ketentuan aqiqah
inspirasi

Aqiqah : Pengertian, Ketentuan dan Hikmah

Dalam tradisi umat islam, kelahiran seorang bayi biasanya dilakukan sebuah acara yang bernama aqiqahan. Aqiqah dilakukan sebagai wujud rasa syukur sebagai orang tua atas lahirnya anak.

Pengertian Aqiqah

Secara bahasa akikah berarti “memotong” yang berasal dari bahasa arab “al-qat’u“.  Namun ada juga definisi lain aqiqah yaitu “nama rambut bayi yang baru dilahirkan”.

Dalam pengertian secara umum, aqiqah adalah aktivitas ibadah dengan cara menyembelih hewan berupa kambing atau domba sebagai bentuk rasa syukur atas lahirnya seorang anak.

Menurut wikipedia, Akikah (bahasa Arab: عقيقة, transliterasi: Aqiqah) adalah pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai bentuk rasa syukur umat Islam terhadap Allah SWT.

Hukumnya aqiqah

Menurut pendapat para ulama, akikah hukumnya adalah sunnah muakad, namun ada juga mengatakan wajib ataupun sunnah.

Namun dari semua pendapat yang ada, yang paling shahih yang mengatakan hukumnya aqiqah adalah sunnah muakad.

Ketentuan aqiqah

secara bahasa akikah berarti

Hewan yang disyariatkan untuk disembelih dalam akikah adalah kambing atau domba. Bagi anak laki-laki, disunahkan memotong dua ekor kambing. Sementara itu, bagi anak perempuan satu ekor kambing saja.

Dalam tata cara aqiqah menurut islam, hewan yang menjadi syarat untuk sembelih aqiqah adalah hewan yang memiliki kriteria sama dengan hewan qurban. Sangat dianjurkan untuk memilih hewan aqiqah berjenis domba putih dan sehat. Umur dari hewan ini minimal ½ tahun.

Dalam tata cara aqiqah menurut islam, membagikan daging aqiqah berbeda halnya dengan qurban. Dalam aqiqah, kamu harus membagikan daging yang sudah disembelih tadi dalam kondisi sudah masak yang dilengkapi dengan kartu ucapan aqiqah.

Hikmah Menjalankan Aqiqah

Terdapat beberapa hikmah atau keutamaan dari proses pelaksanaan aqiqah, diantaranya yaitu:

  1. Mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia lahirnya seorang anak sebagai penerus dalam keluarganya Meneladani dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW
  2. Sebagai momen untuk berbagi kepada sesama dan mempererat tali persaudaraan
  3. Sebagai bentuk rasa gembira dan membagikan kebahagiaan tersebut kepada orang lain

Hikmah & Manfaat Melaksanakan Aqiqah

Apa sebenarnya makna dan hikmah aqiqah bagi seluruh umat Islam?

Makna yang akan diambil adalah menjaga anak kita dari segala gangguan setan. Hal inipun sudah dituliskan pada Hadits: “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqah-Nya”, dengan melaksanakan aqiqah berarti kamu melepas segala gangguan setan yang terus mengikutinya sedari lahir “Bahwa lepasnya dia dari setan tergadai oleh aqiqahnya”

Penutup

Demikianlah ulasan singkat mengenai ketentuan aqiqah. Semoga sedikit ilmu yang kami bagikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Sekian dan terima kasih.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *