Inspirasi Gapura Bambu Unik untuk HUT RI


Gapura Bambu Unik – Memasuki bulan Agustus masyarakat Indonesia di berbagai wilayah mulai bersiap menyambut Hari Ulangtahun Kemerdekaan Republik Indonesia. HUT Ri ini biasa dirayakan dengan meriah di berbagai daerah dengan membuat aneka dekorasi dan mengadakan lomba-lomba yang diikuti masyarakat setempat.Hampir semua daerah di Indonesia berlomba untuk menghias lingkungan sekitarnya sebaik mungkin menjelang hari besar masyarakat Indonesia ini. Memasang bendera aneka warna, lampu kerlap-kerlip warna-warnai dan mengecat jalanan sudah menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahunnya. Selain itu ada pula tradisi lain untuk membuat gapura bambu unik untuk menghias kampung.

Tips Menghias Gapura Bambu Unik untuk HUT RI

Inspirasi Gapura Bambu Unik untuk HUT RI

Membuat dan memasang gapura bambu unik di lingkungan tempat tinggal memang menjadi sebuah hal yang menarik dalam menyambut hari kemerdekaan. Tapi sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam membuat gapura ini. Selain membuatnya tidak terlihat menarik, pembuatan yang tidak terencana juga bisa membuat hasil gapura menjadi kurang kokoh dan berpotensi menimbulkan bahaya.

Biasanya warga kampung akan meluangkan waktu tertentu untuk bekerja bakti membuat gapura ini. Tapi sebelum mulai mendesain dan membuatnya ikuti dulu beberapa tips di bawah ini :

1. Buatlah gapura dengan bentuk yang unik

Anda tentu ingin gapura di lingkungan rumah Anda unik dan berbeda dari gapura-gapura di wilayah lainnya, apalagi jika gapura ini dilombakan di tingkatan tertentu. Pilihlah tema gapura bambu unik dan tidak biasa. Desain gapura ini bisa disesuaikan dengan ciri khas dari daerah Anda yang bisa berupa makanan khas, kerajinan, nilai-nilai lokal maupun tradisi yang khas.

Bentuk yang unik ini akan terlihat lebih menarik dan akan lebih memberikan kesan baik bagi warga setempat ataupun orang yang melalui kawasan Anda. Kini gapura unik ini juga bisa dijadikan objek berfoto yang menarik untuk kemudian dipamerkan di media sosial Anda.

2. Hias gapura dengan lampu agar tetap terlihat menarik di malam hari

Jangan hanya membuat gapura terlihat indah di siang hari saja, tapi buatlah gapura tetap terlihat menarik ketika hari sudah mulai gelap. Anda bisa menghias gapura bambu dengan lampu-lampu warna-warni yang terang dan menarik.

Tempatkan pencahayaan yang baik supaya tulisan yang ada di gapura dapat terbaca dengan baik meskipun dalam kondisi gelap.Tapi perlu diperhatikan bahwa instalasi penerangan ini haruslah aman baik dalam kondisi terang maupun hujan agar tidak membahayakan orang sekitar yang melalui gapura ini.

3. Pasang bendera merah putih pada gapura

Ketika gapura dibuat untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia maka sudah seharusnya dipasang bendera merah putih di bagian atas gapura. Bendera ini bisa dipasang di bagian tengah atas gapura ataupun di dua sisinya.

Pemasangan bendera merah putih ini menjadi sebuah simbol pengingat tersendiri akan jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam berjuang meraih kemerdekaan negeri tercinta.

4. Menambahkan ornamen pada gapura bambu

Tidak hanya bentuknya saja yang dibuat menarik, Anda pun bisa menghias gapura bambu dengan menambahkan ornamen-ornamen sesuai dengan tema. Ornamen ini bisa berupa replika senjata, seragam prajurit ataupun benda-benda lain yang identik menggambarkan suasana kemerdekaan. Ornamen-ornamen ini bisa dipasangkan dan ditata sedemikian rupa supaya terlihat serasi.

Penambahan ornamen ini bisa menciptakan sebuah gapura bambu unik HUT RI yang berbeda dari yang lain. Tapi perlu diingat juga bahwa pemberian dan pemasangan ornamen hendaknya tidak berlebihan dan justru membuat tampilan gapura menjadi berantakan dan tidak rapi. Tata dengan simetris di bagian kanan dan kiri supaya tampilannya lebih harmonis dan menarik.

5. Beri warna yang menarik pada gapura

Anda bisa mengecat gapura bambu dengan aneka warna untuk membuatnya terlihat jauh lebih menarik lagi. Umumnya banyak yang menggunakan warna merah putih untuk menghias gapura karena terlihat cocok dalam suasana kemerdekaan. Tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk mencoba warna lain asalkan cocok dengan tema yang diusung.

6. Menambahkan tulisan memperingati hari kemerdekaan

Satu hal lagi yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam pembuatan gapura bambu HUT RI ini adalah memberikan tulisan yang bisa diletakkan di bagian atas maupun samping gapura. Sebaiknya tulisan ini berisi kata-kata peringatan kemerdekaan yang dilengkapi pula dengan identitas lokasi tempat gapura tersebut dipasang.

Tulisan ini sebaiknya dibuat dengan ukuran yang cukup besar sehingga dapat terbaca dengan jelas dari kejauhan. Pilihlah warna yang kontras untuk tulisan agar bisa dibaca dan tidak tertutupi oleh warna dari gapura itu sendiri.

Contoh Tema Gapura Bambu Unik HUT RI

Ada banyak sekali contoh gapura bambu unik HUT RI yang bisa Anda dapatkan. Tidak ada salahnya melihat-lihat contoh tersebut untuk mencari inspirasi gapura sendiri. Ada banyak tema yang bisa Anda coba seperti:

  • Tema pejuang

Ada beberapa gapura bambu unik yang menyertakan replika prajurit lengkap dengan seragam dan senjatanya di bagian depan gapura. Patung pejuang ini bisa dipasangkan di dua sisi gapura dan terlihat seolah-olah menyambut siapa saja yang ingin masuk ke dalam wilayah tersebut. Tema ini memang sudah sering dipakai tapi tetap saja terlihat menarik setiap tahunnya.

  • Kombinasi bilah-bilah bambu dengan anyaman bambu yang cantik

Anda juga bisa menciptakan sebuah gapura yang menarik dengan menggunakan bambu yang dibentuk sedemikian rupa. Tidak hanya menggunakan bilah-bilah bambu, gapura juga bisa dihias dengan anyaman bambu yang dibentuk dengan pola tertentu. Semua komponen tadi kemudian disatukan membentuk sebuah gapura yang cantik dan unik.

  • Gapura merah putih

Gapura bambu unik dengan tema merah putih juga sudah sangat umum ditemui di berbagai wilayah. Gapura ini biasanya dibuat dari bilah bambu kemudian di cat dengan warna merah dan putih. Di bagian sisi kanan dan kiri gapura ini bisa ditambahkan tampah-tampah bambu yang ditulisi tanggal kemerdekaan tahun 1945 di salah satu sisinya dan tanggal kemerdekaan saat ini di sisi lainnya.

  • Gapura bambu unik dengan barang-barang bekas

Ide unik gapura bambu lainnya adalah memadukan bambu dengan barang-barang bekas yang sudah tidak dipergunakan. Anda bisa menghias gapura dengan berbagai barang dari plastik minuman maupun plastik kemasan yang sudah tidak terpakai. Plastik-plastik tersebut bisa dibentuk sedemikian rupa dan dipasang sebagai ornamen yang cantik dan tentunya unik.

Penggunaan barang-barang bekas ini juga bisa membantu menekan biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan gapura bambu. Selain itu juga dapat membantu mengurangi sampah-sampah rumah tangga yang dihasilkan oleh masyarakat setempat.

Tradisi menghias kampung dengan gapura bambu HUT RI memang menjad sebuah tradisi yang menyenangkan bagi masyarakat Indonesia. Kegiatan ini juga dapat merekatkan kerjasama dan kerukunan antar tetangga karena diperlukan kerjasama yang baik untuk dapat menciptakan gapura yang bagus. Tradisi ini hendaknya bisa terus dilestarikan supaya setiap orang bisa senang menyambut dan makin memaknai hari kemerdekaan Indonesia.

 

Gambar Gapura Bambu Unik HUT RI

Gambar Gapura Bambu Unik HUT RI

 

Gambar Gapura Unik HUT RI

 

Gambar Gapura Bambu keren HUT RI

 

Gambar Gapura Bambu mewah HUT RI

 

Gapura Bambu unik untuk HUT RI
gapura bambu keren
 
gapura bambu simple
 
Pencarian terkait:
  • cara bikin gapura dari bambu
  • video pembuatan gapura
  • gapura 17 an
  • gapura ramadhan sederhana
  • gapura bambu simple
  • gapura bambu keren
  • gapura bambu unik sederhana
  • gapura bambu ramadhan
  • gapura bambu minimalis
  • gapura bambu unik 17 agustus
  • gapura bambu 17 agustus
  • cara membuat gapura dari bambu

Rating

Leave a Comment