12+ Destinasi Wisata di Biak Numfor yang Wajib dikunjungi

destinasi wisata di biak numfor papua

Destinasi Wisata di Biak Numfor – Kabupaten Biak Numfor terletak di Teluk Cenderawasih. Kabupaten ini merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Papua dan berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik.

Posisi ini menjadikan Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu tempat yang strategis dan penting untuk berhubungan dengan dunia luar terutama negara-negara di kawasan Pasifik, Australia atau Filipina.

Letak geografis ini memberikan kenyataan bahwa posisinya sangat strategis untuk membangun kawasan industri, termasuk industri pariwisata.

Kecantikan alam dan budaya Kabupaten Biak Numfor di Provinsi Papua memang sungguh memukau. Kabupaten yang berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik ini memiliki pantai-pantai berpasir putih yang mempesona, air terjun, ikon bersejarah seperti peralatan Perang Dunia II peninggalan Sekutu Jepang, semuanya masih ada di Biak Numfor.


Kumpulan Destinasi Wisata di Biak Numfor

Berikut ini 10 tempat destinasi terbaik yang terdapat di Biak Numfor yang dapat kamu kunjungi.

1. Pantai Batu Picah

pantai tanjung saruri batu picah biak utara

Pantai Batu Picah juga cukup populer di telinga masyarakat Papua karena keeksotisannya. Berhiaskan karang-karang dengan berbagai bentuk, ombak yang ada di pantai ini begitu besar, sehingga tatkala ombak tersebut menghantam karang, suaranya begitu nyaring terdengar.

Itu sebabnya penduduk setempat juga menamakan pantai dengan dengan sebutan Pantai Gong. Pantai batu Picah berlokasi di Distrik Warsa,  Biak Utara Papua, yang berjarak sekitar 75 km dari Kota Biak. Dibutuhkan waktu sekitar 90 menit, jika ditempuh dari kota Biak.

Di sini sudah tersedia berbagai fasilitas bagi para wisatawan, seperti warung-warung dan toko-toko yang menjual makanan dan berbagai keperluan wisatawan. Tak jarang pula wisatawan domestik dan internasional yang penasaran ingin melihat, bagaimana ombak besar dari laut setinggi 15 meter menghantam permukaan karang. Hal inilah yang memancing wisatawan untuk berpose saat ombak-ombak datang.

Dikarenakan hantaman ombak tersebut menghasilkan hempasan suara yang hampir mirip dengan bunyi gong. Disekitar objek itu juga, tidak diperkenankan untuk berenang. Sebab, hantam ombak dapat menyeret pengunjung yang nekat berpose dekat dengan obak. Jadi, harus hati-hati. Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat  menggunakan MAPS dibawah ini:

2. Pantai Bosnik

pantai bosnik segara indah biak timur

 

Pantai Segara Indah yang lebih populer dengan sebutan Pantai Bosnik ini berlokasi di Desa Woniki, Biak Timur. Inilah tempat wisata paling populer di Biak Numfor karena lokasinya memang tidak begitu jauh dari pusat kota.

Selain itu, pantai ini dapat ditempuh perjalanan darat menggunakan mobil atau sepeda motor dari pusat kota kira-kira 30 menit. Itulah sebabnya masyarakat Kota Biak banyak yang menghabiskan waktu libur mereka di pantai ini.

Bahkan, pada saat musim liburan, wisatawan dari luar kota dan dari mancanegara banyak yang berdatangan untuk menikmati keindahan Pantai Bosnik. Daya tarik dari pantai ini terdapat pada hamparan pasir putih yang dikelilingi pepohonan rimbun serta terumbu karangnya yang menawan.

Sehingga, selain berjemur dan menikmati indahnya pemandangan. Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat menggunakan MAPS dibawah ini:

3. Pantai Kuburan Tua Padwa

kuburan tua padwa biak barat

 

Jika berkunjung di Biak Numfor, Papua jangan lupa anda berkunjung ke Pantai Kuburan Tua Padwa, Biak. Padwa adalah salah satu kampung di Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Indonesia.

Di sini tersembunyi destinasi wisata yang sangat memikat hati para pelancong. Selain keindahan yang di suguhkan oleh pulau Padwa, para pelancong juga akan disuguhkan dengan beberapa kuburan di darat dengan ciri khas masing-masing, seperti di Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang meletakkan tulang-tulang leluhur mereka di lubang-lubang pegunungan, tetapi tidak terhadap kuburan tua yang ada di Pantai Padwa, Kabupaten Biak Numfor.

Mengenal pulau ini, para leluhur suku tertua asli di Pulau Padwa ini memiliki tradisi yang tak lazim. Pasalnya, Ketika kebanyakan orang menguburkan jenazah dalam liang kubur, warga Padwa meletakkan jasad dalam peti mati dari kayu kemudian dibiarkan mengering, dengan daging dan kulit yang terkelupas sehingga hanya menyisakan tulang-belulang.

Prosesnya berlangsung secara manual, memanfaatkan efek uap air asin. Setelah tinggal tulang dan tengkorak, lalu diangkut dan diletakkan di tebing-tebing batu, tepat di pinggir pantai. Dua tebing utama bernama Kakurandir dan Mukofdi menjadi tempat peristirahatan terakhir orang-orang Padwa.

Untuk akses ke tempat tersebut, bagi para pelancong setiba di Kota Biak, pelancong dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Dari pusat Kota Biak, waktu yang harus ditempuh sekitar 35 menit dengan jarak tempuh 30 kilometer. Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat menggunakan MAPS dibawah ini:

4. Air Terjun Wafsara

air terjun wafsara biak utara

 

Tidak hanya wisata pantai, Biak Numfor juga memiliki wisata air terjun yang sangat  menawan, yakni Air Terjun Wafsara. Berlokasi di distrik Warsa, air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter ini airnya tidak berwarna biru sebagaimana umumnya melainkan berwarna hijau.

Akses menuju ke kokasi air terjun ini sebenarnya cukup mudah karena hanya butuh berjalan kaki sejauh sekitar 200 meter dari jalan raya dengan tiket hanya Rp.10.000/orang. Air terjun Warsa bisa dicapai 1-2 jam dari kota Biak. Namun air terjun itu memiliki keunikan pada warna batu yang putih dan hampir mirip dengan batu kapur.

Air terjun yang turun berasal dari sungai di atasnya tanpa ada celah pada tebing. Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat menggunakan MAPS dibawah ini:

5. Air Terjun Karmon

air terjun karmon biak utara

 

Wisata air di Biak yang cukup populer ini berada di kawasan Kampung Karmon, Yasowai, Kabupaten Biak Numfor. Kalau sedang berada di Biak, kita bisa mencapai air terjun Karmon dalam waktu kurang lebih 2 jam. Lokasi destinasi ini tidak begitu jauh dari jalan utama, setidaknya 100 meter jadi bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Begitu memasuki area ini, kalian akan disambut dengan keindahan pahatan dinding batu yang bertingkat dengan guyuran air begitu elok. Kami memarkirkan kendaraan di halaman rumah warga. Lalu menyusuri jalan yang sudah disemen sekitar 300 meter menuju air terjun.

Jangan khawatir jalannya datar saja kok, di kiri kanannya banyak terdapat pohon sagu. Yang merupakan bahan makanan pokok masyarakat Biak, atau Papua pada umumnya di masa lalu. Dari kejauhan derasnya air yang jatuh menimpa dasar terdengar jelas. Dinding batu menjulang setinggi sekitar 30 meter dengan 2 sisi air terjun yang indah. Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat menggunakan MAPS dibawah ini:

6. Pantai Wari

pantai wari biak utara

 

Dengan menggunakan mobil dan berangkat dari pusat Kota Biak, wisatawan hanya butuh waktu sekitar satu jam untuk dapat sampai di Pantai Wari Biak yang secara administratif menjadi bagian dari Desa Yobdi, Biak Utara. Pantai Wari adalah Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik,Meski pantai ini masih belum dikelola secara profesional, namun penduduk setempat memiliki kesadaran wisata yang cukup tinggi.

Mereka mendirikan pondok-pondok tradisional yang disewakan kepada wisatawan serta membangun kamar mandi dan WC. Pantai Wari Biak yang memiliki pemandangan eksotis dengan pasir putihnya yang  tebal cukup aman untuk digunakan beraktifitas, karena memiliki pesisir yang landai, ombak yang tenang dan tidak terlalu banyak karang.

Wisatawan bebas memilih, apakah ingin mandi dan berenang di air laut atau menikmati segarnya air tawar, karena tidak jauh dari pesisir pantai,  dapat ditemui muara sungai dengan air tawarnya yang segar. Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat menggunakan MAPS dibawah ini:

7. Pantai Anggopi

pantai anggopi biak timur

 

Pantai indah Anggopi Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor, Papua menjadi lokasi destinasi favorit kunjungan warga Biak. Pantai ini memiliki keindahan alami yang tidak hanya memikat wisatawan lokal, tapi juga mancanegara.

Di obyek wisata ini disediakan pondok – pondok yang bisa disewa oleh pengunjung dengan rate harga 50 – 100 ribu rupiah. Tepian pantai pun tidak panas, karena dinaungi pepohonan rindang. Perjalanan menuju pantai ini membutuhkan waktu  kurang lebih 1 jam 15 menit dari pusat Kota Biak. Salah satu keunikan dan daya tarik yang mejadikan tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada saat weekend adalah adanya danau di dekat pantai anggopi.

Danau itu hanya di batasi oleh bebatuan dan tebing yang cukup pendek. Tak jarang pengunjung yang mandi di pantai tersebut memilih mandi di danau air tawar sebelum pulang. Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat menggunakan MAPS dibawah ini:

8. Pantai Anggaduber

pantai anggaduber biak timur

 

Destinasi Wisata di Biak berikutnya adalah pantai anggaduber. Pantai berpasir putih dengan ombaknya yang tenang ini sangat menarik untuk aktifitas diving dan snorkeling karena kawasan perairannya memiliki terumbu karang dan biota laut dengan berbagai jenis. Batu-batu karang yang menjorok ke tengah laut di Pantai Anggaduber, juga lokasi yang menyenangkan bagi para pengunjung utamanya anak-anak untuk digunakan sebagai landasan saat melakukan atraksi lompat indah.

Pantai Anggaduber berjarak sekitar 40 km dari Kota Biak, tepatnya di Distrik Ondek, Desa Anggaduber, Biak Timur. Untuk menuju ke lokasi wisatawan dapat menyusuri Jalan Bosnik Raya serta melewati beberapa objek wisata lainnya yang juga menarik. perjalanan menuju pantai ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit. Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat menggunakan MAPS dibawah ini:

9. Pantai Samber

pantai samber biak barat

 

Pantai Samber merupakan pantai di Pulau Biak tepatnya di Distrik Yendidori Biak Barat, berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan. Di Pantai Yendidori, sebutan lain dari pantai samber, akan disuguhi pemandangan indah dengan deretan pepohonan hijau di atas bukit.

Bentangan lautan dengan air jernih mengundang untuk berenang atau sekedar bermain di bibir pantai. Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat menggunakan MAPS dibawah ini:

10.  Telaga Biru

telaga biru samares biak timur

 

Tidak hanya keelokan pantainya, ada juga kecantikan wisata lain. Salah satunya ialah Telaga Biru yang terletak di Kampung Samares, Distrik Biak Timur, Papua. Telaga Biru tersebut memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Telaga yang dikelilingi pepohonan itu memiliki air yang sangat dingin dan berwarna biru.

Telaga Biru memiliki sebutan Wopersnondi yang dalam bahasa Biak bermakna pria yang melompat. Dari Kota Biak ke Desa Samares ini ditempuh dengan waktu 1-2 jam menggunakan mobil atau motor karena kondisi jalanan yang cukup baik.

Sesampainya di Desa Samares, wisatawan harus berjalan kaki 15 menit untuk mencapai telaga ini. Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat menggunakan MAPS dibawah ini:

11. Pantai Samares

pamtai samares biak timur

Pantai wisata samares terletak di kabupaten biak Numfor Kecamatan Biak Timur tepatnya di kampung Sepse atau samares. Untuk mencapai bibir pantai Wisata samares Masyarakat bisanya menggunakan kendaraan roda 4 dan roda 2 dari Biak Kota selama 3 jam (30 Menit) hingga tiba di tempat yang biasa disebut pintu angin atau pintu masuk Pantai wisata samares.
Pantai Wisata samares dulunya merupakan lokasi penangkapan ikan bagi kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat. Kondisi jalan menuju kampung samares atau pantai wisata samares yang tidak memungkinkan (Belum di aspal) masyarakat harus menghentikan kendaraan dan harus berjalan kaki menuruni gunung  dalam 15 menit lamanya untuk mencapai bibir pantai samares. Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat menggunakan MAPS dibawah ini:

12. Raja Tiga Adoki

 

raja tiga adoki biak barat

Kalau di Provinsi Papua Barat ada Raja Ampat, di Provinsi Papua ada Raja Tiga di Kampung Adoki, Distrik Yendidori,Papua. Kini Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor banyak melahirkan objek-objek wisata baru, yang dikelola dan dirawat langsung oleh masyarakat lokal. Hal ini yang membuat masyarakat lokal semangat dan berlomba mempercantik setiap objek wisata yang dikelolanya.

Raja Tiga hanya berjarak 4 kilometer dari pusat Kota Biak. Begitu sampai, kita akan disambut dengan angin pesisir yang sejuk serta pemandangan tiga bongkahan pulau karang di tengah laut yang berwarna biru kehijauan. Posisinya tidak terlalu jauh dari daratan utama Biak. Jika, Sobat Pesona ingin mendekati ketiga Pulau kecil itu, harus menuruni tangga yang lumayan panjang.

Tapi begitu sampai di bawah, pengunjung akan disodorkan pemandangan yang tak kalah cantik jika dilihat dari atas tangga. Pengunjung akan menjumpai karang, rumput laut, ikan serta benda laut lainnya di sekitar kaki. Karena airnya begitu jernih dan semua benda laut itu terlihat jelas dari atas permukaan.

Untuk menelusuri lokasi ini, kita dapat menggunakan MAPS dibawah ini:

Demikinlah beberapa destinasi wisata alam yang ada di kabupaten biak numfor. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jika masih ada tempat wisata yang lain di biak, silahkan komentar dibawah ini dan akan saya ulas untuk tulisan berikutnya. Sekian dan terima kasih


Destinasi Wisata di Biak Numfor


Pencarian terbaru :

  • objek wisata di biak numfor
  • tempat bersejarah di biak
  • kota biak
  • gambar pulau biak
  • paket wisata biak
  • taman di biak
  • pantai anggopi biak papua
  • keindahan pulau biak
  • taman di biak
  • pantai samber biak
  • keindahan pulau biak
  • batu pica biak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *