an oleh Yahfi Al-Thoriq
  3. Kata sambutan oleh ibu Siti Marfuah selaku lurah
  4. Sepatah dua kata oleh ibu Indah , selaku Ketua pengajian
  5. Ceramah oleh Al ustadz Mulyono yang langsung ditutup oleh Doa
  6. Penutup

Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Lengkap

Pembukaan

Pembukaan untuk pembawa acara

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita khadirat Allah SWT yang telah begitu banyak memberikan nikmat kepada kita semua selaku hambanya. Sholawat dan salam juga kepada Nabi Muhammad SAW yang dengan perjuangan dan kesabarnya menyebarkan ajaran Tauhid sehingga bisa dikenal di seluruh pelosok negeri ini.

Yang kami hormati penceramah pengajian kali ini haji… dan yang ibu-ibu pengajian yang dirahmati Allah SWT Semoga harinya kita di sini menjadikan amal baik kita bertambah dan bertambahnya ilmu kita. Sebelum kita beranjak ke acara inti alangkah baiknya kita buka acara ini dengan membaca kalimat Basmallah dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah.

Pembacaan Kalam Ilahi

Selanjutnya setelah kita bukan, marilah kita dengar kan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang akan di baca kan oleh … terima kasih kepada … yang terlah membacakan ayat suci Al-Qur’an semoga dengan dibacakan nya ayat suci Al-Qur’an menambah keberkahan dalam acara pengajian kali ini.

Acara Inti

Untuk mempersingkat waktu langsung saja menuju acara selanjutnya yaitu acara inti, tausiah dan ceramah yang akan di sampaikan langsung oleh bapak/ibu …. waktu dan tempat kami persilakan. (pada sesi ini juga ada sesi tanya jawab dan diskutsi mengenai pembahasan ceramah)

Pengumuman

Terima kasih kepada bapak/ibu … yang telah menyampaikan tausiahnya semoga bermanfaat dan apa yang tadi kita pelajari bisa kita peraktekan, sebelum di tutup ada beberapa pengumuman yang akan di sampaikan oleh … kepadanya kami persilahkkan.

Itulah pengumumannya dan sebelum penutup apakah ada yang mau di sampaikan lagi terkait pengajian ini? Jika tidak ada marilah kita tutup acara pengajian ini dengan do’a yang akan di sampaikan oleh … terima kasih kepada … yang telah membacakan do’anya.

Penutup

Acara demi acara telah kita lewati bersama, tibalah kita di acara puncak yaitu penutup setelah tadi ada do’a sebelum kita tutup marilah kita beristigfar dulu tiga kali, marilah kita tutup acara pengajian ini dengan membaca kalimatul hamdalah dan do’a kafaratul majelis.

Terimakasih atas kehadiran dan perhatian ibu-ibu pengajian, saya selaku moderator mohon maaf jika ada salah-salah kata atau kalimat yang kurang berkenan di hati ibu-ibu sekalian. Jika ada kebenaran datangnya dari Allah SWT dan jika ada salah datangnya dari diri saya sendiri, kurang lebihnya mohon maaf bilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatu.


Contoh teks mc pernikahan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil’alamin, wash shalatu was salamu’alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa’ala aalihi wa ash-habihi ajmain, amma ba’du:

Yang kami mulyakan para alim ulama yang senantiasa kamitaati. Kepada yang terhormat bapak ………, bapak ibu hadirin dan hadirat para undangan yang kami hormati, wabil khusus kedua mempelai yang kini hatinya sedang berbunga-bunga karena berbahagia.

Mengawali pertemuan resepsi pernikahan atau walimatul ‘ursy ini, sudah sepatutnyalah kita bersyukur kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufiq danhidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada saat ini, kita dalam keadaan sehat wal afiat, bisa berkumpul, menghadiri undangan bapak …… /ibu …… dalam acara resepsi pernikahan putranya bernama ……. dengan pasangan yang dlcintainya bernama ……

Shalawat dan salam semoga kiranya tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang telah memberikan petunjuk, jalan kebenaran, memberikan pencerahan dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang yakni agama Islam.

Seperti telah kita saksikan .bersama bahwa kedua mempelai sedang bersanding di hadapan kita, bagaikan seorang raja dan ratu yang sedang berbahagi, hatinya berdebar-debar menantikan saat saat indah di malam pertama. Semoga kiranya akad nikah yang baru saja dilaksanakan tadi mendapatkan berkah dari Allah SWT. sehingga sepasang suami lstri ini nantinya dapat membina dan menciptakan rumah tangga yang harmonis, dan kasih, saling asah asih asuh rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Perlu kami sampakan Selaku pembawa acara, pada resepsi pernikahan ini yaitu.

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an
  3. Penyerahan dari keluarga mempelai Putra
  4. Penerimaan dari keluarga mempelai Putri
  5. Siraman Flohafil (nasehat pernikahan)6. Penutup/doa.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia. Demikianlah susunan acara resepsi pernikahan atau walimatul ursy pada sore hari ini.

PEMBUKAAN:

Untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka acara ini dengan bacaan Ummul Qur’an. Ila hadrotin nabbiyil musthofa sayyidina muhammadin saw. Alfatihah…
(Setelah membaca surat Al-fatihah bersama-sama lalu MC melanjutkan)
Semoga dengan bacaan surat Al-Fatihah tadi, acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun, amin.

PEMBACAAN AYAT-AYAT SUCI AL-QUR’AN:

Melangkah pada acara yang kadua yaitu Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakab oleh …. kepadanya dipersilahkan.
(Sesudah qari’ selesai membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, MC kembali melanjutkan acara …)
Kepada …… kami sampaikan bnayak terima kasih, semoga pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an tadi, pahalanya diberikan kepada pembaca khususnya kepada mempelai berdua, juga kita semua yang mendengarkanya.

PENYERAHAN DARI KELUARGA MEMPELAI PUTRA:

Melangkah pada acara yang ketiga, yaitu sambutan penyerahan dari pihak keluarga mempelai putra kepada mempelai keluarga putri, ayang akan disampaikan oleh yang terhormat bapak …… kepadanya dipersilahkan.

(Setelah sambutan penyerahan selesai, MC kembali melanjutkan acara)

Demikian tadi Sambutan penyerahan Yang telah disampaikan oleh bapak ……….. Kepadanya kami Sampaikan banyak-banyak terima kasih. Tentulah kiranya mempelai putri dan keluarga dapat mengerti dan menerimanya dengan sepenuh hati dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

PENERIMAAN DARI KELUARGA MEMPELAI PUTRI

Acara selanjutnya yaitu penerimaan dari pihak mempelai putri, dalam hal ini akan disampaikan oleh yang terhormat bapak ….. kepadanya dipersilahkan.

(setelah sambutan penyerahan selesai, MC kembali memimpin acara).

Kepada Bapak ……, kami sampaikan terima kasih yang sebanyak-bnyaknya, demikianlah tadi telah kita saksikan bersama acara serah terima dari kedua mempelai, marilah kita iringi do’a, semoga kedua mempelai senantiasa mendapat limpahan rahmat dan berkah dari Allah SWT, sehingga dapat membina mahligai rumah tangga yang bahagia fiddunya wal akhirah, amin ya rabbal alamin.

SIRAMAN ROHANI /NASEHAT PERNIKAHAN:

Sekarang sampailah kita pada acara yang keilima, yaitu Siraman rohani atau mauidhatul hasanah nasehat pernikahan yang akan disampaikan oleh Al Mukarom BapakKH ………. .. Kepada beliau dipersilahkan.(Setelah mauidhatul hasanah selesai, MC memimpin acara lagi, menyampaikan ucapan terima kasih dengan mengucapkan,).

Kepada yang terhormat bapak KH. ………….. kami sampaikan banyak terima kasih. Hadirin dan hadirat serta para undangan sekalian yang berbahagia, demikianlah tadi mauidhatul hasanah, nasehat perkawinan yang telah disampaikan oleh bapak KH. ………………….. semoga nasihat dan siraman rohani tadi, bermanfaat bagi kita semua, terlebih bagi mempe\ai berdua untuk dijadikan pedoman dan bekal dalam membina rumah tangga bahagia rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

PENUTUP – DO’A:

Saudara, bapak, ibu, hadirin dan hadirat serta para undangan sekalian yang berbahagia. Acara demi acara telah kita lalui bersama, kini tibalah kita pada puncak acara, yaitu penutup/pembacaan do’a yang akan dipimpin oleh yang terhormat Bapak KH …………… Namun sebelum do‘a dimulai, kami sebagai pembawa acara Resepsi Pernikahan ini, bila ada kurang lebihya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kepada yang terhormat bapak KH. …………. kami mohon untuk menutup acara ini dengan pembacaan do’a, kepada beliau kami persilahkan.

Akhirnya, billahittaufik wal hidayah wassalamu ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh.


Contoh teks mc formal

#1 Contoh Teks MC Acara Seminar Narkotika

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah melimpahkan berkah serta rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di acara yang sangat kita nanti – nantikan ini, yaitu seminar nasional tentang bahaya narkoba.

Sebelumnya, saya ucapkan selamat datang kepada Bapak Anis Baswedan beserta rombongan Badan Narkotika Nasional.

Selamat datang kepada Bapak Kapolda Pagar Alam.

Selamat datang kepada Bapak Ibnu Muliawan, selaku dokter RSUD bidang narkoba.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak serta Ibu sekalian.

Hadirin yang berbahagia, sebelum kita memulai acara ini, marilah kita bersama-sama berdoa sesuai dengan kepercayaan masing – masing, semoga Tuhan menjadikan acara ini bermanfaat untuk kita semua, serta acara ini dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

Berdoa mulai…

Berdoa selesai.

Bapak/ Ibu dan hadirin yang berbahagia, sebelum kita memasuki acara inti, saya akan membacakan susunan acara kita pagi hari ini. Adapun susunan acara kita hari ini adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Sambutan dari Ketua Pelaksana.
  3. Seminar Terkait Narkoba yang akan dipimpin oleh Bapak Anis Baswedan.
  4. Seminar Tentang Bahaya Peredaran Narkoba oleh Bapak Kapolda Pagar Alam.
  5. Seminar tentang Bahaya penyalah gunaan narkoba bagi kesehatan oleh Bapak Ibnu Muliawan.
  6. Sesi Tanya Jawab
  7. Testimoni dari mantan pecandu Narkoba.
  8. Ikrar untuk memerangi Narkoba
  9. Doa dan Penutup

#2 Contoh Teks MC Pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi serta salam sejahtera untuk kita semua,

Yang terhormat Pembantu Rektor III Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ibu Dr. Ika Umi Hayati, M.Psi.
Yang terhormat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bapak Dr. H. Revindo Lasido, M.Si.
Yang terhormat Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang, Bapak Drs. Suryanti, M.M.
Yang terhormat, ketua lembaga Yudikatif, Eksekutif, dan Legislatif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakrta

Beserta segenap hadirin yang berbahagia

Pertama – tama, marilah kita bersama-sama panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka Pelantikan Pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kedua kalinya, shalawat dan salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. Karena Beliaulah yang sudah menyelamatkan kita dari zaman jahiliah menuju zaman yang terang benderang.

Hadirin yang saya hormati, atas nama pembawa acara izinkan saya untuk membacakan susunan acara pada kegiatan Pelantikan Pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang antara lain sebagai berikut;

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
  3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya
  4. Pelantikan pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
  5. Muhammadiyah Malang
  6. Sambutan-sambutan
  7. Doa
  8. Penutup

Contoh Teks MC Non Formal

Selamat pagi semua.

Apa kabar nih siswa-siswi SMPN 2 Jombang?

Ya…ampun, hari ini panas banget ya?
Tapi walaupun panas, kita masih tetep COOL kan?
Iya kan temen-temen?

Yang pertama akan ada penampilan Tari Remo dari Ekstar Spada.

Sekarang waktunya penampilan dari regu paduan suara yang collab bareng regu keroncong. Ya, inilah penampilannya…
Waduh, suaranya bener-bener mantap. Apalagi yang cewek pada cantik-cantik. Blerrr, melelehkan hatiku.

Selanjutnya, kita akan disuguhi dengan tampilan drama unik berjudul “Friendship” dari  teater kesayangan kita, Plat Ireng.
Wahh, bener-bener unik banget. Abis nangis terus ketawa sampai nangis saking kocaknya. Seru abis dah.

Yakk, sepertinya waktunya nostalgia nih. Regu Karawitan dengan gamelan Jawanya.

Next, wihhh kayaknya unik lagi nih. Penampilan dance dari grup DTS collab bareng Ekstar Spada. Jeng, jeng, jeng inilah penampilannya…
Sampai teler karena ngikutin gerakannya. Abis ngedance seru terus nari lemah lembut, balik lagi ngedance. Hahhhh…

Second to last, ada penampilan yang cetar. Dan aksi inilah yang bikin kita dapet trophy juara 1 dan 2 sekaligus. Widihhhh, keren nih. Langsung saja kita sambut Arspada Joe dengan penampilan Kolone Tongkatnya yang membahana.
Wah, wah, wah, hebat banget tuh. Ada jungkir baliknya segala. Pantes menang ya.

Ok, last. Inilah yang kita tunggu-tunggu MANEQUIN CHALLENGE bersama grup DJ dari Kelas IX. Kayak pernah denger mereka latihan, tapi dimana ya? Lupa deh. Eh iya, gak usah pakai lama, kita dari MC undur diri, mohon maaf kalau ada salah kata. Let’s Get Started….


Contoh Teks Pembawa Acara Terbaik

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bapak Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan yang kami hormati, Bapak Wali Kota Kodya Palembang beserta seluruh tamu undangan yang saya muliakan, marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas segala kebaikan yang telah Tuhan anugerahkan kepada kita bersama, kita dapat berkumpul di sini.

Pada kesempatan ini, kami atas nama panitia dan keluarga besar MTs Mulia Darma mengucapkan terima kasih setulusnya atas kehadiran Bapak, Ibu, dan hadirin semuanya di Aula MTs Mulia Darma, dalam rangka penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan.

Sebelum menginjak acara yang pertama, perkenankan kami, menyampaikan rangkaian acara penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan.

Acara yang pertama adalah pembukaan, kemudian dilanjutkan sambutan ketua panitia dan sambutan Wali Kota Kodya Palembang. Selanjutnya adalah acara inti, yaitu penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan oleh Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan. Acara keempat, yaitu kesan dan pesan dari sang Guru Teladan. Acara kelima, yaitu lain-lain. Di pengujung acara akan kita tutup dengan doa bersama.

(Selanjutnya, penyampaian acara dapat diperinci sebagai berikut.)

1. Untuk mengawali acara kita kali ini, marilah acara ini kita buka dengan doa bersama. Berdasarkan keyakinan kita masing-masing, berdoa mulai.

2. Acara selanjutnya adalah sambutan. Sambutan yang pertama yaitu dari ketua panitia, yang akan disampaikan oleh Bapak Ir. Anwar Simatupang. Kepada Bapak Anwar kami persilakan. (setelah sambutan selesai) Terima kasih kepada Bapak Anwar, dan sambutan yang kedua, yaitu oleh Wali Kota Kodya Palembang. Kepada Bapak Wali Kota Kodya Palembang kami persilakan.

3. Hadirin yang terhormat, kini tibalah saatnya kita pada acara inti, yaitu penyerahan penghargaan guru teladan Provinsi Sumatra Selatan. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Bapak Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan kepada Bapak Drs. Bahri Khaerudin, kepala MTs Mulia Darma Palembang. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari sang guru teladan. Kepada beliau Bapak Kepala Depdiknas dan Bapak Bahri Khaerudin kami persilakan.

4. Demikian tadi acara penyerahan penghargaan serta kesan dan pesan yang disampaikan oleh guru teladan Provinsi Sumatra Selatan tahun ini, Bapak Drs. Bahri Khaerudin. Hadiran yang terhormat, menginjak acara kita selanjutnya, yaitu lain-lain. Pada acara ini kita akan beristirahat sejenak untuk menyaksikan penampilan grup band “Motivasi” MTs Mulia Darma. Kepada grup band “Motivasi” dan panitia yang bertugas kami persilakan.

5. Hadirin sekalian, tibalah saatnya kita sampai pada pengujung acara ini, yaitu penutup. Sebelum acara ini kita tutup, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin yang berkenan mengikuti acara ini. Kami atas nama panitia mohon maaf atas segala kekurangan berkaitan dengan pelaksanaan acara ini. Akhir kata, marilah acara ini kita tutup dengan doa bersama. Hadirin yang terhormat, berdoa dimulai. (setelah doa selesai) Sekian dari kami,

Wassalamualaikum, Wr. Wb.


Contoh Teks MC Acara Workshop

Yang terhormat Bapak, Harimurti Yudhoyono selaku ketua BKKBN
Yang terhormat, Ibu Siti Marfuah selaku penyuluh aktif
Yang terhormat, Ibu Hayati selaku penyuluh aktif
Yang terhormat, bapak dan ibu serta tamu undangan workshop

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan, nikmat dan karunia-Nya.

Sehingga pada kesempatan kali ini kita masih diberi rahmat dengan penuh kebahagiaan, hingga kita bisa berkumpul bersama-sama dalam keadaan sehat, dan dapat menghadiri acara Workshop Penyusunan SOP (Standar Operasional Prosedur) UIN Sunan Kalijaga tahun 2017.

Shalawat dan salam senantiasa kita panjatkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW karena beliaulah suri tauladan kita dalam berakhlakul karimah dan beliaulah Khatimul Anbiya’ penyempurna ajaran Islam sebagai rahmatan lil’alamin.

Selanjutnya atas nama pembawa acara, tidak lupa untuk menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh hadirin, yang dengan penuh semangat bersedia menghadiri workshop ini sekaligus berpartisipasi secara aktif dalam mendalami SOP yang berlaku di UIN Sunan Kalijaga ini.

Pada pagi yang berbahagia ini, adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sambutan Ketua Panitia.
  2. Sambutan Kepala UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.
  3. Sambutan Ketua UIN Sunan Kalijaga.
  4. Penutupan Acara Pembukaan Workshop SOP UIN Sunan Kalijaga.

Contoh Teks MC Acara Perpisahan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bismillahirrohmannirrohim

Alhamdulilah hirobil alamin wahbihi nastaim waalaumuritdun ya waddin waala alihi wah soh bihi ajmain ama ba’du.

Yth. Almukarom K. H. Ibrahim Ismail

Yth. Kepala sekolah Bapak Muhammad Mustafa

Dewan guru, bapak-bapak, ibu-ibu para undangan, serta teman-teman sekalian yang saya sayangi.

Pada kesempatan yang bahagia ini, marilah kita menghaturkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul dalam rangka perpisahan.

Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad Saw. Hadirin sekalian yang dirahmati Allah, sebelum menginjak ke acara berikutnya, saya akan membacakan susunan acaranya, adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Alquran
  3. Pembacaan sholawat nabi
  4. Sambutan-sambutan
  5. Prosesi wisuda
  6. Istirahat
  7. Mauidhoh hasanah
  8. Doa penutup

Contoh Teks MC Acara Peringatan Maulid Nabi

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarokatuh

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi ajma’in,

Robbi srohli sodri wahsirli amri wahlul ukdatammi lisaani yafkohul kauli amma ba’du.

Al-Mukarom Bapak KH Saikuna.

Yang kami hormati Bapak Suryanto selaku lurah Tanon.
Yang kami hormati Ketua Takmir dan segenap Pengurus Mushola Istiqomah.
Yang kami hormati Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Serta Bapak-bapak Serta Ibu-ibu yang berbahagia.

Syukur Al-hamdulillah, senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas limpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah, dan Inayyah-Nya kepada Kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di Majelis ini untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat dan salam senantiasa terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Agung Muhammad SAW yang sudah membawa umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang dan yang kita harapkan syafaatnya besok di yaumil qiyamah (Amiin).

Selanjutnya, saya sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an
  3. Pembacaan Rawi/Sholawat Nabi
  4. Sambutan-sambutan
  5. mau’idoh hasanah serta do’a
  6. penutup

Contoh Teks MC


Pencarian terkait dengan artikel di atas:

  • contoh teks mc singkat
  • contoh teks mc non formal singkat
  • contoh teks mc non formal lucu
  • contoh teks mc formal pdf
  • contoh teks mc seminar
  • contoh naskah mc acara formal
  • contoh teks mc non formal perpisahan sekolah
  • contoh teks pembawa acara hiburan

Referensi: sahabatnesia | berpendidikan | azzamaviero


Rating

Leave a Comment