UNTAN Ingin Berinovasi Dengan Teknologi Seperti Global Cyber University

UNTAN Ingin Berinovasi Dengan Teknologi Seperti Global Cyber University | infastpedia.net. Universitas Tanjungpura atau UNTAN ingin menyesuaikan diri demi mencapai target menjadi Cyber University. Global Cyber University menjadi contoh utama mengapa UNTAN ingin bersaing dengan kualitas global dalam Pendidikan. Tanpa adanya kemajuan atau penyelarasan maka akan sulit untuk ikut serta dalam perubahan dan inovasi yang pesat dari teknologi digital saat ini.

IOT atau Internet of Things menjadi alasan mengapa UNTAN ingin berkontribusi dalam perkembangan ini. Menciptakan lingkungan yang mulai menggunakan teknologi dalam berbagai aspek di kampus. Saat ini UNTAN telah menyiapkan beberapa langkah yang bisa dan telah dilakukan. Semua aspek didasari atas kebutuhan untuk bersaing secara global dan menciptakan lulusan yang kompeten.

Cara UNTAN Melangkah Demi Menciptakan Cyber University

1. Ekosistem digital

Tidak semua orang memahami konsep yang sebenarnya dari ekosistem digital. Langkah ini dibuat demi membuat mahasiswa juga para tenaga pengajar mulai memahami cara belajar mengajar menggunakan teknologi. Penggunaan teknologi dalam berbagai aspek di kampus menjadi bagian yang penting. Ketika semua orang terbiasa dengan digitalisasi dan shifting dari tradisional ke sistem digital.

Shifting bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan ketika banyak halangan dalam perkembangan dalam negeri. Indonesia harus terus berinovasi dalam menciptakan berbagai platform yang dapat membantu dalam melakukan shifting process ini. Termasuk dalam membangun kampus yang siap menggunakan platform tersebut juga penyesuaiannya yang lebih baik.

2. Penggunaan cyber dan informasi teknologi

Cyber University Korea menjadi contoh dari penggunaan cyber dan IOT yang mulai dikembangkan. Sistem pembelajaran online juga tidak mengenal jarak dan waktu. Hingga penerapan cyber dalam beberapa aspek pengajaran. Adaptasi akan inovasi dari informasi teknologi yang harus diterapkan mudah dilakukan di sana. Berbeda dengan Indonesia yang masih harus melangkah seperti UNTAN.

Berbagai kampus di belahan dunia khususnya Korea telah mencoba untuk menerapkan sistem cyber ini. Ketika semua bagian memiliki konektivitas satu sama lain untuk mendukung sistem belajar mengajar. Informasi teknologi yang digunakan disesuaikan dengan kemampuan juga kesiapan lingkungan kampus dalam penggunaan digitalisasi.

3. Menyiapkan kesiapan pengajar dan mahasiswa

Perkembangan target UNTAN untuk menciptakan ekosistem digital atau cyber university masih diusahakan dengan optimal. Ketika membangun kesiapan dari semua pelaku Pendidikan seperti dosen, mahasiswa, juga berbagai staff di universitas. Adaptasi masih sering dilakukan untuk membuat semua bagian yang memiliki peran merasa nyaman dengan kehadiran teknologi yang disediakan.

4. Menyesuaikan kurikulum

Pembuatan kurikulum bukan sesuatu yang mudah dilakukan ketika inovasi dan berbagai perkembangan teknologi terus dilakukan. Banyak perubahan yang terjadi dalam dunia Pendidikan ketika teknologi mulai diterapkan. Salah satunya adalah untuk menyiapkan kurikulum yang sesuai demi adaptasi yang berhasil. Langkah ini sedang dibangun oleh Universitas Tanjungpura.

5. Mengenalkan IOT

Internet of Things menjadi topik atau pembahasan yang umum saat ini. Ketika semua orang beranggapan bahwa hal ini bisa menjadi langkah tepat untuk menciptakan cyber university Indonesia. Persaingan yang ketat dalam dunia global tidak dapat ditembus tanpa kemampuan dalam mengolah IOT ini. Penggunaan berbagai platform Pendidikan mulai digunakan untuk penyesuaikan.

Internet of things ini tidak akan berhasil diterapkan jika tidak ada platform atau perangkat pendukung yang baik. Dana, pengajar, management, dan lain sebagainya menjadi modal awal untuk penerapan sistem cyber ini. Demi membangun lingkungan yang beraspek digital dan kesiapan dalam kompetisi global.

Kekuatan inovasi teknologi dalam merubah keadaan dan situasi global saat ini Nampak dengan jelas. Universitas sebagai institusi perguruan tinggi harus memiliki kesiapan. Untuk menciptakan ekosistem digital ketika IOT mulai menjadi dasar bagi beberapa perkembangan global yang terjadi.

Demikianlah UNTAN Ingin Berinovasi Dengan Teknologi Seperti Global Cyber University

Leave a Comment