daftar riwayat hidup tulis tangan
umum

Daftar riwayat hidup tulis tangan

Daftar riwayat hidup tulis tangan adalah daftar riwayat hidup atau dokumen penting yang harus dipersiapkan seseorang untuk melamar kerja, yang dibuat menggunakan kertas portofolio bergaris dan pena.

CV atau curiculum vitae merupakan daftar riwayat hidup yang berisi tentang informasi mengenai sang pelamar. Umumnya daftar riwayat hidup berisi informasi pribadi seperti biodata, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian dan hal lainnya.

Apakah boleh daftar riwayat hidup tulis tangan

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini yang begitu pesat, sudah semakin banyak pelamar kerja yang mengirimkan daftar riwayat hidup secara digital melalui email ataupun mengirim cv lewat WhatsApp.

Tetapi, tidak sedikit jumlah pelamar kerja yang masih mengirimkan lamaran kerja dalam bentuk fisik seperti membuat daftar riwayat hidup tulis tangan ataupun surat lamaran kerja tulis tangan. Bahkan masih ada perusahaan yang mewajibkan menulis surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup yang ditulis dengan tangan.

Cara membuat daftar riwayat hidup tulis tangan

Lalu bagaimana cara bikin daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar? Berikut beberapa hal yang harus anda persiapkan dan lakukan.

  1. Siapkan kertas bersih yang akan digunakan untuk membuat daftar riwayat hidup, disarankan untuk menyiapkan kertas folio bergaris
  2. Tulis daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan Anda sendiri, usahakan tulisan tangan jangan berantakan dan hindari coretan yang berlebih
  3. Buat daftar riwayat hidup secara berurutan, formatnya adalah:
    a. Identitas Diri
    b. Riwayat Pendidikan berurutan mulai dari SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi
    c. Riwayat Pendidikan Informal (jika ada)
    d. Pengalaman Bekerja (jika ada)
    e. Keahlian
    f. Informasi tambahan (jika ada)
  4. Sertakan pas foto dan tempel pada bagian kanan atas daftar riwayat hidup jika diminta.
  5. Di akhir daftar riwayat hidup, Anda dapat menyertakan kalimat penutup seperti “Demikian daftar riwayat ini saya buat sebenar-benarnya” sebagai deklarasi bahwa daftar riwayat yang dibuat adalah jujur dan tanda tangan dibagian bawah surat daftar riwayat hidup.
  6. Tambahkan surat lamaran kerja tulis tangan sebagai pengantar kepada rekruter untuk membaca daftar riwayat hidup Anda.

Daftar riwayat hidup tulis tangan

Berikut kami sajikan beberapa contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang bisa kamu jadikan sumber dalam penulisan daftar riwayat hidup kamu.

Contoh surat daftar riwayat hidup tulis tangan

daftar riwayat hidup tulis tangan

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan dikertas folio

contoh daftar riwayat hidup tulis tangan dikertas folio

Cara membuat daftar riwayat hidup tulis tangan

cara membuat daftar riwayat hidup tulis tangan

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan

contoh daftar riwayat hidup tulis tangan
Sumber gambar : cakeresume.com

Daftar riwayat hidup tulis tangan tanpa pengalaman kerja

daftar riwayat hidup tulis tangan tanpa pengalaman kerja
Selain daftar riwayat hidup tulis tangan ada juga Contoh daftar riwayat hidup word kosongan yang bisa kamu download secara gratis.

 

Daftar riwayat hidup tulis tangan

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.