doa aqiqah
inspirasi

Doa Aqiqah

Doa aqiqah – Aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan umat Muslim sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas kelahiran anak. Aqiqah dilambangkan dengan penyembelihan hewan ternak dan dibagikan kepada tetangga, kerabat, serta orang-orang terdekat.

Di dalam susunan acara aqiqah tentunya ada doa yang perlu dibacakan. Doa aqiqah merupakan doa yang dibaca ketika kita sedang melaksanakan aqiqah, baik itu aqiqah untuk diri sendiri maupun aqiqah anak.

Doa Aqiqah Anak

doa aqiqah

Doa adalah senjata kita sebagai umat muslim, dengan berdoa kepada Allah berarti kita meminta kepada sang Maha Kuasa, dan memang sudah seharusnya begitu.

Terdapat beberapa contoh kumpulan doa aqiqah yang diajarkan oleh syariat yaitu sebagai berikut:

Doa Nabi Ibrahim Meminta Anak Sholeh

Nabi Ibrahim ‘alaihisalaam sangat berharap kepada Allah ta’ala kehadiran anak yang shaleh. Beliau pun berdoa kepada Allah ta’ala dengan doa sebagai berikut:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Rabbi hablii minash shaalihiin

“Wahai Rabbku, berilah aku keturanan yang shalih.” (QS. Ass-Shaffat: 100)

Doa menyembelih hewan aqiqah

Doa memotong hewan aqiqah yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah doa yang dibaca saat proses penyembelihan adalah sebagai berikut

بسم الله والله أكبر اللهم لك وإليك هذه عقيقة فلان

“.Bismillahi wallahu akbar, Allahumma laka wa ilaika hadzihi ‘aqiiqotu fulaan” (HR. Baihaqi)

Artinya :Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar. Ya Allah, ini milik-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah Aqiqah si Fulan

Doa Perlindungan Untuk Bayi

Dari sahabat yang mulia Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau menceritakan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membacakan doa perlindungan untuk kedua cucunya yaitu al-Hasan dan al-Husain radhiyallahu ‘anhuma,

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

“Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.”
(HR. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani).

Kita bisa meniru nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ini, dengan penyesuaian jenis kelamin bayi.

Ucapan Selamat Kelahiran Bayi

Baarakallaahu laka fil mawhuubi laka, wasyakartal waahib, wabalagha asyuddah, waruziqta birrah

“Semoga Allah memberkahimu atas pemberiannya kepadamu, engkau layak bersyukur, (semoga) anakmu cepat dewasa dan engkau diberi rezeki berupa baktinya kepadamu.” (ref)

Selain di atas ada juga doa lain yang biasa orang panjatkan, antara lain

Doa aqiqah potong rambut

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ

Bismillâhirrahmânirrahîm. Alhamdulillâhirabbil ‘âlamîn. Allâhumma nûrus samâwâti wa nûrusy syamsyi wal qamari, Allâhumma sirruLlâhi nûrun nubuwwati RasuluLlâhi ShallaLlâhu ‘alaihi wasallam walhamduliLlâhi Rabbil ‘âlamin.

“Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Doa aqiqah ini juga biasanya ada pada kartu ucapan aqiqah berupa doa untuk anak agar menjadi anak yang saleh dan salehah serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Penutup

Itulah beberapa doa dalam acara tasyakuran aqiqah anak. Doa aqiqah juga bisa dalam bahasa daerah masing-masing atau menggunakan bahasa indonesia. Intinya adalah meminta sesuatu yang baik kepada Allah untuk anak dan keluarga.

Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kamu. Sekian dan terima kasih.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *