5+ Ikan Terbesar di Dunia yang Hidup di Laut


Ikan Terbesar di Dunia – Ikan adalah salah satu hewan yang hidup di dalam air. Berkat insang yang menjadi inti utama sistem pernafasannya, ikan bisa menyerap oksigen yang terkandung di dalam air untuk kelangsungan hidupnya. Ikan juga merupakan salah satu hewan yang paling tua di bumi ini karena beberapa jenis spesies ikan tercatat sudah mendiami planet kita sejak ribuan tahun yang lalu.Bumi sendiri merupakan planet yang permukaannya banyak ditutup oleh perairan. Tercatat bahwa tak kurang dari 70% air menjadi komposisi yang mendominasi planet kita. Dengan melihat wilayah perairan yang lebih luas daripada daratan, tidak heran jika ada puluhan ribu spesies ikan yang ada di dunia. Mulai dari jenis ikan air tawar, air asin, hingga ikan yang bisa hidup di wilayah air payau.

Baca juga: Jenis jenis Ikan Hias [lucu dan Indah]

Daftar Ikan Terbesar yang Ada di Dunia

Tersebar di habitat sungai hingga laut, ada beberapa ikan terbesar di dunia yang pernah tercatat dan tertangkap. Bahkan beberapa jenis ikan sungai seperti Arapaima merupakan jenis ikan sungai terbesar di dunia yang ada hingga sekarang di perairan Amazon atau ikan Lele raksasa yang hidup di sungai Mekong yang mengalir di 4 negara. Selain ikan tersebut, berikut daftar ikan terbesar di laut yang telah kami rangkum!

1. Ikan Paus Biru

ikan paus biru terbesar di dunia

Meskipun ikan, paus sebenarnya adalah jenis mamalia yang hidup di air dan bernafas dengan paru-paru. Binatang ini tercatat sebagai salah satu ikan terbesar di dunia dengan bobot mencapai 181 ton dan panjang tubuh mencapai 33 meter. Namun uniknya, meskipun memiliki ukuran jumbo namun paus biru termasuk hewan yang mengkonsumsi custasea dan hewan kecil lain sebagai makanan utamanya. Mereka terbiasa hidup dalam kawanan dan tinggal di perairan laut dalam.

Nah untuk lebih jelasnya bis anih Anda lihat video di bawah ini:

2. Ikan Paus Bongkok atau Bungkuk

paus bongkok terbesar kedua di dunia

Nama lain dari ikan ini adalah Paus Sirip Punggung atau Finback karena siripnya yang terletak pada bagian punggung belakang. Hewan dengan nama latin Balaenoptera Physalus ini tercatat memiliki panjang mencapai 27 meter dengan berat mencapai 100 ton lebih. Paus ini biasa ditemukan di wilayah perairan hangat di katulistiwa dan sering bermigrasi ke daerah kutub utara dan selatan guna mencari mangsa dan berkembang biak.

Nah untuk anda yang ingin melihat paus bungkuk ini, Anda bisa menyimak video di bawah ini:



3. Ikan Hiu Paus

ikan hiu paus di Dunia

Jika mendengar namanya, mungkin Anda akan merasa ketakutan. Tapi siapa sangka jika ikan ini justru tidak berbahaya sama sekali? Bahkan kita bisa leluasa berenang di sampingnya tanpa perlu takut diserang. Hiu paus banyak mengkonsumsi plankton, krustasea, dan hewan kecil lain di permukaan air. Ukuran dan bobotnya sangat besar sehingga masuk dalam kategori ikan terbesar di dunia yang hidup di laut.

Nah ikan hiu paus ini pernah loh muncul di lautan Indonesia, Mau lihat ? Yuk simak video di bawah ini:

4. Ikan Paus Pembunuh (Orca)

ikan paus pembunuh yang cantik dan imut

Pernah menonton film Free Willy? Ya, orca merupakan jenis ikan paus paling populer karena postur tubuhnya yang unik dengan kombinasi warna hitam dan putih. Meskipun disebut paus pembunuh, tapi orca hanya menyerang lumba-lumba, anjing laut, dan hewan laut lain secara berkelompok. Orca juga termasuk ikan yang cerdas karena menggunakan strategi dalam setiap perburuan mangsa.

Walaupun terkenal dengan ikan pembunuh namum memiliki warna yang bagus dan indah, Mau lihat yuk lihat keganasan ikan paus pembunuh ini:

5. Hiu Megalodon

ikan hiu megalodon yang menakutkan

Ini merupakan makhluk legendaris yang pernah menjadi raja lautan. Hiu yang dikabarkan telah punah ini pernah tercatat sebagai ikan terbesar di dunia dan ikan paling ganas. Sifat hiu yang buas dan ukurannya yang super besar membuatnya dikenal sebagai salah satu hewan purba yang paling ganas pada masanya. Dan meski ukuran badannya besar, hiu Megalodon masih bisa bergerak cepat saat berburu mangsa. Hii.. seram!

Nah untuk Anda yang ingin melihat ngeri dan seremnya ikan hiu megalodon ini yuk simak video di bawah ini:

Jika masih ada ikan terbesar di dunia yang lainnya belum masuk disini silahkan masukkan dalam kolom komentar ya. Biar saya tambahkan lagi supaya lengkap. Sekian dan terima kasih/

Pencarian terkait:
  • ikan terbesar di dunia yang masih hidup
  • ikan terbesar di dunia nyata
  • ikan terbesar di indonesia
  • ikan terbesar di dunia yang pernah ditangkap
  • ikan paus terbesar di dunia
  • hewan laut terbesar sepanjang masa
  • ikan hiu
  • hiu megalodon

Rating

Leave a Comment