Ekosistem Digital dan Kesuksesan Revolusi 4.0 di Bidang Pendidikan

Revolusi 4.0 yang saat ini menjadi bahan perubahan serta berkembangnya inovasi teknologi yang pesat. Mengubah sistem Pendidikan dengan daya saing yang lebih tinggi. Saat ini berbagai cara telah dilakukan oleh UNTAN untuk mengembangkan ekosistem digital dalam bidang Pendidikan. Digitalisasi dalam Pendidikan menjadi dasar bagi beragam perguruan tinggi yang berkualitas.

Terdapat perubahan sistem dari yang awalnya menggunakan sistem tradisional dengan segala aspek di dalamnya. Kemudian merubahnya menjadi berbasis digital baik dalam pengajaran juga manajemen. Merubah sistem ini tidak akan semudah yang dibayangkan. Terutama bagi kesiapan para pelaku di bidang Pendidikan termasuk mahasiswa bagi perguruan tinggi yang siap menerimanya.

Kontribusi UNTAN Dalam Membangun Ekosistem Digital

  1. Merangkul teknologi dan tidak menghindarinya

Ekosistem Pendidikan yang menggunakan digitalisasi cenderung untuk selalu terbuka dengan berbagai pembaharuan dan inovasi. Salah satu inovasi terbaik saat ini adalah penggunaan konektivitas internet dalam dunia Pendidikan. The Internet of Things yang sedang buming dibicarakan merupakan langkah untuk membuat siapa pun beradaptasi dengan mudah pada penggunaan cyber.

Cikal bakal perkembangan cyber technology menggunakan IoT ini telah banyak dilakukan. Hampir seluruh sistem pembelajaran bisa dilakukan dengan cara online atau visualisasi yang berjarak jauh. Tentunya ada manfaat tersendiri yang bisa ditemukan dengan digitalisasi juga penggunaan cyber. Hal yang paling menonjol adalah semakin besarnya kebutuhan manusia terhadap internet.

  1. Kesiapan infrastruktur yang terus dikembangkan

Ekosistem digital di Indonesia khususnya pada beberapa kampus harus didasari dengan kesiapan berbagai aspek lainnya. Salah satunya adalah dengan membentuk infrastruktur yang dapat diandalkan dan lebih maju. Tanpa adanya infrastruktur digitalisasi dan penggunaan cyber technology tidak dapat tercapai. Karena setiap orang akan membutuhkan internet sebagai komunikasi dasar dari IoT.

Patut dibanggakan jika UNTAN saat ini mampu untuk membentuk infrastruktur yang memadai dalam mengembangkan IoT dan ekosistem yang lebih digital. Berbeda dengan cara yang lebih tradisional pada digitalisasi ini ketika infrastruktur dari penyebaran internet tidak begitu dibutuhkan. Untuk menerapkan ekosistem yang berbasis digital pembangunan internet ke pelosok harus terus diupayakan.

  1. Tenaga pengajar dan kurikulum berbasis digitalisasi

Banyak hal yang menjadi kendala dalam membangun ekosistem berbasis digital untuk kesiapan revolusi industry 4.0 ini. Salah satunya adalah menciptakan bibit dan kesiapan bagi pengajar untuk membangun suasana yang lebih mengandalkan teknologi. Digitalisasi ini harus dibarengi dengan kurikulum yang realistis juga cara mengajar yang mudah dimengerti dengan jarak jauh.

  1. Membuat portal belajar yang berbasis cyber

Usaha yang penting dilakukan seperti UNTAN yang saat ini telah mencoba metode pembelajaran menggunakan portal belajar. Teknologi dan cyber memiliki peran penting untuk berbagi informasi tertentu yang bisa diaplikasikan pada sistem belajar siswa. Hal ini bisa membangun ketidak asingan dengan teknologi juga kesiapan untuk berkompetisi lebih di bidang tersebut.

  1. 4 keterampilan abad 21

Segala hal yang berkaitan dengan abad ke 21 ini selalu penuh dengan inovasi seperti revolusi industry 4.0 yang sedang terjadi. Perubahan inovasi dalam bidang manufaktur ini berdampak pada sistem belajar yang mengandalkan 4 keterampilan abad 21. Bagian tersebut adalah kolaborasi, komunikasi, kreatif, dan berpikir dengan kritis.

UNTAS menjadi contoh terbaik dalam perkembangan era digitalisasi. Ketika semua hal yang dilakukan berbasis teknologi informasi dan cyber yang saling tekoneksi. Keterbukaan atas teknologi dan tidak menghindarinya adalah kunci sukses dari ekosistem yang berbasis digital. Pembuatan cyber university pun akan mudah untuk dicapai dari berbagai kesiapan elemen penting lainnya.

Demikianlah Ekosistem Digital dan Kesuksesan Revolusi 4.0 di Bidang Pendidikan

Leave a Comment