Logo Koperasi Indonesia Lama dan Terbaru

Logo Koperasi – Lambang Koperasi adalah salah satu lambang yang memiliki makna dan arti mendalam bagi sebuah badan yang didirikan oleh Mohammad Hatta ini. Hal ini tidak lepas dari riwayat, cerita dan makna yang menjadi latar belakang terbentuknya koperasi.
Seiring dengan perubahan ke zaman modern, roda kehidupan yang semakin kompleks, dan ada beberapa nilai yang ada di zaman dahulu dianggap sudah tidak relevan lagi terhadap kemajuan zaman. Hal ini membuat berubahnya dengan logo koperasi.

Arti Lambang Koperasi

Logo Koperasi Lama

Logo Koperasi
Lambang Koperasi Indonesia mempunyai arti sebagai berikut:
  1. Lambang rantai melambangkan persahabatan yang sangat kokoh/kuat.
  2. Lambang Gigi Roda melambangkan usaha/karya yang dilakukan terus menerus.
  3. Lambang Padi dan Kapas melambangkan kemakmuran rakyat yang berasal dari Koperasi.
  4. Lambang Timbangan melambangkan keadilan sosial yang menjadi salah satu dasar koperasi.
  5. Lambang Bintang dalam perisai melambangkan Pancasila yang menjadi landasan ideal koperasi.
  6. Lambang Pohon beringin melambangkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesia yang sangat kokoh sampai berakar.
  7. Tuliasan Koperasi Indonesia melambangkan kepribadian yang dimiliki koperasi rakyat Indonesia.
  8. Warna merah dan putih melambangkan sifat nasionalisme Indonesia.
  9. Perorangan, merupakan orang yang secara sukarela menjadi anggota koperasi.

Logo Koperasi Terbaru

Logo koperasi saat ini diubah dengan berbagai macam tujuan dan latar belakang. Di bawah ini akan saya jelaskan transisi logo koperasi dari versi lama ke versi terbaru.
Pada tahun 2012, logo koperasi yang biasa dan sudah sangat familiar kita jumpai. Lambang Koperasi yang memiliki beberapa unsur seperti pohon beringin, padi dan kapas, rantai, pita, dan gear atau gerigi saat ini diubah oleh Menteri Koperasi dari hasil kongres Tasikmalaya 1947. Dengan Peraturan menteri No. 02/Per/M.KUKM/IV/2012.
Perubahan lambang koperasi itu dimaksudkan untuk meningkatkan citra dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap koperasi. Logo koperasi yang dipilih dan ditampilkan oleh Menteri Syarif Hasan tersebut adalah lambang bunga teratai dengan warna hijau yang lebih dominan.
Namun jarak waktu 3 tahun, dikeluarkanlah Surat Keputusan bernomor SKEP/03/Dekopin-E/I/2015 yang menyatakan bahwa gerakan koperasi kembali kepada logo lama yaitu pohon beringin melalui Munas Dekopin 2014. Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) membatalkan serta menganulir penggunaan logo baru yaitu bunga teratai versi pemerintah.
Di balik kejadian perubahan logo koperasi indonesia tersebut, tersirat kebingungan gerakan koperasi untuk mendefinisikan diri. Di satu sisi, ada keinginan untuk melakukan perubahan agar sejalan dengan perubahan zaman. Namun di sisi lainnya, ada romantisme dan kerinduan sejarah koperasi yang ingin selalu dipertahankan.
lambang koperasi
Penjelasan Gambar dan Warna Logo Koperasi yang baru:
  1. Lambang Koperasi Indonesia dengan bentuk gambar bunga yang memberi kesan akan perkembangan serta kemajuan pada perkoperasian di Indonesia, mengandung makna bahwa Koperasi Indonesia wajib selalu berkembang, berwawasan, variatif, cemerlang, inovatif serta produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi terhadap keunggulan dan teknologi;
  2. Lambang Koperasi Indonesia dengan bentuk gambar empat (4) sudut pandang melambangkan arah mata angin yang memiliki maksud Koperasi Indonesia:
    – Sebagai gerakan koperasi di Indonesia yang berguna untuk menyalurkan aspirasi;
    – Sebagai dasar perekonomian nasional yang memiliki sifat kerakyatan;
    – Sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai  kemandirian, kebersamaan, keadilan serta demokrasi.
    – Selalu menuju kepada keunggulan dalam persaingan dunia/global
  3. Lambang Koperasi Indonesia dengan bentuk tulisan Teks Koperasi Indonesia memberi kesan yang dinamis modern, menyiratkan kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti perkembangan zaman yang menggambarkan pada perekonomian yang memiliki semangat tinggi. Teks Koperasi Indonesia yang berkesinambungan sejajar rapi mempunyai makna adanya ikatan yang sangat kuat, baik di dalam lingkungan internal Koperasi Indonesia maupun antara Koperasi Indonesia dengan para anggotanya;
  4. Lambang Koperasi Indonesia yang memiliki warna Pastel memberi kesan kalem serta berwibawa. Selain Koperasi Indonesia bergerak di sektor perekonomian, warna pastel melambangkan adanya sesuatu keinginan, ketabahan, kemauan serta kemajuan dan mempunyai kepribadian yang kuat akan suatu hal pada peningkatan rasa bangga dan percaya diri yang sangat tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya;
  5. Lambang Koperasi Indonesia bisa digunakan pada papan nama kantor, cap/stempel, petaka, umbul-umbul, atribut-atribut misalnya dari pin, tanda pengenal pegawai dan emblem untuk seluruh kegiatan ketatalaksanaan administratif yang dilakukan oleh Gerakan Koperasi di seluruh Indonesia;
  6. Lambang Koperasi Indonesia melambangkan falsafah hidup berkoperasi yang berisi:
  • Tulisan : Koperasi Indonesia yang adalah identitas lambang.
  • Gambar :
    4(empat) kuncup bunga yang saling bertaut dihubungkan sebuah bentuk lingkaran yang menghubungkan satu kuncup dengan kuncup-kuncup yang lainnya, melambangkan seluruh pemangku kepentingan saling bekerja sama secara terpadu serta berkoordinasi secara harmonis dalam membangun Koperasi Indonesia.
  • Tata Warna :
    – Warna hijau muda yang memiliki kode warna C:10, M;3, Y:22, K:9;
    – Warna hijau tua yang memiliki kode warna C:20, M:0, Y:30, K:25;
    – Warna merah tua yang memiliki kode warna C:5, M:56, Y:76, K:21;
    – Memiliki perbandingan skala 1:20
David Airey, seseorang brand designer dari dunia mengatakan , “A logoless company is a faceless man“. Yang kurang lebihnya dia menyatakan bahwa logo yang buruk seperti wajah seseorang yang tak enak dipandang.


Demikianlah penjelasan ringkas mengenai logo koperasi indonesia lama dan terbaru. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Sekian dan Terima Kasih.


Penelusuran yang terkait dengan Logo Koperasi

  • logo koperasi terbaru 2018
  • logo koperasi 2018
  • logo koperasi 2019
  • logo koperasi indonesia 2018
  • logo koperasi simpan pinjam
  • logo koperasi terbaru 2019
  • lambang koperasi lama dan baru
  • logo koperasi syariah

Leave a Comment