Contoh Latar Belakang


Contoh Latar Belakang – Dalam pembuatan sebuah proposal penelitian ataupun makalah, kita membutuhkan sebuah bagian pendahuluan yang kuat untuk bisa mengarahkan si pembaca akan pentingnya penelitian yang akan dilakukan.

Cara membuat latar belakang penelitian juga tidak jauh berbeda dengan membuat latar belakang proposal lainnya. Hanya saja, dalam penulisan karya ilmiah biasanya ditambahkan dengan hipotesa atau hipotesis yang menjelaskan asumsi awal dari sesuatu yang diteliti.

Ketika Anda menyusun makalah maka latar belakang menjadi inti pembicaraan atau pembahasan yang sangat penting. Jadi usahakanlah untuk bisa memilih topik yang sebaik-baiknya agar Anda tertarik untuk membahasnya untuk tulisan yang sedang dibuat.

Latar Belakang Masalah

Sebelum kita melangkah lebih jauh bagaimana cara membuat latar belakang yang baik dan benar. Alangkah baiknya kita mengetahui apakah latar belakang masalah itu sebenarnya?

Latar belakang adalah sebuah bagian dari pendahuluan yang isinya berupa uraian yang seharusnya dibahas di dalam makalah sehingga saat menyusun karya tulis memerlukan adanya baik literatur ataupun penelitian yang kemudian disusun atau dipaparkan dalam bentuk uraian.

Di dalam latar belakang masalah ini seolah-olah peneliti sedang menjadi seorang detektif yang sedang mengamati lingkungan di tempat kejadian perkara.

Namun latar belakang ini juga bisa mengacu pada beberapa aspek diantaranya krisis ideologi, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. Latar belakang tersebut juga biasanya akan ditutup dengan sebuah kunci mengenai pentingnya masalah tersebut agar segera diteliti dan dampaknya akan bagaimana jika penelitian tersebut ditunda-tunda.


Cara Membuat Latar Belakang

1. JADILAH SEPERTI “MATA-MATA”

Dalam menentukan topik/masalah yang akan diteliti, bayangkan anda adalah “mata-mata” yang sedang ingin mengidentifikasi, mencari tahu segala hal yang menurut kamu itu adalah masalah.

Dalam menentukan suatu masalah kamu dapat menemukan satu topik masalah dari lingkungan disekitar kamu. Misalnya isu sosial, budaya, pendidikan, keamanan, politik, dan masih banyak lagi.

2. FAKTA MASALAH

Didalam menyusun sebuah latar belakang masalah, ada baiknya kamu memikirkan terlebih dahulu fakta masalah yang akan kamu jadikan sebagai fokus masalah tersebut. Karena masalah sesungguhnya adalah kesenjangan antara sesuatu hal yang diharapkan dengan suatu kenyataan ( das sollen-das sein).

3. TEMUKAN FOKUS MASALAH

Setelah kamu menjadi “mata-mata”, dari sekian banyak hal yang telah kamu teliti yang telah kamu perhatikan, setelah mempertimbangkannya, maka lakukanlah analisis permulaan.

Analisis permulaan berguna agar kamu dapat menyimpulkan fokus masalah yang sedang kamu teliti. Fokus masalah adalah masalah yang menurut kamu lebih dominan, lebih krusial, dan lebih aktual.

Usahakanlah fokus masalah yang kamu tentukan adalah masalah yang paling unik, harus dikedepankan untuk dibahas, dan memang merupakan isu yang benar-benar terjadi. Jangan mengada-ada dan menjadikan masalah. Tapi masalahnya haruslah yang benar-benar terjadi.

Contoh :

Kebijakan Jasa Raharja di indonesia

Masalah :

  1. Sosialisasi
  2. Pelayanan
  3. Identitas kependudukan dominan ganda
  4. Lingkungan Masyarakat
  5. Jamkesda dan Jamkesmas

Misalnya kamu menemukan lima masalah di atas terkait efektif atau tidaknya kebijakan Jasa Raharja, maka pilihlah satu diantara lima masalah tersebut mana yang menurut kamu paling dominan, paling krusial, dan aktual.

Akan tetapi yang paling utama adalah masalah yang krusial terlebihdahulu. Yakni merupakan masalah yang kira-kira butuh pemecahan dan solusi penyelesaiannya berdasarkan teori dan anjuran.

Anjuran yang mimin maksudkan disini adalah bisa saja dari para tuntutan masyarakat, akademisi,dan sebagainya. Misalnya anda pilih poin 1 dan poin 2, yaitu kebijakan Jasa Raharja bermasalah karena kurangnya sosialisasi dan pelayanan. Maka dalam proses pembuatan latar belakang masalahnya nanti jangan lepas dari 2 masalah yang telah ditentukan tersebut.

4. JELASKAN MASALAHNYA

Membuat kerangka latar belakang masalah, kamu dapat menyusun kerangkanya dari hal yang umum dulu kemudian baru hal yang khusus. Atau bisa juga sebaliknya, anda dahulukan yang khusus kemudian yang umum.

Contoh :

Kebijakan Jasa Raharja di Indonesia

Masalah yang di pilih :

  • Sosialisasi
  • Pelayanan

Point ini kita anggap sebagai masalah yang dominan, krusial, dan aktual. Nah, pada saat menjelaskan masalahnya dalam bagian latar belakang masalah penelitian, dua cara menyusunnya di atas dapat anda jadikan pedoman yakni :

  • UMUM—-> KHUSUS
  • KHUSUS — > UMUM

Penjelasan :

1. Umum–>khusus

Dalam point ini, kamu dapat membicarakan yang umum dulu kemudian ke khusus. Akan tetapi jangan menyimpang dari kedua masalah krusial di atas. Caranya :

  1. Carilah Peraturan-perundangan yang berlaku atas kebijakan Jasa Raharja. Selanjutnya analisis ketidak-efektifan, dan simpulkan. Misalnya, menurut peraturan Jasa Raharja No.1 tahun 2014 bla..bla.,,bla..bla.. dan seterusnya.
  2. Temukan fakta lapangan tentang sosialisasi dan pelayanan Jasa Raharja
  3. Jelaskan kondisi masyarakat terkait adanya kebijakan Jasa Raharja.
  4. Temukan teori terkait sosialisasi dan sistem pelayanan yang baik. Sesuai atau tidak dengan peraturan?
  5. Buat alasan mengapa anda memilih judul ini.

 

2. Khusus–>Umum

Cara ini sudah jelas mendahulukan hal-hal yang bersifat khusus dulu untuk di bahas barulah ke umum. Atau utarakan terlebihdahulu maksud dan tujuan kamu memilih judul, kemudian mengutarakan hal yang umum. Cara ini merupakan kebalikan dari cara Umum–>Khusus. Silahkan dipikirkan sendiriya. hhe..

Jadi tips dan trik menulis laporan penelitian, baik itu jurnal,makalah, laporan, skripsi, maupun tesis dan disertasi, adalah seperti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Selain itu kamu juga dapat mencari referensi lain dari buku-buku atau dari dosen kamu di kampus.

Inti dari semua itu, hal yang paling penting kamu ketahui adalah mengetahui masalah di sekitar kamu. Bagaimana mungkin kamu akan menulis sebuah karya ilmiah jika masalahnya tidak kamu ketahui? Jika anda memaksakan diri menulis karya ilmiah yangtidak kamu ketahui, usahakanlah banyak bertanya, mencari referensi dan membaca buku. Hal yang seperti ini biasanya jika anda memilih jurusan kuliah yang bukan minat anda.


Contoh Latar Belakang

#1 Contoh Latar Belakang Makalah

Latar Belakang Makalah tentang Sampah

Sampah adalah barang yang sudah tidak digunakan lagi oleh pemiliknya. Sampah-sampah tersebut dibuang oleh pemiliknya pada tempat sampah. Tempat sampah akan lebih baik apabila bisa dipisahkan antara sampah organik dan sampah an organik.Sampah yang dibuang sembarangan akan banyak menimbulkan masalah seperti bau yang tidak sedap, sumber penyakit, membuat got tersumbat, pada musim hujan yang terjadi adalah banjir di mana-mana.

Kurangnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya tentu akan berakibat fatal tidak hanya untuk Anda tetapi lingkungan sekitar. Sampah bahkan menjadi masalah nasional karena semakin lama sampah semakin menumpuk dan tidak dapat diberdayakan ataupun dikurangi.

Padahal kehadiran pemulung bisa jadi mengurangi sampah terutama untuk sampah plastik karena jenis sampai yang satu ini sangat sulit diuraikan. Berbeda dengan sampah organik yang bisa diolah menjadi kompos.

Sampah apabila bisa dikelola dengan baik bisa memberikan tambahan penghasilan. Pengelolaan sampah yang baik dibutuhan dukungan dari banyak pihak terutama pemerintah agar bisa lebih mendukung program masyarakat.

Bank Sampah yang kini mulai dikelola masyarakat di beberapa daerah menjadi program yang bisa mengurangi sampah masyarakat. Dukungan dari pemerintah akan membuat bank sampah bisa semakin berkembang apabila dikelola dengan baik.

Latar Belakang Makalah tentang Agama

Agama dan manusia tentu memiliki hubungan yang erat kaitannya. Agama dan manusia tidak dapat dipisahkan karena agama dibuat untuk menolong hidup manusia. Agama juga sangat dibutuhkan oleh setiap manusia untuk pegangan hidup dan jalan menuju akhirat. Dengan adanya agama, maka kehidupan kita akan lebih bermakna dan ilmu agama membuat hidup manusia sempurna.

Selain itu, adanya agama dikehidupan manusia, hati manusia akan lebih tenang karena manusia itu sendiri memiliki keyakinan dan kepercayaan akan adanya Tuhan yang senantiasa menjadi penolong setiap umatnya. Agama juga akan memelihara manusia dari setiap perilaku yang menyimpang, perilaku negatif seperti kasus-kasus kriminal.

Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang beragama membutuhkan keimanan yang kuat dan teguh sehingga saat kita dihadapkan pada pilihan yang salah kita tahu bahwa hal itu tidak boleh dilakukan atau dilarang oleh agama. Selain itu, agama juga bisa menjadi benteng pertahanan setiap muslim dari berbagai ajaran yang tidak sesuai dengan ajaran islam.

Pembinaan akhlak yang mulia dan akidah akan menjadikan setiap individu memiliki moral yang baik serta dapat bertakwa kepada Allah SWT sehingga kita sebagai manusia dapat menjadi teladan di masyarakat dan bermanfaat bagi manusia lain. Hubungan kita dengan Tuhan sudah diatur sedemikian rupa oleh agama, yaitu dengan cara beribadah misalnya shalat dan mengaji.

Tetapi contoh ibadah yang menghubungkan manusia dengan Tuhannya tidak terbatas pada shalat dan mengaji saja karena banyak sekali contoh sikap atau hal yang dilakukan oleh manusia yang mengandung ibadah. Misalnya bersedekah kepada orang yang membutuhkan, menolong sesama manusia tanpa memandang agama, suku, ras, dan warna kulitnya, dan masih banyak lagi.

Intinya, agama akan menolong kita dari kesesatan hidup dan dari jalan hidup yang salah. Selama kita selalu berpegang teguh pada keimanan kita sendiri maka hidup akan terasa tenang dan damai. Hubungan manusia dengan manusia juga harus selalu kita perhatikan agar hidup senantiasa memberi kedamaian di hati kita.


#2 Sontoh Latar Belakang Proposal

Latar Belakang Proposal MakananAda banyak macam dan ragam makanan ringan dari yang kecil sampai yang besar, dan dari yang harganya murah sampai yang harganya mahal. Setiap orang yang memiliki aktivitas yang cukup padat tentunya membutuhkan makanan. Makanan yang ada di pasaran kini sudah semakin beragam, tetapi sayangnya tidak banyak yang menjual makanan tradisional atau makanan khas dari Indonesia.

Salah satu makanan ringan yang sederhana penyajiannya dan memiliki rasa yang enak dan khas Indonesia serta cocok dicemil di berbagai situasi adalah keripik singkong pedas. Pembuatan makanan yang baru dijual di pasaran ini sangat sederhana, higienis karena dibuat sendiri dan tanpa bahan pengawet apapun serta harganya cukup terjangkau sehingga akan menarik minat masyarakat.

Keripik singkong pedas yang dikombinasikan dengan rasa buah nanas ini merupakan jenis makanan tradisional yang enak, lezat, gurih dan nikmat. Keripik yang baru akan muncul di pasaran ini akan dikembangkan dan dipromosikan ke masyarakat. Sehingga usaha ini memang layak menjadi salah satu usaha kuliner lain daripada yang lain di Indonesia.

Dengan melihat potensi usaha kuliner khususnya makanan ringan, maka saya ingin membuka usaha makanan yaitu KERIPIK SINGKONG PEDAS RASA NANAS. Usaha kecil ini akan dikembangkan menjadi usaha yang lebih besar lagi agar masyarakat Indonesia tidak lupa dengan makanan tradisional tersebut yaitu singkong.


#3 contoh latar belakang skripsi

Latar Belakang Skripsi tentang PendidikanPendidikan merupakan salah satu usaha manusia dalam menumbuhkan dan mengembangkan potensi diri baik secara jasmani maupun rohani yang sesuai dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat dan budaya. Kemajuan suatu bangsa atau negara juga tidak lepas dari pendidikannya karena pendidikan memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan SDM atau sumber daya manusia.

Pendidikan juga memiliki peran yang penting dalam menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup suatu bangsa karena pendidikan dapat membentuk manusia yang cerdas, pintar dan terampil. Pendidikan juga mampu mewujudkan SDM atau sumber daya manusia yang berkualitas dan kreatif serta mampu bersaing dalam setiap tantangan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

Tujuan pendidikan yaitu membuat setiap manusia menuju perubahan tingkah laku yang lebih baik dan lebih intelektual sehingga manusia dapat menjadi sosok individu yang mandiri sekaligus sebagai makhluk sosial yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, penyelenggaraan pendidikan ini juga harus disesuaikan dengan perkembangan dan perubahan masyarakat.

Sekolah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang formal diselenggarakan oleh pemerintah untuk mewujudkan pendidikan nasional. Cara untuk mencapai tujuan tersebut dengan melalui interaksi di dalam proses belajar di sekolah, sistematik dan juga terarah menuju ke arah perubahan tingkah laku setiap anak didik yang sesuai dengan yang diharapkan.

Pelaksanaan pendidikan nasional tersebut harus menjamin peningkatan mutu pendidikan ditengah pengaruh global agar setiap warga Indonesia menjadi makhluk yang patuh terhadap Tuhan YME, memiliki akhlak yang mulia, cerdas, proaktif dan berdaya saing tinggi baik di pergaulan nasional maupun di dalam pergaulan internasional.


#4 Contoh Latar Belakang Laporan

Latar Belakang Laporan Study TourYogyakarta adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang lebih dikenal dengan nama Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Yogya sering disebut dengan kota pelajar dan kota budaya karena kota ini masih memiliki kebudayaan yang kental dan Yogya dipenuhi oleh para mahasiswa yang belajar dan menuntut ilmu yang berasal dari berbagai kota di Indonesia.

Tempat-tempat pariwisata di Yogya sangatlah mengesankan. Tak heran jika banyak sekali turis mancanegara yang mendatangi kota ini untuk tujuan berlibur di tempat-tempat eksotik di Yogyakarta. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus mencoba berkunjung ke Yogyakarta untuk mempelajari budayanya serta sejarah kota Yogya.

Untuk itu, pihak sekolah membuat kegiatan yang menunjang pendidikan yaitu dengan berwisata atau study tour ke Yogyakarta. Dengan karya wisata ini maka murid-murid SMU Bina Karya Bandung akan mendapat pengalaman dan pengetahuan tentang perjalanan dan berwisata ke Yogyakarta. Murid-murid juga dapat ikut belajar banyak hal dari kota yang dituju yaitu Yogyakarta.


#5 Contoh Latar Belakang Laporan Magang

Latar Belakang Laporan Magang Mahasiswa Jurusan Teknik SipilTujuan utama dari kuliah bukan hanya sekedar untuk mendapatkan gelar. Kuliah juga bukan hanya untuk mengumpulkan teori dari banyak ilmuan yang ada di dunia ini. Kegiatan kuliah sebenarnya untuk mendapatkan keterampilan yang sangat berguna.

Keterampilan ini nantinya bisa digunakan di tempat mahasiswa bekerja setelah lulus. Tanpa adanya keterampilan yang di dapatkan, maka bisa dikatakan jika kegiatan kuliah yang dilalui bisa sia-sia.

Untuk mendapatkan teori-teori penting, mahasiswa bisa mendapatkannya di dalam kelas dan juga perpustakaan. Namun keterampilan tidak bisa hanya didapatkan di kelas dan perpustakaan. Keterampilan harus didapatkan dari lapangan langsung.

Ini artinya, mahasiswa yang harus mendapatkan keterampilan yang sesungguhnya harus terjun langsung ke lapangan. Dengan terjun langsung ke lapangan kerja yang harusnya dirasakan, akan membuat

Salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan keterampilan kerja yang mumpuni adalah dengan pelaksanaan magang. Magang atau lebih dikenal dengan PKL (Praktik Kerja Lapangan) akan memberikan pengalaman yang sangat berguna bagi mahasiswa.

Mahasiswa bisa belajar langsung di lapangan pekerjaan yang nantinya akan menjadi pekerjaan mahasiswa setelah lulus. Apalagi bagi mahasiswa jurusan teknik sipil, kegiatan magang ini sangat penting sekali.

Melalui kegiatan magang, mahasiswa akan mampu memiliki kemampuan dan kecakapan dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Dunia kerja dengan kondisi di dalam kelas tentu sangat berbeda sekali. Di dalam kelas, mahasiswa belum merasakan tekanan kerja yang sebenarnya. Ketika berada di lapangan, mahasiswa akan mengetahui secara langsung tekanan kerja yang akan mereka dapatkan.

Dengan merasakan tekanan kerja yang sebenarnya, mahasiswa diharapkan tidak akan kaget lagi ketika nantinya harus turun langsung untuk kerja. Mahasiswa akan siap sepenuhnya untuk dilepas bekerja di sektor bidangnya masing-masing.

Sehingga mahasiswa tidak hanya akan kaya teori namun juga memiliki pengalaman untuk bekerja di tempat yang seharusnya. Kegiatan magang adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa.


#6 Contoh Latar Belakang Penelitian

Latar Belakang PenelitianPeningkatan produksi hasil pertanian menjadi hal yang sangat penting terutama di bidang pangan. Segala macam metode untuk meningkatkan hasil pertanian seperti penambahan nutrient, pembuatan media tanam baru, dan rekayasa genetik dilakukan agar produksi pangan mencukupi kebutuhan seluruh manusia.

Salah satu metode alternative untuk meningkatkan produk hasil pertanian adalah metode SRI (System of Rice Intensification). Metode ini awalnya digunakan untuk meningkatkan produksi padi, tetapi konsep dari metode ini dapat diaplikasikan untuk seluruh jenis tanaman. Dalam metode SRI, penambahan nutrien seperti pupuk digantikan dengan penambahan kompos.

Walaupun tanpa adanya penambahan nutrient, hasil produksi dapat meningkat sampai 20% – 40%(Noltze, 2012). Berdasarkan hal tersebut, penambahan kompos memberikan dampak yang nyata terhadap produktivitas tanaman.

Kompos mengandung zat organik dari sisa tanaman dan hewan. Bahan organik kompos ini akan sangat berperan, dalam rekayasa pembentukan siklus ruang dan siklus kehidupan yang sangat mendasar. Hasil rekayasa ruang yang dikehendaki adalah mendapatkan lebih banyak bentuk dan banyak ukuran yang dapat memfasilitasi terjadinya berbagai mekanisme aliran dan aneka ragam kehidupan mikro.

Sifat fisik tanah juga sangat dipengaruhi oleh kandungan bahan organik kompos yang berperan besar dalam memperbaiki sifat fisik tanah maupun peningkatan produktivitas tanaman. Bahan organik kompos dalam tanah berpengaruh untuk menahan dan mempertahankan air dalam tanah karena air terikat pada ruang bekas kapiler yang terdapat dalam bahan kompos, sehingga tanah tidak cepat kering dan dapat bertahan dalam kondisi lembab.

Proses ini akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman dan aktivitas mikroorganisme. Disamping itu, kondisi pH yang netral dapat dipertahankan karena bahan organik kompos juga menyediakan ruang yang lebih besar di bagian luar potongan kapiler sehingga air tidak menggenang dan semua ruang ini tidak tergenangkan oleh air. Selain itu juga kondisi ini dapat menahan gerakan air ke atas dan unsur mikro dari bagian bawah tanah tidak terbawa ke atas permukaan (Purwasasmita dan Sutaryat, 2011).

Penambahan nutrien pada media tanam sudah sering dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Nutrien tersebut dapat berupa nitrat, fosfat, kalium, dan mineral-mineral lainnya seperti besi, tembaga, magnesium, kalsium, dan lain-lain. Nutrien yang terkandung dalam media tanam berada dalam bentuk ion atau elektrolit.

Keberadaan senyawa lain seperti elektrolit dalam jumlah besar di dalam air akan memengaruhi densitas, viskositas, dan tegangan permukaan. Perubahan ketiga nilai tersebut akan memengaruhi nilai permeabilitas air di dalam media. Contohnya adalah penambahan NaCl sebesar 4.500 ppm menurunkan permeabilitas tanah (Quirk, 1955).


#7 Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah

Latar Belakang Karya Ilmiah: Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Limbah Yang Mencemari LingkunganLimbah adalah zat sisa yang tidak berguna lagi dan dibuang. Ada banyak sekali jenis limbah yang ada di sekitar kita. Beragam jenis limbah tersebut seperti limbah pabrik, limbah rumah sakit, limbah rumah tangga dan limbah lainnya.

Semua limbah-limbah ini dibuang karena sudah tidak ada lagi fungsinya. Jika pun ada fungsinya, biasanya masyarakat tidak bisa membuat limbah tersebut untuk dimanfaatkan.

Bentuk dari limbah juga beraneka macam. Ada limbah yang berbentuk padat, ada limbah yang berbentuk cair bahkan ada limbah yang berbentuk gas. Apapun bentuknya, limbah tetap memiliki potensi utama yaitu mengotori lingkungan.

Limbah padat dapat mengotori daratan, seperti jalanan dan pemukiman. Sedangkan limbah cair dapat mengotori kolam, sungai bahkan lautan. Limbah gas akan mencemari udara yang ada di lingkungan sekitar.

Pencemaran oleh limbah ini jelas membawa dampak yang serius bagi lingkungan. Dampak kecilnya adalah lingkungan menjadi tidak nyaman. Sedangkan dampak yang paling besar seperti penipisan lapisan ozon.

Kondisi pencemaran limbah ini terus terjadi bahkan hari ke hari selalu bertambah parah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya permasalahan yang menimpa lingkungan akibat limbah.

Ada banyak ikan mati di sungai akibat pencemaran limbah pabrik. Di sisi lain, ada banyak orang yang terkena asma atau sesak napas akibat pencemaran udara oleh limbah yang berbentuk gas.

Masih banyak lagi contoh akibat buruk pencemaran limbah ini bagi lingkungan, hewan dan manusia. Bahkan jika dengan cermat dihitung, kerugian ini terbilang sangat besar.

Untuk itu, harus ada solusi terbaik yang dibuat masyarakat untuk penanganan limbah. Sehingga, limbah apapun itu baik padat, cair dan gas, semuanya bisa diatasi. Jika masalah ini segera diatasi dan dibiarkan berlarut, maka bumi berada dalam masalah yang serius.

Apalagi penyebab utama dari limbah adalah akitivitas manusia. Jumlah manusia terus bertambah dan ini artinya pencemaran limbah akan semakin parah.

Dengan adanya solusi untuk menangani masalah limbah ini, maka diharapkan kondisi lingkungan di akan membaik. Jika lingkungan sekitar membaik, maka makhluk hidup akan diuntungkan termasuk kita sebagai manusia. Oleh sebab itu, sangat penting solusi terbaik untuk limbah di terapkan.


#8 Contoh Latar Belakang Tugas Akhir (TA)

Di zaman yang serba modern ini, perkembangan dunia usaha di Indonesia semakin kompetitif. Mau tidak mau, hal itu menuntut setiap perusahaan untuk lebih bisa mengolah manajeman perusahaannya. Selain itu, bertambahnya pesaing di setiap perusahaan baik yang lokal maupun yang internasional juga menjadi salah satu faktor yang membuat perusahaan harus mampu bertahan.Maka dari itu, perusahaan harus bisa menampilkan citra yang baik, menambah kinerja perusahaan, dan membuat strategi yang matang dalam membuat laporan keuangan. Manajemen keuangan di dalam suatu perusahaan sangat berpengaruh pada kegiatan dan eksistensi perusahaan, serta pada setiap individu yang bekerja di dalamnya.

Seorang manajer keuangan di suatu perusahaan harus menjalankan manajemen keuangan dengan baik agar perusahaan dapat menjalankan kegiatan operasionalnya dengan cara yang efektif dan efisien. Sehingga perusahaan pun dapat mengembangkan lagi setiap aktivitas dan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Selain itu seorang manajemen keuangan juga harus melakukan analisis terhadap setiap laporan keuangan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam mengatasi segala masalah keuangan dan menyelesaikan masalah dengan cepat. Selain berguna untuk perusahaan, menganalisis laporan keuangan juga sangat penting untuk pihak-pihak yang berkepentingan di suatu perusahaan.

Analisis rasio keuangan yang biasa digunakan dalam suatu perusahaan adalah analisis rasio likuiditas atau rasio modal kerja. Analisis rasio likuiditas adalah jenis rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek di suatu perusahaan.


#9 Contoh Latar Belakang Laporan PKL

Latar Belakang PrakerinPraktik Kerja Industri (Prakerin) adalah bentuk kegiatan pembelajaran akademik pada mahasiswa untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan tenaga kerja yang berkualitas. Dengan kegiatan prakerin tersebut diharapkan dapat meningatkan keterampilan, pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam memasuki dunia kerja yang sebenarnya. Maka dari itu mahasiswa dapat mempersiapkan dirinya dengan baik sebelum masuk ke dalam dunia industri atau dunia usaha.

Kegiatan prakerin ini juga digunakan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa terutama mahasiswa Sarjana Satu Pendidikan Bahasa Indonesia terkait materi yang dibahas sebelumnya. Para mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman dalam dunia industri melalui kegiatan ini. Selain iu kegiatan prakerin berfungsi sebagai penghubung dunia pendidikan dengan dunia industri sehingga kewajiban Akademiknya dapat terpenuhi serta dapat mempersiapkan mahasiswa daleam menghadapi persaingan dunia kerja dengan pengetahuan yang mereka peroleh sebelumnya.

Pada umumnya dalam dunia kerja terdapat beberapa masalah dalam tingkat yang luas sehingga penyelesaiannya memerlukan pengulangan. Mengingat dunia pendidikan dalam negeri ataupun luar negeri harus memiliki mutu pendidikan yang baik sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan begitu kehidupan mereka akan lebih baik dan dunia dapat menjadi lebih maju.


#10 Latar Belakang Makalah Sumpah Pemuda

Latar Belakang

Dalam kehidupan dahulu ini kita sering menjumpai pemuda yang berjuang demiIndonesia dengan cara bertempur dimedan perang.

Mereka rela mati demi kemerdekaan Indonesia. Kita sebagai pemuda-pemudi generasi sekarang juga harus meniru kerjakeras mereka berjuang membela bangsa Indoneisa, tak harus berperang seperti para pahlawan. Kita dapat menjadi pemuda-pemudi yang berprestasi dan mengharumkannama bangsa. Kegigihan pemuda jaman dahulu berhasil melahirkan sesuatu yangdisebut “sumpah pemuda”

Sumpah pemuda adalah sebuah ikrar dari para pemuda yang dijadikan buktiotentik bahwa pada tangga 28 oktober 1928 bangsa Indonesia dilahirkan. Oleh karenaitu sudah seharusnya segenap rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktobersebagai hari lahirnya bangsa Indonesia.

Proses kelahiran Bangsa Indonesia inimerupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawahkekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudianmendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkatharkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahunkemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.Sekarang ini banyak pemuda yang lupa akan sejarah para pemuda terdahulu.Sehingga banyak pemuda yang mudah terkontaminasi oleh hasutan orang-orang jahat.

Alhasil banyak pemuda yang memilih berdemo ketimbang membuat musyawarah antara petinggi negeri ini dengan rakyat. Selain berdemo, para pemuda juga melakukan aksitawuran yang telah merajalela dikalangan siswa SD,SMP, dan SMA. Dizaman yangmodern ini para pemuda seakan di jajah kembali namun bukan secara terang-terangannamun di jajah secara psikis.Solusi untuk mengatasi sikap pemuda ini adalah dengan memperkenalkan merekadengan sejarah dan akhlak dari kecil hingga dewasa.

Sehingga pemuda Indonesiamampu membangun negeri ini dengan kepala dingin.Melihat kejadian pemuda yang makin agresif maka akan dibahas dalam makalahini agar dapat mengetahui bagaimana sejarah pemuda membangun bangsa ini serta bentuk pengaplikasian tepat yang dilakukan dalam era modern ini. Secara jelasmengenai sejarah, arti, dan pengaplikasiannya akan dibahas pada Bab II.

Baca juga:

Demikianlah artikel yang membahas tentang 10 contoh latar belakang yang biasa digunakan pada makalah, proposal, penelitian, laporan, skripsi dan lainnya. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membuat ada mudah dalam membuat latar belakang penelitian Anda.

Jangan lupa berikan rating bintang 5 di bagian atas post ini jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.


Contoh Latar Belakang


 


Rating

Leave a Comment