Inspirasi Kerajinan dari Barang Bekas

Kerajinan dari Barang BekasBarang-barang yang sudah tidak terpakai atau barang bekas dapat disulap menjadi kerajinan yang lebih berguna. Membuat kerajinan dari barang bekas bisa menjadi salah satu aktivitas menyenangkan di waktu senggang. Tidak menutup kemungkinan juga hasilnya bisa dijual untuk mendapatkan uang.

Aneka Kerajinan dari Barang Bekas

Barang bekas tidak selamanya sampah, karena jika diolah dengan pintar bisa berubah menjadi kerajinan atau barang baru. Beberapa contoh kerajinan yang memanfaatkan barang bekas adalah sebagai berikut.

1. Tas dari bungkus kopi

Tas dari bungkus kopi - Kerajinan dari Barang Bekas
Tas dari bungkus kopi

Plastik bekas produk kemasan seringkali dibuang begitu saja dan menumpuk menjadi sampah. Mulai dari kemasan bekas mie instan, kopi, detergen, sabun, dan lain sebagainya. Plastik-plastik bekas tersebut oleh beberapa orang akan dibakar karena memang sangat sulit untuk terurai.

Plastik bekas seperti bungkus kopi juga dapat didaur ulang menjadi tas unik. Tas dari bungkus kopi merupakan salah satu kerajinan yang sudah sering dilihat. Selain untuk menghasilkan barang baru, tas dari bungkus kopi juga bisa membantu mengurangi sampah plastik.

2. Gantungan pakaian menjadi lampu

Gantungan pakaian menjadi lampu
Gantungan pakaian menjadi lampu

Hanger merupakan peralatan yang sangat mudah ditemui. Harga gantungan baju tersebut biasanya murah sehingga banyak orang akan membeli yang baru jika sudah bosan dengan yang lama. Gantungan baju tersebut dapat menjadi salah satu bahan kerajinan dari barang bekas.

Gantungan baju atau hanger dari kayu yang sudah tidak terpakai jangan langsung dibuang. Anda bisa menjadikan barang bekas tersebut lebih berguna. Coba beri lubang di salah satu ujungnya dan masukan kabel untuk disambung ke lampu. Hanger bekas tersebut pun berubah menjadi gantungan lampu yang unik.

3. Talenan menjadi tablet stand

Talenan menjadi tablet stand
Talenan menjadi tablet stand

Bagi para ibu atau yang suka berada di dapur pastinya tidak asing lagi dengan talenan. Papan yang membantu aktivitas potong memotong bahan masakan. Ada talenan dari bahan plastik dan ada juga dari kayu. Tidak hanya untuk papan potong, talenan bisa difungsikan menjadi benda lain seperti tablet stand.

Kerajinan dari barang bekas dapat dihasilkan dengan memanfaatkan talenan di dapur. Talenan kayu dapat diberi tambahan sandaran dan papan pembatas untuk menaruh tablet. Selain itu, hasil kerajinan ini juga bisa digunakan untuk meletakan buku atau resep masak.

4. Kardus menjadi tempat penyimpanan

 Kardus menjadi tempat penyimpanan
 Kardus menjadi tempat penyimpanan

Banyak produk yang dijual dengan kemasan kardus dengan berbagai alasan. Kardus yang sudah menjadi barang bekas tersebut nantinya bisa dijual kembali ke tempat asongan. Selain itu, kardus bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan dari barang bekas yang memiliki nilai lebih.

Kardus bekas dapat dipotong kecil dan ditumpuk untuk kemudian direkatkan menjadi rak atau tempat penyimpanan. Rak dari kardus bekas tersebut bisa menjadi tempat untuk menyimpan kunci atau aksesoris berukuran kecil. Selain kardus, kerajinan ini juga bisa menggunakan kertas majalah yang tebal. (Baca : Kerajinan Tangan dari Kardus yang Berkualitas)

5. Kerajinan dari stik es krim

Kerajinan dari stik es krim
Kerajinan dari stik es krim

Bagi penggemar es krim stik mungkin mulai sekarang sebaiknya bekas stik es krim yang tersisa jangan langsung dibuang begitu saja. Stik es krim dari kayu bisa menjadi bahan untuk membuat kerajinan cantik dan fungsional. Mulai dari tempat penyimpanan, miniatur, hiasan dinding, dan pigura foto.

Kerajinan dari barang bekas dari stik es krim bisa diubah menjadi bingkai foto. Bingkai foto dari stik es krim dapat dibuat dengan mudah, cukup siapkan bahan dan alat seperti stik es krim, lem tembak, gunting, kuas, kertas karton, manik-manik, cat warna, dan kertas foto. (Baca: Aneka Kerajinan dari Stik Es Krim yang Mudah)

6. Sedotan plastik menjadi bunga hias

Sedotan plastik menjadi bunga hias
Sedotan plastik menjadi bunga hias

Sedotan plastik belakangan ini sedang ramai dibicarakan. Banyak yang mengajak orang untuk beralih ke sedotan lain yang bisa digunakan ulang. Sedotan plastik memang banyak digunakan dengan masa pakai satu kali saja sehingga bisa menambah sampah plastik yang merusak lingkungan.

Dari pada membuat sampah, lebih baik sedotan plastiknya dibuat menjadi hiasan bunga-bunga. Potong dan bentuk sedotan plastik hingga membentuk bunga cantik. Kerajinan dari bahan yang satu ini mungkin sudah tidak asing karena dulu sudah sering dilakukan dalam tambahan mata pelajaran sekolah. (Baca: Kerajinan Tangan dari Sedotan [mudah dan terbaru])

7. Piringan CD bekas

Piringan CD bekas
Piringan CD bekas

Pada saat hits, kaset CD menjadi koleksi para penikmat musik. Namun sekarang dengan perkembangan zaman, CD sudah mulai ditinggalkan. Apalagi ada smarthpone yang bisa menyimpan dan memutar ribuan lagu dengan mudah dan murah. Jadi sudah semakin jarang ada orang yang memainkan kaset CD.

CD bisa disulap menjadi barang baru untuk kerajinan dari barang bekas, seperti dibuat menjadi dekorasi atau aksesoris tambahan. CD yang dipotong-potong kecil dapat disatukan menjadi mozaik untuk aksesoris gitar, hiasan dinding, dan dekorasi benda lainnya.

8. Styrofoam menjadi message board

Styrofoam menjadi message board
Styrofoam menjadi message board

Styrofoam banyak dibutuhkan, terutama untuk pengemasan barang-barang elektronik. Mulai dari televisi, handphone, dan peralatan elektronik memang menggunakan material ini sebagai pelindung. Setelah sampai ke konsumen, Styrofoam tersebut biasanya tidak terpakai dan akan langsung dibuang.

Padahal sampah Styrofoam sering menimbulkan masalah karena sulit terurai. Anda bisa membantu mengurangi masalah tersebut dengan mendaur ulang Styrofoam. Potongan Styrofoam dapat dibersihkan dan diberi warna untuk dipajang sebagai message board.

9. Sendok plastik menjadi lampu hias

Sendok plastik menjadi lampu hias
Sendok plastik menjadi lampu hias

Sendok plastik biasanya dibutuhkan untuk keperluan catering. Selain itu, makanan kemasan juga ada yang menggunakan sendok plastik. Sendok yang hanya sekali pakai tersebut pada akhirnya akan dibuang dan menjadi sampah yang mengotori lingkungan.

Maka membuat kerajinan dari barang bekas bisa sedikit mengurangi dampaknya. Sendok plastik bekas yang sudah dibersihkan dapat dimanfaatkan untuk membuat lampu yang artistik. Gunakan bagian kepala sendok dan pasang dengan ditumpuk sehingga dapat membentuk lampu hias yang cantik.

10. Kaleng bekas menjadi tempat sendok

Kaleng bekas menjadi tempat sendok
Kaleng bekas menjadi tempat sendok

Produk kalengan sudah banyak beredar di pasaran. Mulai dari produk susu, ikan, biskuit, hingga manisan buah dikemas dengan kaleng. Kaleng bekas produk tersebut bisa diubah menjadi benda dengan fungsi lain sehingga tidak perlu dibuang atau menambah sampah.

Membuat kerajinan dari barang bekas yang satu ini sangat mudah. Kaleng bekas susu dibersihkan dan kemudian diberi lubang agar bisa digantungkan. Jika ingin menarik, kaleng bekas tersebut dapat diberi cat warna-warni atau aksesoris lain yang lebih cantik.

11. Kaos bekas menjadi keset

Kaos bekas menjadi keset
Kaos bekas menjadi keset

Banyak orang yang senang memakai kaos karena simpel dan menyerap keringat. Kaos mungkin menjadi pakaian sehari-hari bagi kebanyakan orang. Beragam model kaos pun sangat banyak sehingga masyarakat cenderung akan membeli yang baru lagi.

Tidak sedikit orang sering membeli kaos dan kemudian menumpuk di dalam lemari. Kaos-kaos yang sudah jarang dipakai bisa disumbangkan ke orang yang membutuhkan. Namun untuk kaos yang tidak layak pakai, bisa dibuat kerajinan yakni keset. Kaos dipotong kecil-kecil dan dijahit untuk dijadikan keset.

Baca juga: Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Bernilai Tinggi

Itulah beberapa barang-barang bekas yang mungkin sering terlihat tergeletak di tempat sampah. Apabila ingin membantu menyelamatkan lingkungan, sampah-sampah yang bisa didaur ulang dapat dibuat menjadi kerajinan dari barang bekas yang bernilai dengan fungsi baru.

Pencarian terbaru :

  • kerajinan dari barang bekas botol aqua
  • kerajinan dari barang bekas kardus
  • kerajinan dari barang bekas koran
  • kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah didapat dan cara membuatnya
  • cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat
  • kerajinan tangan lucu
  • cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas
  • kerajinan dari barang bekas yang bermanfaat
Inspirasi Kerajinan dari Barang Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas - Barang-barang yang sudah tidak terpakai atau barang bekas dapat disulap menjadi kerajinan yang lebih berguna. Membuat kerajin

Editor's Rating:
5

Leave a Comment