Mengenal Teknologi LCD dan LED

Pengertian Liquid CrystalKristal cair atau Liquid crystals adalah jenis materi yang memiliki sifat antara cairan standar dan solid crystal atau kristal padat. Kristal cair mungkin mengalir seperti cairan, tetapi pada tingkat molekuler berorientasi dengan cara yang biasanya terjadi pada kristal padat. Molekul Liquid kristal kelihatan seperti batang dan dapat disejajarkan ketika listrik dialirkan kepada mereka.

Pengertian Liquid Crystal
 Liquid Crystal

Setiap sub-pixel atau sel panel LCD terdiri dari molekul kristal cair tergantung antara dua elektroda transparan dan dua filter polarisasi. Sumbu polaritas untuk dua filter tegak lurus satu sama lain, sehingga tanpa kristal cair di antara mereka cahaya yang melewati salah satu filter akan diblokir untuk yang berikutnya.

Sebelum arus listrik dialirkan, molekul berada dalam keadaan “santai”. Ketika tegangan dialrikan, molekul menyesuaikan diri dengan elektroda. Elektroda diatur sedemikian rupa sehingga menyebabkan kristal menyelaraskan diri dalam struktur heliks. Jenis ini disebut twisted Nematic (TN) dan merupakan salah satu jenis yang paling di TV LCD.

Twisted nematic (TN)

Twisted nematic displays mengandung unsur kristal cair yang memutar dan mengurai pada berbagai tingkat yang memungkinkan cahaya untuk lewat. Bila tidak ada tegangan dialirkan ke sel kristal cair TN, cahaya terpolarisasi melewati sel. Secara proporsional dengan tegangan yang diberikan, sel-sel LC memutar hingga 90 derajat mengubah polarisasi dan menghalangi jalan cahaya.

In-plane switching (IPS)

In-plane switching adalah sebuah teknologi LCD yang sejalan sel-sel kristal cair dalam arah horisontal. Dalam metode ini, medan listrik diterapkan melalui setiap ujung kristal, tetapi hal ini membutuhkan dua transistor untuk setiap sel, bukan transistor tunggal tetapi diperlukan transistor  film tipis standar (TFT) display. Hal ini menyebabkan blokir daerah transmisi yang lebih, yang membutuhkan cahaya terang kembali, yang biasanya mengkonsumsi daya lebih.

Advanced fringe field switching (AFFS)

Advanced fringe field switching adalah teknologi mirip dengan IPS atau S-IPS menawarkan kinerja dan warna yang unggul, selain luminositas tinggi. Cahaya melewati sebuah panel LCD filter polarisasi pertama diputar saat melewati kristal cair, yang memungkinkan untuk melewati filter polarisasi kedua.

Bila tidak ada tegangan yang diterapkan pada molekul-molekul dalam struktur heliks (TN), mereka akan terurai sehingga cahaya tidak melewati mereka dari filter pertama, ini akan menyebabkan filter polarisasi kedua untuk memblokir cahaya ini.

Pengertian Liquid Crystal Display

Penampil kristal cair atau liquid crystal display LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer meja maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi.

Pada LCD berwarna semacam monitor, terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair.

Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.

 Liquid Crystal Display
Panel LCD
panel LCD
Panel LCD Berisi Beberapa Layers. Pertama filter polarisasi diikuti oleh filter warna, lembaran TFT, kristal cair dan kemudian filter polarisasi kedua tetapi urutan ini dapat sedikit berbeda tergantung pada produsen dan jenis panel.
layer panel LCD
Seperti kita lihat, panel LCD mengandung jutaan sel (tergantung pada ukuran layar) dan tiga sel membentuk pixel. Setiap sel berwarna berwarna merah hijau atau biru. Sebuah pixel lengkap terdiri dari satu warna hijau, satu merah dan satu sel biru. Setiap sel dikendalikan oleh Transistor Film Tipis atau TFT yang menyediakan kontrol akurat dari setiap sel dan membuat gambar jadi jelas
Panel sebuah layar monitor LCD terdiri dari : mechanical frame, controller board, TCP (tape carrier package), tape automatic bonding, IC driver, backlights (lampu), polarizer, diffuser film, light guide plate dan reflector film. Panel layar LCD bertujuan untuk mengontrol gerak cahaya yang menggunakan material cair.

 

gambar rincian panel LCD

Mechanical frame

Berguna untuk menempatkan layar dan membantu mengurangi intervensi gangguan gelombang elektromagnetik

Controller Board

controller board panel LCD

Controller untuk menerima display atau tampilan tambahan dari mainboard yang kemudian mendorong transistor driver mengatur pixel dalam panel LCD harus menyala atau mati. Yang mana transistor driver yang terletak dipanel LCD tersebut dikendalikan oleh sinyal digital yang berasal dari IC driver.

Tape Carrier Package (TCP)

Tape Carrier Package (TCP)

TCP bertugas menyediakan dukungan mekanik dan listrik antara panel LCD dan driver modul untuk aplikasi pada layar.

Tape Automatic Bonding (TAB)

Tape Automatic Bonding (TAB)

Adalah sebuah teknologi interkoneksi antara substrat (dalam Layar LCD) dan IC dalam TCP.

Polarizer

adalah sebuah layar tipis yang memungkinkan cahaya lewat diantara film polarizer berisi
filter warna, kaca filter warna, cairan kristal dan kaca TFT.

Backlight

Berfungsi untuk menghasilkan sumber cahaya yang konsisten dan seragam Sumber cahaya ditemukan di bagian paling belakang layar dan berisi sekelompok CCFL tipis atau Cold Cathode Fluorescent Lamps

Cahaya dari the back light melewati diffusers untuk memastikan bahwa distribusi cahaya di layar adalah seragam. Perhatikan bahwa beberapa TV yang lebih baru menggunakan LED belakang atau sisi pencahayaan dan tidak memiliki lampu belakang besar besar dan tidak memerlukan papan inverter. Selanjutnya cahaya melewati panel LCD yang terdiri dari jutaan sel. Seperti yang dinyatakan sebelumnya sel-sel akan mengontrol aliran cahaya melalui layar untuk menciptakan warna penuh pada gambar

Diffuser film

Adalah bahan digunakan dalam pembuatan panel LCD untuk memastikan bahwa intensitas cahaya seragam dan merata

Diffuser film

Light Guide Plate (LGP)

Berfungsi mendistribusikan cahaya dari lampu backlight secara seragam keseluruh layar.

Reflector Film

Menerima cahaya dari lampu backlight mengarahkannya kembali cahaya tersebut ke LGP

Mengenal Teknologi LCD dan LED

Pengertian Liquid CrystalKristal cair atau Liquid crystals adalah jenis materi yang memiliki sifat antara cairan standar dan solid crystal atau kristal pad

Editor's Rating:
0

Leave a Comment