Jenis-jenis Ikan Hias lucu, Indah dan mudah dipelihara


Ikan Hias – Pecinta ketenangan yang ingin memiliki hewan peliharaan tanpa ribet dan berisik bisa mencoba ikan hias. Jenis ikan satu ini memiliki bentuk yang lucu serta warna yang indah. Selain menjadi hewan peliharaan, ikan ini juga dapat menjadi hiasan dalam rumah.

Jenis Ikan Hias Air Tawar dan air laut

Banyak juga manfaat lain yang bisa didapat dari memelihara ikan dalam akuarium. Salah satunya adalah menjaga kesehatan karena pemandangan gerak-gerik ikan yang menenangkan pikiran.

Tidak heran apabila dengan memelihara macam macam ikan hias akan membuat kita bisa menurunkan tekanan darah tinggi, menetralkan perasaan, menjernihkan pikiran, baik bagi penderita Alzheimer serta memberi inspirasi. Dari beragam jenis ikan untuk hiasan dalam rumah, beberapa di antaranya cukup direkomendasikan. Ini terutama karena bentuk dan warnanya yang sangat indah.

Ragam Jenis Ikan Hias Air Tawar

1. Ikan Hias Neon Tetra

Ikan Hias Neon Tetra
Ikan Hias Neon Tetra
Ikan hias air tawar yang pertama adalah neon tetra. Daya tahan tubuhnya kuat sehingga bisa jadikan pilihan bagi penangkar pemula. Ikan ini sendiri banyak ditemukan di Amerika Selatan terutama Kolombia, Peru serta Brazil. Ikan neon tetra akan banyak ditemukan di daerah sunga air tawar. Warnanya cerah dan akan terlihat pada gelapnya sungai. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai ikan neon tetra. Bentuk serta warnanya sekilas mirip Cardinal Tetra. Bedanya adalah pada ikan neon tetra tidak ada garis merah yang ada di bawah garis biru pada sepanjang tubuhnya.

2. Ikan Hias Pedang

Ikan Hias Pedang
Ikan Hias Pedang
Ikan ini akan banyak ditemukan di Amerika Tengah, seperti Honduras, Guatemala serta Meksiko. Ikan pedang terutama gemar berada di sungai ang arusnya kuat, laguna, rawa serta danau. Ukurannya akan berbeda antara ikan jantan dan betina, di mana ikan jantan berukuran 11 cm dan ikan betina berukuran 12 cm. Umur ikan ini dapat mencapai 3 hingga 5 tahun. Ciri fisiknya adalah ekor yang tampak seperti pedang dan memanjang dengan warna hitam.

3. Ikan Hias Sapu

Ikan Hias Sapu
Ikan Hias Sapu
Ikan sapu-sapu seringkali disebut sebagai ikan bersih-bersih. Kita mungkin sering melihatnya sebagai salah satu ikan hias aquarium. Salah satu manfaatnya memang adalah untuk bersih-bersih. Ikan ini mudah ditemukan di perairan sungai Indonesia. Totalnya ada 24 jenis ikan sapu-sapu di seluruh dunia.

4. Ikan Hias Cupang

Ikan Hias Cupang
Ikan Hias Cupang
Cupang termasuk dalam ikan hias kecil yang bisa dijumpai dengan mudah di pasaran. Ikan ini disebut pula Betta. Daya tarik utamanya adalah warna tubuh menarik, gerakan yang tenang serta berwibawa dan bentuk sirip indah. Ikan betina akan memiliki ukuran lebih kecil dibanding ikan jantan.
Ikan cupang dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Salah satu alasan kepopulerannya adalah kemudahan dalam memelihara. Ikan cupang akan dapat bertahan hidup bahkan dalam kondisi kadar oksiden rendah. Sifatnya agresif serta gemar menyerang. Oleh karena tu, seringkali ikan cupang disebut juga sebagai ikan petarung, ikan aduan atau ikan laga.

5. Ikan Hias Koi

Ikan Hias Koi
Ikan Hias Koi
Ikan koi tidak termasuk ikan hias air laut. Ikan ini sendiri diternakkan pertama kali di Cina namun dipopulerkan di Jepang. Dalam bahasa Jepang, ikan koi berarti ikan karper. Bentuknya seperti torpedo dengan warna yang khas, yaitu gradasi antara merah, hitam, puith dan kuning. Beberapa jenis bahkan memiliki sisik emas serta perak.

6. Ikan Hias Louhan

ikan hias louhan

kan hias Louhan pernah sangat populer di tahun 2000-an. Ikan ini sangat cocok dijadikan sebagai ikan hias air tawar aquarium. Diantara ciri khas ikan ini adalah memiliki benjolan besar dikepalanya.

Ikan hias Louhan bukanlah ikan hias murni yang memiliki bentuk fisik indah dengan sendirinya. Ikan ini adalah hasil dari perkawinan silang antara ikan-ikan Cichlid yang berasal dari Amerika.

Dari hasil persilangan itu didapat beberapa jenis ikan Louhan yang ada seperti saat ini, diantaranya adalah Chencu/ Zhen Zhu yang merupakan hasil persilangan dari Trimac Cichlid, Kamfa hasil persilangan dari genus Vieja, dan Red Texas louhan hasil dari persilangan antara Kingkong Parrots dan Green Texas Cichlid.

7. Ikan Hias Wakin

Ikan Hias Wakin

Ikan hias Wakin ini masih termasuk dalam golongan ikan mas biasa. Orang-orang Jepang menamakannya Wakin karena bentuk fisiknya belum banyak berubah layaknya Karper Krusian yang merupakan cikal bakal ikan Mas Koki.

Jika Karper Krusian bentuknya memanjang dan langsing, maka ikan Wakin memiliki bentuk yang agak bundar dan memiliki ekor yang lebih lebar dan panjang.

Diantara ciri khas ikan hias Wakin adalah memiliki gerakan yang lincah dan atraktif. Oleh sebab itu ikan Wakin akan kurang cocok jika dikumpulkan dengan ikan Mas Koki type lain yang gerakannya cenderung lamban dan tenang seperti Koki Tosa (Veiltail) dan Kepala Singa (Lion Head).

8. Ikan Hias Komet

gambar ikan hias komet

Ikan hias Komet adalah salah satu ikan hias air tawar aquarium yang sudah populer di kalangan para pecinta ikan hias. Bahkan, mereka dari yang sekedar hoby, banyak juga yang kemudian mengkomersilkannya.

Hal ini karena ikan hias Komet memiliki daya tarik yang kuat dengan warna tubuhnya yang indah serta mempunyai gerakan mempesona. Ikan hias Komet juga dikenal sangat ramah lingkungan karena bisa hidup berdampingan dengan jenis ikan lain dalam satu tempat.

Selain ituikan hias Komet juga mudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, oleh sebab itu ikan ini dapat dipelihara hampir di semua tempat asalkan tempatnya bersih dan sehat.

Diantara kelebihan ikan hias air tawar aquariam ini adalah memiliki warna tubuh yang bermacam-macam seperti kuning, merah, putih, dan perpaduan dari warna-warna tersebut.

9. Ikan Hias Black Ghost

gambar ikan hias black ghost

Ikan hias Black Ghost ini mungkin jarang dikenal oleh para pemelihara ikan hias pemula. Ikan hias air tawar aquarium ini memiliki bentuk tubuh seperti hantu hitam yang sedang berenang di dalam air. Pada bagian tubuhnya mirip seperti kain yang tertiup angin.

Ikan hias air tawar Black Ghost mempunyai nama latin Apterontus Albifrons. Ikan ini memiliki sifat yang nokturnal, sehingga di siang hari lebih suka bersembunyi dan mulai beraktivitas di malam hari. Memang seperti hantu.

Salah satu keunikan dari ikan hias ini terletak pada ekornya yang mungil. Ikan Black Ghost sering kehilangan ekornya karena ekornya selalu bergerak-gerak seperti cacing, oleh sebab itu ekornya sering jadi mangsa ikan lain karena mengira ekor ikan Black Ghost adalah makanan mereka. Namun hal ini bisa teratasi karena ekor ikan Black Ghost

10. Ikan Hias Discus

gambar ikan hias discus

Ikan hias Discus memiliki tubuh yang unik. Tubuhnya terlihat pipih saat dilihat dari depan dan terlihat lebar saat dilihat dari bagian samping. Oleh sebab itu ikan ini kurang pas jika dipelihara di dalam kolam, dan lebih cocok jika menjadikannya sebagai ikan hias air tawar aquarium.

Ikan hias Discus memiliki nama latin Symphysodon Discus. Ikan hias ini berasal dari sungai Amazon. Jenis ikan Discus ini cukup banyak, diantaranya yaitu Pearl Pigeon, Board Pigeon, Red Ribbon, Marlboro Red, Angle Blue Diamond , dan masih banyak lagi.

11. Ikan Hias Guppy

gambar ikan hias guppy

Ikan hias Guppy memiliki nama latin Poecilia reticulata. Pada dasarnya Guppy adalah ikan liar yang sering dijumpai di kali-kali dekat sawah.

Namun, Guppy yang dijadikan hiasan aquarium disini bukanlah Guppy jenis tersebut. Guppy yang dijadikan sebagai ikan hias air tawar aquarium disini adalah Guppy yang memiliki bentuk dan warna fisik yang menarik.

Keindahan Guppy ini terletak pada ekornya yang terumbay seperti rok yang panjang. Ikan ini memiliki jenis dan warna yang sangat bervariasi, hampir semua warna ada pada jenis Guppy.

12. Ikan Hias Peacock Cichlid

gambar ikan hias Peacock Cichlid

Ikan hias Peacock Cichlid mempunyai karakteristik yang berbeda dengan jenis jenis ikan hias air tawar lainnya, sehingga menjadikan ikan ini begitu populer di kalangan para pecinta ikan hias selama 30 tahun lebih.

Ikan ini memiliki warna yang cerah dan cemerlang, warnanya begitu indah antara kombinasi warna biru, kuning terang, emas, dan orange menyala.

Ikan hias Peacock Chichlid juga memiliki garis-garis vertikal yang berwarna gelap di sekujur tubuhnya. Ikan ini memiliki kepribadian yang ramah dan baik dalam bersosial sehingga bisa dikumpulkan dengan ikan jenis lain dalam satu aquarium.

13. Ikan Hias German Blue Ram

Ikan Hias German Blue Ram

Ikan hias German Blue Ram adalah bagian dari jenis Cichlids yang berukuran kecil. Ikan ini memiliki karakteristik tenang dan memiliki pola warna yang bermacam-macam. Namun umumnya ikan ini memiliki warna kuning dan hijau serta terdapat bintik kecil berwarna biru yang menutupi sirip ikan. Ikan ini juga memiliki tujuh garis gelap vertikal ditubuhnya, satu garis dikepalanya yang membentang melewati mata, dan pada bagian perut, mata, sirip bagian atas dan bawah hingga ekor terdapat bercak berwarna merah.

14. Ikan Hias Killifish

Ikan Hias Killifish

Ikan hias Killifish ini telah menyebar hampir di seluruh Asia, Amerika Selatan, Amerika Utara, Afrika dan sebagian tersebar di Eropa. Ikan hias ini termasuk salah satu dari ikan hias yang sangat populer dikalangan para pecinta ikan hias dengan warnanya yang beragam.

Ikan hias Killfish jantan memiliki variasi warna yang beragam seperti orange, merah, dan biru disertai dengan bintik orange serta terdapat garis di sekujur tubuhnya. Hal ini berbeda dengan ragam warna Killifish betina yang lebih cenderung memiliki sedikit warna dibanding Killifish jantan.

15. Ikan Hias Lemon

Gambar Ikan Hias Lemon

Ikan hias Lemon memiliki nama latin Neolamprologus Leleupi. Ikan ini memiliki warna kuning dan bentuk yang seperti buah lemon. Ikan hias ini termasuk ikan hias yang agresif dan buas. Ikan hias ini juga sangat rakus dalam makannya. Ikan Lemon akan memakan apapun jenis makanan yang dimasukkan kedalam aquarium. Selain itu, ikan ini juga memiliki sifat buruk berupa kanibalisme, saat ikan Lemon ini kelaparan maka tak segan-segan untuk memakan ikan lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil.

16. Ikan Hias Endlers Livebearer

Ikan Hias Endlers Livebearer

Ikan hias Endlers Livebearer termasuk jenis ikan hias yang sulit untuk dicari, ikan jarang ditemui di toko-toko ikan hias biasa. Penampilan Ikan hias Endlers Livebearer ini mirip dengan ikan Guppy liar, ikan ini juga memiliki pola warna neon dengan gradasi warna kuning, oranye, hitam, hijau dan biru. Kepribadian karakteristik ikan ini cukup ramah dan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

17. Ikan Hias Oscar

Gambar ikan hias oscar

Ikan hias Oscar adalah salah satu ikan hias air tawar yang tidak ramah sosial. Ikan ini sangat agresif jika di gabungkan dalam satu tempat dengan ikan lainnya karena ikan Oscar ini sangat menjaga daerah kekuasaannya. Ikan Oscar memiliki nama ilmiah Astronontus ocellatus. Di alam bebas umur ikan Oscar bisa mencapai 10-12 tahun. Ikan Oscar ini juga mempunyai gigi yang runcing. Untuk memelihara ikan Oscar dibutuhkan kolam atau akuarium yang besar karena ikan ini akan tumbuh dengan fisik yang besar.

18. Ikan Hias Gourami

Ikan Hias Gourami

Siapa yang menyangka ikan konsumsi yang sering dimakan ini ternyata memiliki jenis lain yang sangat indah. Jenis ikan Gourami yang sering dijadikan sebagai ikan hias adalah ikan Gourami yang berasal dari negara Asia seperti India, Pakistan, dan Korea. Diantara jenis Gourami yang biasa dijadikan sebagai ikan hias adalah Blue Gouramis, Red Fire Dwarf, dan Banded Gouramis.

Banyak penggemar ikan yang menyukainya karena harga yang terjangkau dan sisiknya cantik. Butuh tempat luas jika ingin memelihara ikan koi karnea keindahan sempurnanya akan terlihat dari atas.

Ragam Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

1. Ikan Hias Clown Fish

Ikan Hias Air Laut - Clownfish
Ikan Hias Air Laut – Clownfish

Jenis ikan hias air laut yang satu ini bernama Clown Fish atau biasa disebut Ikan Badut. Ikan jenis hias ini pasti sudah sering kamu lihat karena merupakan pemeran utama dalam film Finding Nemo. Sebenarnya untuk bisa merawat ikan ini cukup mudah, paling kamu hanya membutuhkan terumbu karang di aquarium agar mereka terasa nyaman dan jangan lupa airnya air laut ya jangan air sirup hehe.

2. Ikan Hias Lion Fish

Ikan Hias Air Laut - Lion fish
Ikan Hias Air Laut – Lion fish

Ikan hias air laut yang satu ini cukup unik karena mempunyai ornamen-ornamen pada tubuhnya yang berbentuk seperti duri. nah, untuk bisa memelihara ikan hias ini, kamu perlu untuk memperhatikan ikan mana saja yang bisa kamu campur dengan lion fish karena mereka memiliki makanan ikan berbeda.

3. Ikan Hias Butterfly Fish

Ikan Hias Air Laut - Butterfly fish
Ikan Hias Air Laut – Butterfly fish

Ikan hias air laut ini mempunyai bentuk dan corak bergaris hampir mirip dengan sayap kupu-kupu oleh karena itu dinamakan Butterfly Fish. Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara, oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut.

4. Ikan hias Dottyback

Ikan hias air laut - dottyback
Ikan hias air laut – dottyback

Ikan hias air laut jenis dottyback adalah ikan yang tinggal di perairan laut daerah tropis dan sub tropis indo pasifik yang terkenal memiliki terumbu karang sangat melimpah. Karena habitatnya banyak sekali di perairan laut indonesia, jadi sangat direkomendasikan memelihara ikan ini di aquarium rumah anda.

5. Blue Tang

Ikan hias air laut - Blue Tang
Ikan hias air laut – Blue Tang

Paracanthurus hepatus merupakan nama ilmiah dari ikan hias air laut blue tang. Blue tang juga dikenal dengan nama botana. Ikan botana juga terkenal sebagai karakter ikan bernama “Dory” dalam film “Finding Nemo”. Kamu juga bisa menyampurkan blue tang dengan clown fish dalam satu aquarium.

Itulah beberapa contoh dan Jenis Ikan Hias. Semoga bisa bermanfaat untuk anda penggemar ikan hias. Sekian dan terima kasih.


Jenis Ikan Hias


Pencarian terbaru:
  • jenis ikan hias dan harganya
  • ikan hias air tawar terindah
  • video ikan hias cantik
  • nama ikan hias air tawar dan gambarnya
  • ikan hias air tawar yang bisa dicampur
  • budidaya ikan hias
  • ikan hias cantik tapi murah
  • ikan hias air tawar langka

Rating

Leave a Comment