3 Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

Faktor Penghambat Mobilitas Sosial – Tidak bisa dipungkiri bahwa di dalam masyarakat masih terdapat tingkatan-tingkatan kelas sosial. Tingkatan kelas sosial tersebut memang tidak dibuat dengan gamblang seperti pada masa penjajahan Belanda atau seperti tingkatan kasta yang dikenal oleh masyarakat Hindu Bali. Tingkatan kelas sosial di tengah masyarakat modern terlihat absurd namun jelas terasa, apalagi jika membicarakan faktor penghambat mobilitas sosial.
Kelas sosial seseorang ditentukan oleh banyak faktor. Tidak ada satu faktor mutlak yang menentukan hal tersebut. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain tingkatan pendidikan, jenis pekerjaan, kekayaan yang dimiliki, dan lain-lain. Faktor keturunan juga masih banyak berpengaruh. Seorang anak bisa dipandang memiliki status sosial tinggi karena jabatan yang disandang orang tuanya.
Pada masyarakat modern tingkatan kelas sosial bukanlah hal yang mutlak. Setiap orang bisa berupaya untuk melakukan mobilitas sosial. Mobilitas sosial ialah perpindahan seseorang dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya. mobilitas sosial tak melulu bergerak naik. Ada kalanya seseorang mengalami mobilitas sosial menurun, misalnya karena mengalami kebangkrutan dan lain-lain.
Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial bisa diusahakan melalui banyak cara. Misalnya melalui jalur pendidikan, berusaha mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih besar, dan beberapa cara lain. Namun tidak bisa dipungkiri selalu ada faktor penghambat mobilitas sosial yang membuat seseorang terus menerus berada dalam status sosial yang sama dalam waktu yang lama. Berikut adalah beberapa faktor penghambat yang dimaksud:

1. Faktor Ekonomi

Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial ? Salah satu upaya untuk bisa melakukan mobilitas sosial adalah dengan memperoleh pendidikan yang baik. Pasalnya pendidikan yang baik memang bisa mengantarkan seseorang pada pekerjaan dan jabatan yang lebih layak. Sayangnya sekarang ini pendidikan yang baik bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan secara gratis. Biaya pendidikan yang cukup baik bahkan bisa dibilang cukup mahal.
Mahalnya biaya pendidikan membuat mereka yang memang kondisinya lemah kesulitan untuk mengakses. Akibatnya kelompok seperti ini terus menerus terjebak dalam lingkaran setan kemiskinan. Kemiskinan yang menjerat membuat seseorang sulit melakukan mobilitas sosial.

2. Faktor Diskriminasi Kelas

Sampai saat ini diskriminasi masih menjadi isu yang cukup hangat diperbincangkan. Sebagian dari masyarakat kita masih memandang bahwa pekerjaan seperti menjadi petani, buruh, dan lain-lain adalah pekerjaan yang rendah. Betapapun pekerjaan yang mereka lakukan bermanfaat untuk masyarakat banyak, status sosial tetap ditentukan oleh sebanyak apa uang yang mereka hasilkan dan bergengsi atau tidaknya pekerjaan yang dihasilkan. Kondisi seperti ini jelas membuat beberapa kelompok masyarakat kesulitan untuk melakukan mobilitas sosial naik.

3. Faktor Agama

Akhir-akhir ini isu agama tengah gencar di bicarakan di banyak media. Zaman yang sudah demikian maju ternyata tak membuat semua orang bisa memaknai perbedaan agama dengan penuh toleransi. Masih ada agama tertentu yang dipersulit mobilitas sosialnya karena dianggap sebagai kelompok minoritas. Seharusnya masalah seperti ini tak perlu berlangsung di Indonesia yang menjunjung luhur nilai pancasila. Sayangnya belum semua masyarakat mampu mengamalkan hal tersebut dengan baik.
Setelah meniliki ketiga faktor di atas, Anda tentu bisa memahami bahwa bagi sebagian orang mobilitas sosial naik bukanlah hal yang mudah untuk diupayakan. Bagaimanapun tugas kita sebagai manusia yang terdidik dan beradab adalah untuk tetap menghargai setiap manusia bagaimanapun kondisi yang tengah dialaminya. Membeda-bedakan orang hanya karena status sosial bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan.
Penelusuran yang terkait dengan Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

  • faktor penghambat mobilitas sosial brainly
  • contoh faktor penghambat mobilitas sosial kemiskinan
  • faktor penghambat mobilitas sosial ditunjukkan oleh angka
  • faktor penghambat mobilitas sosial ditunjukkan oleh pasangan
  • dibawah ini faktor penghambat mobilitas sosial kecuali
  • jelaskan menurut pendapatmu mengapa kemiskinan menjadi salah satu faktor penghambat mobilitas sosial
  • menganalisa kasus faktor penghambat mobilitas sosial
  • faktor penghambat mobilitas sosial diskriminasi
3 Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

Faktor Penghambat Mobilitas Sosial - Tidak bisa dipungkiri bahwa di dalam masyarakat masih terdapat tingkatan-tingkatan kelas sosial. Tingkatan kelas sosia

Editor's Rating:
5

Leave a Comment