kambing aqiqah
umum

Kambing Aqiqah

Kambing aqiqah – Kelahiran seorang bayi adalah sesuatu momen yang paling nanti oleh sepasang suami istri. Bicara mengenai kelahiran bayi tentu sebagai umat muslim disunahkan untuk melaksanakan aqiqah. Tujuannya adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahirang seorang bayi.

Syarat kambing aqiqah

syarat kambing aqiqah
syarat kambing aqiqah

Dalam pelaksanaan aqiqah, adapun beberapa ketentuan dalam islam yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah syarat kambing untuk aqiqah. Adapun kriteria kambing yang disyariatkan adalah sebagai berikut:

1. Umur kambing aqiqah

Syarat umur kambing aqiqah adalah minimal berumur 1 tahun, baik itu jantan mapun betina. Kambing yang berumur di bawah 1 tahun belum boleh disembelih.

2. Kambing aqiqah tidak cacat

Syarat kambing Aqiqah berikutnya adalah tidak cacat. Tidak cacat yang dimaksud sebagai syarat hewan Aqiqah tersebut sama seperti syarat hewan kurban sebagaimana dijelaskan dalam hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam yang menjelaskan cacat yang dapat membuat hewan kurban dan juga hewan Aqiqah tidak sah:

Dari Al Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di tengah-tengah kami dan berkata, ada empat cacat yang tidak dibolehkan pada hewan kurban:

  1. Buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya,
  2. Sakit dan tampak jelas sakitnya,
  3. Pincang dan tampak jelas pincangnya,
  4. Sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang.”

3. Jumlah kambing aqiqah

Jumlah kambing untuk aqiqah adalah tergantung dari jenis kelamin bayi. Aqiqah untuk anak laki-laki adalah 2 ekor. Sedangkan, syarat kambing atau domba aqiqah untuk anak perempuan adalah satu ekor.

4. Dimasak terlebih dahulu

Sebaiknya daging kambing aqiqah dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan kepada orang lain.

Biasanya si pelaksana aqiqah akan mengundang sanak saudara dan tetangga dengan undangan ataupun kartu ucapan aqiqah. Kemudian menyantap hidangan kambing aqiqah yang sudah disediakan.

Harga kambing aqiqah

Bicara mengenai harga kambing untuk aqiqah tentunya sangat bervariasi tergantung lokasi, jenis, dan umur kambing. Kalau di daerah saya harga kambing mulai harga 1 juta hingga 2,7 juta.

Adapun beberapa penjual kambing aqiqah dengan paket yang sudah matang. Baik itu dijadikan sate maupun gulai kambing. Harganya pun cukup terjangkau tergantung paket yang tersedia. Harga kambing aqiqah matang mulai dari 2,1 juta hingga 3,3 juta.

Penutup

Itulah penjelasan singkat mengenai kambing aqiqah. Untuk kamu yang akan melaksanakan aqiqahan dan belum mengetahui syarat kambing aqiqah semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan kamu.

Kambing Aqiqah

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *