Gambar Flora dan Fauna Indonesia

Gambar flora dan fauna atau biasa dikenal dengan sebutan gambar tumbuhan dan hewan di Indonesia. Negara Indonesia dikenal sebagai negara megadiversity, loh kok bisa? Karena Indonesia memiliki jumlah spesies flora dan fauna yang sangat besar dan banyak. 

Gambar Flora dan Fauna Indonesia

Flora dan Fauna di Indonesia sangatlah unik dan tentunya tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia. Untuk mengenali kekayaan alam berupa tumbuhan dan satwa tersebut, infastpedia.net akan menampilkan beberapa gambar flora dan fauna yang tumbuh di Indonesia. Gambar-gambar tersebut pernah ditampilkan di berbagai media sebagai ilustrasi berbagai artikel yang ada.

Nah, daftar gambar flora dan fauna di sini dikhususkan pada tumbuhan dan hewan asli (spesies asli) yang ada di Indonesia. Yaitu flora dan fauna yang secara alami tumbuh dan hidup di wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke.

Gambar Flora Indonesia

Nah pembahasan yang pertama kali ini tentang flora. Pengertian flora secara umum seperti yang kita ketahui adalah segala jenis tumbuhan dan tanaman yang ada di muka bumi.

Adapun persebaran flora di Indonesia yaitu  bagian barat, timur dan tengah antara lain :

  • Flora bagian barat 

Flora bagian barat Indonesia ini mempunyai jenis tumbuhan yang sangat beragam dan mempunyai kawasan mangrove yang banyak di sekitar area pantai. Hutan pada kawasan bagian barat ini selalu hijau dengan jenis kayu yang mempunyai beragam manfaat bagi manusia.

  • Flora bagian timur

Ciri-ciri yang dimiliki flora yang terdapat di bagian timur adalah mempunyai kemiripan dengan flora yang ada terdapat di benua atau negara Australia. Selain itu persebaran flora yang berada di bagian timur ini lebih banyak tumbuh semak dan belukarnya. Flora yang khas dari wilayah ini adalah pohon matoa dan tanaman ficus famili beringin.

  • Flora bagian tengah

Nah yang ketiga ini fllora bagian tengah mempunyai jenis hutan yang seragam karena hanya didominasi atau dipenuhi oleh satu jenis tumbuhan saja. Jenis tumbuhan yang paling banyak ditemukan di kawasan tengah Indonesia ini adalah cemara, pinus serta palma.

Di bawah ini kami sajikan beberapa gambar tumbuhan asli khas Indonesia tersebut antara lain :

gambar rafflesia arnoldi - flora indonesia
Rafflesia Arnoldi

 

gambar Bunga bangkai - flora indonesia
Bunga Bangkai

 

gambar Bunga kenanga - flora indonesia
Gambar Bunga Kenanga
gambar Bunga anggrek bulan - flora indonesia
Gambar Bunga Anggrek Bulan

 

gambar Bunga anggrek tebu- flora indonesia
Gambar Bunga Anggrek Tebu
gambar entuyut - kantong semar- flora indonesia
Gambar entuyut atau kantong semar
gambar Bunga melati- flora indonesia
Gambar bunga melati
gambra flora indonesia - Bunga Rhododendron
Bunga Rhododendron

Kelompok gambar diatas adalah flora dengan jenis bunga di Indonesia. Indonesia mempunyai paling sedikitnya 20.000 spesies tumbuhan berbunga. Wow… Amazing sekali. Misalnya antara lain Bunga Raflesia, Bunga Bangkai, Kenanga, berbagai jenis anggrek, kantong semar, Rhododendron, hingga bunga melati.

Selain gambar tumbuhan bunga diatas yang sangat memikat juga ada gambar berbagai flora penghasil kayu, buah, dan tanaman obat. Nah apa saja flora jenis tersebut, misalnya ada pohon sembung, sonokeling, pohon damar, jeruk purut, pohon kapur, durian, mahkota dewa, hingga pohon cendana.

gambar flora indonesia - pohon cendana
Pohon Cendana

 

gambar flora indonesia - pohon sonokeling
pohon sonokeling

 

gambar flora indonesia - pohon durian
Pohon Durian

 

gambar flora indonesia - pohon jeruk purut
Pohon dan buah jeruk purut

 

gambar flora indonesia - pohon kapur
Pohon Kapur

 

gambar flora indonesia - pohon mahkota dewa
Pohon dan buah mahkota dewa

 

gambar flora indonesia - pohon sembung
Pohon Sembung

 

gambar flora indonesia - pohon damar
Pohon damar

Gambar Fauna Indonesia

Diperkirakan sebanyak 300.000 jenis satwa liar hidup yang tersebuar luas hampir semua kawasan yang ada di Indonesia. Di Indonesia untuk fauna dibagi menjadi 3 kawasan diantaranya adalah;

  • Kawasan Indonesia bagian barat

Yang pertama adalah Indonesia kawasan barat yang meliputi pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali. Kawasan atau area ini dibatasi oleh garis imajiner Wallace yang berada di antara  pulau Sulawesi dan Kalimantan serta di antara pulau Lombok dan pulau Bali.

Jenis fauna yang berasal dari daerah atau kawasan Indonesia bagian barat ini antara lain adalah leopard atau macam tutul, harimau, orang utan, gajah, beruang madu, lutung, merak hijau, burung jalak bali, wau-wau, banteng, merak hijau serta badak jawa.
  • Kawasan peralihan

Yang kedua adalah kawasan peralihan. Kawasan ini mempunyai daerah yang meliputi  pulau Sulawesi, Maluku, Sumbawa, Sumba serta Lombok. Kawasan peralihan ini ditandai atau dibatasi oleh garis Lydekker yang berada di bagian sebelah timur dan garis Wallace yang berada di sebelah barat. Di antara kedua garis pembatas ini ada terdapat garis weber yang berfungsi sebagai garis keseimbangan yang terletak di sebelah timur pulau Sulawesi.

Jenis hewan yang berada di kawasan ini antara lain misalnya hewan kupu-kupu sulawesi, kuskus, beruang, soa-soa, kakatua putih, burung rangkong, anoa dataran rendah, anoa pegunungan, komodo dan lain-lain.
  • Kawasan Indonesia bagian timur

Yang terakhir atau yang ketiga adalah kawasan Indonesi abagian timur. Kawasan ini tentunya dibatasi oleh garis Lydekker yang meliputi didalmnya terdapat pulau Papua serta pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya.

Jenis fauna yang menghuni dan mendiami kawasan ini antara lain adalah kupu-kupu sayap burung, burung cendrawasih ekor pita, walabi kecil, kasturi raja, ular sanca hijau, burng kasuari gelambir ganda serta burung kakatua raja.

Beberapa gambar fauna atau hewan asli Indonesia tersebut antara lain :

gambar fauna - ajag anjing hutan
Gambar ajag (anjing hutan)

 

gambar fauna - anoa sulawesi
Anoa Sulawesi

 

gambar fauna - babi rusa
babi rusa

 

gambar fauna - badag sumatra
Badak sumatra

 

gambar fauna - beruang madu kalimantan
Beruang madu kalimantan

 

gambar fauna - harimau sumatra
Harimau Sumatera

 

gambar fauna - kucing merah kalimantan
kucing merah kalimantan

 

gambar fauna - tapir
Tapir

Dari kelompok hewan atau fauna jenis mammalia diatas antara lain badak sumatera, harimau sumatera, babirusa, tapir asia, beruang madu, anoa, kucing merah, dan ajag.

Nah untuk sementara hanya itu yang bisa kami sajikan. Dilain kesempatan akan saya berikan kembali contoh dan lebih detail mengenai gambar flora dan fauna yang ada si indonesia ini. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terima kasih.

Pencarian terkait:

  • gambar flora dan fauna simple
  • menggambar flora dan fauna yang mudah
  • gambar flora dan fauna yang mudah digambar dan berwarna
  • kliping flora dan fauna beserta gambarnya
  • lukisan flora dan fauna
  • gambar flora berwarna
  • sketsa gambar flora fauna dan alam benda
  • gambar flora dan fauna batik

 

Gambar Flora dan Fauna Indonesia

Gambar flora dan fauna atau biasa dikenal dengan sebutan gambar tumbuhan dan hewan di Indonesia. Negara Indonesia dikenal sebagai negara megadiversity, loh

Editor's Rating:
5

Leave a Comment