Fase Metamorfosis Kupu Kupu, Proses daur hidup serta Gambar

Metamorfosis Kupu Kupu Metamorfosis ialah suatu proses pertumbuhan yang terjadi pada hewan. Proses ini akan melibatkan perubahan pada struktur fisik dimulai dari menetas sampai dengan tumbuh dewasa. Perubahan ini akan membuat hewan menjadi sangat berbeda.

metamorfosis kupu kupu

Bahkan, organisme yang sama namun tengah berada dalam dua tahapan metamorfosis yang berbeda akan tampak seperti dua organisme yang tidak saling memiliki hubungan. Tidak semua binatang akan mengalami metamorfosis, hanya beberapa saja seperti katak, crustacea, tunicata, mollusca dan lain-lain.

Salah satu serangga yang bermetamorfosis ialah kupu-kupu. Metamorfosis kupu-kupu akan melalui empat tahapan atau fase dimulai dari fase telur, ulat, kepompong hingga kupu-kupu. Berikut penjelasannya.

Tahapan Metamorfosis Kupu Kupu

1. Fase Telur

metamorfosis kupu kupu: fase telur

Telur kupu-kupu akan bisa kita lihat di daun-daun. Warnanya putih dan berbentuk bulat kecil-kecil. Kupu-kupu tidak akan bertelur di tempat yang sembarangan, melainkan akan memilih daun yang disukai.

Tiap kupu-kupu memiliki daun favorit masing-masing dan mereka akan bertelur di daun itu. Tujuannya agar ketika telur telah meneteas, maka larvanya akan langsung mendapat makanan. Kupu-kupu juga akan meletakkan telurnya pada bagian bawah ataupun ujung daun agar terlindung dari gangguan eksternal, seperti hewan predator.

Telur-telur akan bertahan dalam waktu tiga hingga lima hari sebelum menetas. Penetasan telur ialah dengan cara adanya lubang-lubang kecil di kulit telur. Selanjutnya, proses metamorfosis kupu kupu akan berlanjut ke fase ulat.

2. Fase Ulat

metamorfosis kupu kupu: fase ulat

Ulat ialah fase di mana proses metamorfosis kupu kupu masih berupa ulat. Banyak orang yang merasa jijik melihat ulat karena bentuknya yang jauh dari kata cantik. Selain itu, ulat seringkali akan merusak tumbuhan dan dianggap sebagai hama. Saat masih menjadi ulat, mereka memang butuh banyak makanan terutama daun tumbuhan.

Pertumbuhan ulat terbilang cepat bahkan ukuran tubuh akan melebihi kulit sehingga mengharuskan mereka berganti kulit. Ulat akan berganti kulit antara empat hingga enam kali. Proses pergantian kulit ini sendiri seringkali disebut molting. Jika ukuran ulat sudah terbilang maksimal, mereka akan mulai mencari tempat berlindung. Pada saat inilah, ulat akan berubah menjadi kepompong.

3. Fase Kepompong

metamorfosis kupu kupu: fase kepompong

Setelah ulat semakin besar, mereka akan mencari tempat serta daun yang dianggap cocok guna membungkus dirinya menjadi kepompong. Kepompong akan memiliki warna cokelat hingga hijau agar dapat tersamarkan dari lingkungan sekitar. Jika diamat dari luar, kepompong akan tampak seperti tengah bertapa.

Di dalam, kepompong ini tengah dalam proses menjadi kupu-kupu. Struktur kulitnya akan keras dan halus. Lamanya pembentukan akan tergantung jenis spesies kupu-kupu tersebut. Rata-rata akan dibutuhkan waktu antara 7 hingga 20 hari. Setelah itu, proses metamorfosis kupu kupu akan beralih ke fase terakhir.

4. Fase Kupu-kupu

metamorfosis kupu kupu: fase kupu-kupu

Setelah proses pembentukan dirinya telah sempurna, ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Sayap akan terbentuk sempurna dan tubuhnya tampak begitu indah. Kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong akan memiliki sayap yang basah, kusut, kecil serta masih ditempeli cangkangnya.

Cairan yang ada di sayap kupu-kupu disebut dengan nama Hemolympah dan berguna untuk membesarkan tubuh serta sayapnya.  Agar pertumbuhannya lebih maksimal, kupu-kupu akan merangkak guna mencari nektar bunga.

Metamorfosis kupu kupu turut mengubah makanan mereka dari yang tadinya daun saat masih berupa ulat menjadi nektar bunga ketika sudah berubah sebagai kupu kupu. Nektar atau madu ini akan didapatkan dari bunga yang ada di sekitar mereka.

Pencarian terkait :

  • metamorfosis kupu kupu sempurna
  • metamorfosis kupu kupu dan katak
  • gambar metamorfosis kupu kupu kartun
  • gambar telur kupu kupu
  • kesimpulan metamorfosis kupu-kupu
  • gambar cara berkembang biak kupu kupu
  • penjelasan tentang daur hidup kupu-kupu
  • metamorfosis belalang
Fase Metamorfosis Kupu Kupu, Proses daur hidup serta Gambar

Metamorfosis Kupu Kupu - Metamorfosis ialah suatu proses pertumbuhan yang terjadi pada hewan. Proses ini akan melibatkan perubahan pada struktur fisik dimu

Editor's Rating:
5

Leave a Comment