Niat Sholat Jumat yang Benar

Niat Sholat Jumat – Sholat Jumat adalah sholat dua rakaat yang dikerjakan dalam waktu dhuhur sesudah dua khutbah didalamnya pada setiap hari Jumat yang penuh berkah.

Sholat Jumat adalah salah satu tanda syi’amya agama Islam secara keseluruhan. Agar terlihat jelas bahwasanya agama Islam adalah agama yang mengutamakan kerukunan, pergi bersama dan selalu serempak dalam agamanya.

Berpijak dari situ sehingga sholat Jumat tidak sah dilakukan dengan sendiri-sendiri. Namun sholat Jumat dilakukan secara berjamaah atau dilakukan dengan cara bersama-sama di masjid.

Sebagai pengingat untuk umat muslim, sholat Jumat dilaksanakan seminggu sekali yaitu pada waktu dhuhur di hari Jumat. Pada sholat Jumat senantiasa mendekatkan kepada-Nya dan dalam setiap langkah keseharian tidak luput dari Dzikrullah.

Setiap minggunya semua umat muslim di dunia memperoleh suguhan batin sejak jaman Rasulullah sampai hari kiamat kelak. Setidak-tidaknya demikianlah yang terkandung hikmah dalam sholat Jumat.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran surah Al Jumuah ayat 9:

یٰۤاَیُّہَا الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا نُوۡدِیَ لِلصَّلٰوۃِ مِنۡ یَّوۡمِ الۡجُمُعَۃِ فَاسۡعَوۡا اِلٰی ذِکۡرِ اللّٰہِ وَ ذَرُوا الۡبَیۡعَ ؕ ذٰلِکُمۡ خَیۡرٌ لَّکُمۡ اِنۡ کُنۡتُمۡ تَعۡلَمُوۡنَ

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, manakala kamu diserukan untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, demikianlah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al Jumuah ayat 9).

Niat Sholat Jumat

Seperti sholat-sholat lainnya, ketika umat muslim akan mengerjakan sholat Jumat juga akan diawali dengan membaca niat shalat Jumat. Semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah hati alias diucapkan dalam hati atau dengan suara lirih.

Bacaan Niat Sholat Jumat Arab

اُصَلِّيْ فَرْضَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Sholat Jumat Latin

“Ushollii fardhol jum’ati rak’ataini adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala”.

Arti dari Niat Sholat Jumat

“Aku berniat melakukan sholat wajib Jumat 2 rakaat sebagai makmum, karena Allah Taala”.

Penutup

Demikian artikel yang membahas tentang niat sholat jumat. Semoga Allah selalu memudahkan Anda yang wajib melaksanakan sholat untuk bisa selalu mengerjakan sholat Jumat, Aamin. Sekian dan terima kasih. (Ref)


Niat Sholat Jumat

Leave a Comment