Pantun Betawi

pantun betawi

Pantun Betawi – Betawi adalah sebuah suku di Indonesia khususnya penduduk kota jakarta yang terkenal dengan budaya ondel-ondelnya. Apalagi tradisi acara pernikahan, itu ada yang namanya tradisi palang pintu dan juga tanjidor.

Saat hendak memasuki rumah dari pengantin, maka tuan rumah akan menghadang dan terjadilah adu pantun. Kebiasaan orang betawi ini memang cukup menarik dan juga dijadikan sebagai tradisi yang dilakukan turun temurun dari sejak dulu.

Biasanya saat pelaksanaan tradisi palang pintu kebanyakan di dalamnya berisi pantun-pantun lucu, sindiran, dan masih banyak lagi tema-temanya.

Orang suku betawi ini dikenal sangat mahir dalam merangkai pantun. Nah berikut ini ada beberapa contoh pantun betawi yang lucu dan bisa bikin Anda ngakak, baper, dan semoga aja bisa menghibur :

Pantun Betawi Lucu

Punguh terbang diatas awan
Hampir tak terlihat oleh mata
Walau hati rindu rinduan
Rindu dihati meronta ronta

Kutu ade dikepale bang mumu
Katanye gare gare makan duku
Ku tak mau kehilanganmu
Karna kau yg selalu ada dihatiku

Kong ja’i kgak bisa bangun
Gare gare maen marawis pukulan zapin
Kate siape punya aye ga bsa bngun
Ampe lemes juge aye adepin

Belah salak pagi hari
Salaknye lg dijajar ame orang yg panjang tangan
Kate siape bang pade lari
Lantaran aye dikejar pade minta tanda tangan

Kecimanggis beli cinderamata
Kecipinang banyak yang putus asa
Cinta yang dibasuh dengan air mata
Akan tetap murni dan indah senantiasa

Kejepara beli rebana
Pas dijalan ade orang perang
Cintaku kian membara
Hanya untuk kamu seorang

Jika pergi ke jepara
Jangan lupa cinderamata
Rinduku kian membara
Hanya kamu yg ku cinta

Paling enak buah atep
Beli paku ada’a d’rawamangun
Emang abang yang cakep
Gimana mau laku punya nya gga bisa bangun

Makan pagi dikereta
Asiknya sambil bercerita
Namun yang namanya cinta
Tak pernah mengenal kasta

Jalan jalan ke kali angke
Ikan bawal ditumisin
Jimat apa yg abang pake
Siang malam cewe tangisin

Kalo naro sirsak jgn di peti
Karena bisa merusak rase
Kalo abng siap menanti
Kapan abang brani ke rumah aye

Pergi ke utan cari rotan
Jangan lupe cari ubi kayu
Emang abang seorang pejantan
Tapi sayang sedikit kemayu

Pagi ini amat sejuk
Paling enak minum kopi
Pada debur kau meliuk
Cantikmu memikat hati

Sirsak emang manis
Lantaran sirsaknye naro dipeti
Si eneng jngan menangis
Lantaran abang siap menanti

Beli sirsak diciamis
Jalannye sambil terbang
Si eneng jangan menangis
Disamping ada abang

Pantun Betawi Asli

Ajak anak petik kecapi,
Anak nya malah petik buni.
Emang enak cuaca begini ngupi,
Abis ngupi ngelonin bini.

Bengkwang naro di peti
Itu peti banyak laba-labanye
Abang emang siap menanti
Tapi ngeri ame babehnye

Malem-malem makan sekuteng,
Makanya di atas bukit.
Gue akui muka lu ganteng,
Tapi sayang otak dikit.

Makan kentang dicampur kangkung,
Kangkungnya mirip ketan.
Orang bilang gue ganteng,
Ganteng nya mirip ariel peterpan.

Banyak arus tapi banyak ikan,
Ambil saringan di atas loteng.
Abang kurus bukan kurang makan,
Tapi karna keseringan mikirin eneng.

Naik sepeda kena paku,
Minum jamu sambil baca buku.
Kalo garuda itu didadaku,
Kalo kamu di hatiku.

Celincing pagernye tembok,
Pohon ninjo dibikin balok,,
Lantaran si eneng kencing kaga cebok,
Laler ijoo pada nemplok..

Piso lepit Sarungya inten
Orang gedut bayak anak ya.
Eneng jepit abang teken
Jangan dilepas sedeng enak ya

Ke Sudin enaknya lewat Jagorawi,
Niat apel di area perkantoran.
Bang Udin ngakunya anak betawi,
Liat ondel-ondel dia gemeteran.

Ke Kota Kembang lewat tol jagorawi
Ikan patin belinya di cibubur
Eh bang Andi kayanya si ngaku orang betawi
Liatin ondel-ondel aja dia kabur

Betadin tuangin di daon sawi,
Sepatu ninja dibakal injek jalu.
Bang udin gausah lagu-laguan jadi orang betwi,
Pantunnya aja nyontek melulu.

Pete dimasak sampe mateng
Enek perut kalo makan sama ikan patin
Ente ente jangn sok kaya orang ganteng
Nenek nenek aja sampe di rebutin

Sayur pete pake kelapa,
Ban gelinding jln nya miring.
Gua kata juga apa,
Mending ente cuci piring.

Ke cilebut aja naek taksi,
Di jalan layang pintunya kebuka.
Ane salut ente kalo krja pake dasi,
Tapi sayang yang dipake dasi pramuka.

Taksi dasinya tebuka
Buah pier buah pepeya
Gak apa-apa pake dasi peramuka
Tapi kan ente jadi supier saya…

Pantun Betawi Palang Pintu

Di bawah ini adalah beberapa contoh pantung palang pintu betawi yang bisa anda jadikan referensi.

Ikan bawal ikan patin
Mancingnya disawangan
Bukan karna jimat aye tangisin
Tapi karna abng ga pnye keberanian

Jalan jalan kekali angke
Dikali ketemu buah pepaye
Jimat aye kgak pake
Tapi itu perempuan emang udah demenin aye

Kesekolah untuk mencari ilmu
Lewatin jalan yang berliku liku
Apabila cinta memanggilmu
Ikutilah walau jalan berliku liku

Belah duren dimalam hari
Belah nangka di siang hari
Si Abang banyak yang nyari
Pas ketemuan pada lari

Bangkwang naronye dipeti
Itu peti bnyak laba”nye
Abang emang siap menanti
Tapi ngeri ame aba’nye

Pantun Palang Pintu Betawi Mempelai Pria

Ikan asin ikan patin
Siape yang paling cepet
Die yang dapetin.

Ngambil buah, pake dipetik
Pohonya panjang kepengen mati
Muda mudahan aye dapet cewek cantik
Biar bisa awet ampe nanti

Ke rawa jati cari cincin batu
Itu batunye bukan sembarang batu
Kalo eneng emang siap di bantu
Abang siap nih buat ngebantu

Jalan jalan ke daerah keramat
Ada tikus kena jerat
Kalau udah nih cinta melekat
Tai tikus pun, terasa coklat

Si ani pakey mukena buat sembahyang
Mukena ditarik lagi sembahyang
Jangan Cuma perempuan aje yang kite sayang
Emak enyaknya juga ingin disayang

Gadis bukan sekedar gadis
Lantaran gadis, ini perawan
Ne gadis, kaga sadis
Kalau ente mau, lewatin dulu nih tangan

Ijo ijo nyak daun rambutan
Lebih ijo lagi rerumputan
Biar ente mau ni perawan
Maju dulu, mari di lawan

Kue puding, dari tangerang
Kedipin mate untuk cari menantu
Pasang tuh kuping terang terang
Maju dulu nih jago gue satu-persatu

Buah jambu jangan diasinin
Makanan jogja guded namenye
Sarat pertama emang elu penuhin
Tapi masih ade sarat kedue

Buah pepaya bukan sembarang pepaya
Buahnye satu minta di petikin
Aye saat ini sungguh bangga
Mantu yang begitu yang diarepin

Bintang same awan-awan
Aye itungin satu persatu
Berapaun abang ada jagoan
Aye ladenin satu persatu

Buah melon di tusuk belati
Pake motor, lurus jalannye
Banyak nih, jago yang mati
Cuma gini pukulannye

Pantun Palang Pintu Betawi Mempelai Wanita

Buah bulan roah jangan pernah dihitung
Baca rawinya pelan-pelan
Eh bang, aye malu ama bang pitung
Kalo anak betawi, kaga bisa maem pukulan

Roti buaye di sunda kelape
Di daerah betawi, sedikit arak-arakan
Biar kate nih ilmu gue kaga seberape
Nyang pentin bisa bikin usus lu berantakan

Gue punya pantun nih
Kue bolu enak rasenye
Assalamualaikum semuanye

Buah nanas, bukan sembarang nanas
Nanasnye ade bikin jantung panas
Lu kalau ngomong jangan ngegas
Gue cincang-cincang jadi nanas

Baju item celane item
Dijaitnye pake benang
Kalo emang lu jago berantem
Mari buktiin siape yang menang

Rawe yang dulunye angker
Sekarang nih, udah jadi angkringan
Lu kalo mau bawa jawara yang keker
Jangan kek gini bang, cangingan

Selendang merah batik merah
Kandang ayam gue bersihin
Eh bang, jangan bikin gue marah
Lodang idung lo bisa gue kencingin

Beli dipasar bajunya merah
Mau ke jakarte lewat gombong
Udah sih jangan marah
Kalau gue ini emang sedikit sombong

Jalan-jalan mampir di mujul
Mau ke pasar mencari gemblong
Lu sekarang mau menjual?
Kaga ragu, langsung gue borong

Ikan paus namane ipus
Ikan emas sodare ikan gabus
Banyak yang bilang badan aye kurus
Pahami bang, pelure aje kagak tembus

Peci biasanya warnanya item
Kekecilan kaga bisa aye paksain
Ane males sebenernya berantem
Tapi kalau abang yang minta, aye jabanin

Tukang tuak dagangnye malem
Maunya nongkrong kaga punya kranji
Coba lu jangan Cuma bisenye berantem
Gue pengen denger lu sekarang ngaji

Pantun Betawi Nasehat

Makan laksa jangan tertawa
Kalau tertawa nanti keselekkan
Berpuasa tanta taqwa
Shalat teraweh jangan dilupakan

Makan nasi ame bocah ingusan
Makan nye di tempat lesehan
Abis subuh nyok kite tadarusan
Jangan sampe kite ke tiduran

Sie acong lagi nambel ban
Nambel nye di pasar kenari
Kite puase emang udah kewajiban
Agar mendapat ridho ilahi

Buah buni jangan diungkep
Anak Beruk maen di Taman
Cari bini jangan yang cakep
Kalo Hatinya gak seiman

Hari minggu paling enak tamasya
Oleh-oleh nya bawa tahu bulat
Udah masuk waktu isyaaa
Nyok kita pada shalat

Layar perahu boleh tarikin
Sepatu baru boleh di beliin
Biar kata kita orang miskin
Sholat 5 waktu jangan tinggalin

Karang bolong dibikin buat film laga
Beli songkok di jatiwaringin
Walau pun jarang aye olah raga
Kalo ngrokok ma aye ude kurangin

Kelabang demennya makan undur undur
Daerah plosok di nusa kembangan
Udah bang ente cuci kaki terus tidur
Nanti besok sekolahnya ke siangan

Naek kereta jurusan tegal
Beli ruti dibelah dua
Klo cinta jangan ditinggal
Sehidup semati harus berdua.

Jalan-jalan ke rumah atun
Bawa ke mari seekor angsa
Mari kita berbalas pantun
Melestarikan budaya bangsa

Ke Cimone naek DAMRI
Beli lilin di warung Umi
Maksud ane ngenalin diri
Biar terjalin silaturahmi.

Makan permen jangan dikulum
Pegi jauh ke kalimantan
Ane permisi assalamualakum
Waktunya sholat jum’atan

Makan ikan di bawah pohon
Tatakin koran buat sawi
Kita lestarikan budaya pantun
Karna bagian dari seni budaya betawi

Halal bihalal diwaktu lebaran
Pake celana jin baju kemeja
Rejeki halal masih banyak bertebaran
Asal kita rajin dan mau bekerjaa

Tuan beristri elok nan rupanya;
Bermandi maghligai wajah nan jelita.
Ramadhan kini berada di ufuk mata;
Mari Bersama Tingkatkan Iman dan Taqwa.

Makan roti jangan berlari;
Kalaulah jatuh kita yang rugi.
Bersihkan hati sucikan diri;
Sambut Ramadhan sebentar lagi

Ke Cibubur nebeng ponakan
Terus ke Tanjung Priuk jalan-jalan
Santap sahur jangan kekenyangan
Ntar bawa’annye ngantuk pas tadarussan

Pantun Betawi Cinta

Intan beli rambutan
Rambutan dari cipinang
Mantan bukan pahlawan
Tidak perlu untuk dikenang

Makan ketan dicampur bakwan
Jaket kulit ngebungkus pakan
Mantan memang bukan pahlawan
Tapi sulit tuk di lupakan

Banyak arus tapi banyak ikan
Ambil saringan di atas loteng
Abang kurus bukan kurang makan
Tapi karna keseringan mikirin eneng

Naik sepeda kena paku
Minum jamu sambil baca buku
Kalo garuda itu didadaku
Kalo kamu di hatiku

Duduk diloteng adem hawa nya
Pohon kedondong jarang dipetikin
Kalo si eneng belum ada yg punya
Boleh dong kalo abang deketin

Duduk diloteng adem hawanya
Pepaye diambil sama orang miskin
Si eneng pan udah Ada yang punya
Aye duluan yg udah deketin

Sayur lodeh pancinya dinaekin
Sambel pete enaknya buatan nyonya
Biarin dah ente yang deketin
Ente emaknya kalo ane anaknya

Nenteng sekuteng muterin kota
Bawa sejadah kasih mantu di tanah koja
Kalo emang eneng dateng membawa cinta
Yaudah taro dulu situ di meja

Makan tape di bantar gebang
Beli sajadah dari sekarang
Yah ilah jangan nape bang
Ntar ajadah diambil orang

Ke solo naek onta lewat sebrang
Liat qosidah di rumah tukang
Kalo emang cintanya takut diambil orang
Lah pindain dah di laci blakang.

Gandeng tangan sama si Yayang
Si Yayang pergi lebaran
Kalo kita saling menyayang
Boleh donk abang bawa lamaran

Ada pintu gak pake engsel
Cuma nempel gitu ajah
Gak usah pake kesel
Kalo kangen ngaku ajah

Naek kereta jurusan tegal
Beli ruti dibelah dua
Klo cinta jangan ditinggal
Sehidup semati harus berdua.

Mangga golek warnanya surem
Ada centeng tampangnya ganteng
Mata melek kagak bisa merem
Ngguin eneng kagak dateng-dateng.

Ngelap kembang di hari minggu
Makan sekuteng minumnya panta
Maap ye bang kelamaan nunggu
Nih aye dateng membawa cinta

Pantun Betawi Kocak

Jalan jalan keliling rumah
Jangan lupa beli jamu
Demi tuhan aku bersumpah
Yang kucinta hanyalah kamu

Pergi berburu ke tengah utan
Dapetnye kijang dan rusa
Kalo abang emang pejantan
Kenape mesti pake tunggu lama

Jalan jalan keciamis
Jangan lupa kerumah zaenal
Eh eneng yg manis
Boleh kaga abang kenal

Buah sirsak buah manggis
Kalo dimkn manis rasanye
Gimane eneng ga menangis
Ngeliat abang belom ade jodohnye

Itu pohon emang mau mati
Gare gare ga disiram ame bang mumu
Aku menunggu mu sampai mati
Karenaku sangat menyayangimu

Emanye entong dlunye biduan
Gare gare ga jadi beli papan
Emang ni hati ampe kerinduan
Itu perempuan ga ada tanggepan

Video Pantun Betawi Palang Pintu

Penutup

Demikianlah artikel yang menyajikan kumpulan pantun betawi paling lengkap. semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat anda. Sekian dan Terima Kasih. (ref)


Pantun Betawi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *