Penyebab, Gejala, dan Obat Penyakit Kutu Air

Kutu air merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang sudah umum di masyarakat. Kelainan kulit yang dipicu oleh infeksi jamur ini bisa menular melaui berbagai media. Kebiasaan seperti berjalan tanpa alas kaki di lingkungan lembap dan bertukar-tukar pakaian, sepatu, kaos kaki, atau lainnya yang sudah ada jamurnya.

Penyebab, Gejala, dan Obat Penyakit Kutu Air

Pengertian Kutu Air

Kutu air dikenal masyarakat sebagai penyakit kulit ringan yang disebabkan oleh infeksi jamur. Istilah kutu air dalam dunia medis adalah Tine pedis atau athlete’s foot. Penyakit ini paling sering terjadi di sela-sela jari kaki, tetapi bisa juga bagian lain seperti telapak kaki, kuku, dan tangan. Apabila penderita menggaruk area kulit yang terinfeksi kemudian membiarkan tangan tersebut menggaruk bagian tubuh lain, maka bisa saja infeksi jamur menular dan meluas ke bagian lainnya.

Ciri Ciri Kutu Air

Penyakit kutu air dibedakan menjadi 4 jenis atau kategori dan masing-masing memiliki ciri-ciri  atau gejala berbeda. Namun gejala yang paling umum adalah kulit yang terasa gatal, panas, kemerahan, serta kulit kering dan bersisik.

1. Kutu air di sela jari kaki

Ciri-ciri dari penyakit interdigital athlete’s foot atau kutu air di sela jari kaki antara lain adalah gatal, kulit merahan, dan bersisik putih apabila kondisi kaki basah.

2. Kutu air di telapak kaki

Untuk membedakan dengan penyakit kulit lainnya, kutu air yang di telapak kaki memiliki ciri-ciri seperti kulit yang terlihat rusak dan bersisik halus.

3. Acute alcurative tinea pedis

Tinea pedis merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan nyeri, pengerasan kulit, erosi kulit, maserasi kulit, dan kaki bau yang diakibatkan oleh infeksi bakteri.

4. Vesiculobullous athlete’s foot

Penyakit kutu air ini disebabkan oleh bakeri T. mentagrophytes dan tidak begitu umum seperti kutu air lainnya. Ciri-cirinya adalah adanya vesikel dan bulla atau lepuh pada bagian telapak kaki.

Penyebab Kutu Air

Berbagai jenis jamur dapat menjadi penyebab penyakit kulit kutu air. Seperti jenis jamur epidermophyton, trichophyton, dan microsporum. Jenis-jenis jamur tersebut dapat berkembang pada kondisi tertentu, terutama di lingkungan yang hangat dan lembap.

Kebanyakan masyarakat yang terkena kutu air adalah karena kebiasaan yang memicu jamur. Seperti tidak menggunakan alas kaki saat mencuci atau membilas pakaian, berjalan tanpa alas kaki di tempat yang kondisinya lembap, membiarkan kaki menggunakan sepatu yang basah, dan menggunakan sepatu terlalu lama.

Baca juga : Ciri-Ciri dan Penyebab Cacar Monyet yang Wajib Anda Ketahui

Cara Mengobati Kutu Air

Sebagian masyarakat mungkin beranggapan bahwa penyakit kutu air dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan. Namun untuk mencegah komplikasi, alangkah baiknya dilakukan pengobatan. Cara mengobati penyakit ini bisa dilakukan dengan obat kutu air.

1. Obat kutu air topikal

Obat yang dioleskan langsung ke kulit yang terinfeksi kutu air dapat berupa salep, semprotan, gel, atau bubuk. Obat yang ampuh untuk membasmi kutu air adalah yang mengandung butenafine atau terbinafine.

2. Obat kutu air oral 

Pilihan lain untuk mengobati kutu air terutama untuk yang sudah parah adalah menggunakan obat oral. Tablet minum anti jamur yang mengandung terbinafine, fluconazole, ketoconazole bisa digunakan untuk mengobati kutu air. Namun perlu diketahui mengenai efek samping dan petunjuk sebelum meminumnya.

Penyakit kutu air mungkin termasuk kategori ringan, tetapi ada baiknya untuk Anda melakukan pencegahan. Menjaga kaki tetap kering, memotong kuku secara rutin dengan gunting kuku yang steril, dan menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan tempat tinggal adalah beberapa cara yang dapat mencegah penyakit ini.

Pencarian terbaru:

  • kutu air parah
  • obat kutu air membandel
  • obat kutu air langsung sembuh
  • obat kutu air tradisional yang ampuh
  • cara mengobati kutu air dengan pasta gigi
  • obat kutu air dikaki yang sudah parah
  • obat kutu air alami paling ampuh
  • obat kutu air di telapak kaki
Penyebab, Gejala, dan Obat Penyakit Kutu Air

Kutu air merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang sudah umum di masyarakat. Kelainan kulit yang dipicu oleh infeksi jamur ini bisa menular melaui ber

Editor's Rating:
5

Leave a Comment