UNTAN Menciptakan Pembelajaran Jarak Jauh Beradaptasi Dengan Teknologi 4.0

pembelajaran jarak jauh

UNTAN Menciptakan Pembelajaran Jarak Jauh Beradaptasi Dengan Teknologi 4.0 | Infastpedia.net – Cara belajar di era modern semakin unik, menarik, dan memudahkan. Saat ini telah diciptakan salah satu metode belajar yang sangat efektif bagi dosen maupun mahasiswa. Pembelajaran jarak jauh dapat memberikan siapa pun kemudahan atas keterbatasan waktu dalam belajar. Menembus jarak dan waktu yang terbatas dengan penggunaan teknologi dan cyber yang semakin berkembang saat ini.

The Internet of Things menjadi kunci utama bagi siapa pun untuk menciptakan ekosistem berbasis digital di bidang Pendidikan. Menjadi bagian penting bagi setiap negara untuk membangun sistem Pendidikan yang lebih up to date di era global ini. Persaingan global lebih cenderung dalam bidang teknologi yang harus diterapkan dan dibiasakan penggunaannya bagi berbagai aspek yang ada.

Apa yang Harus Disiapkan untuk Mewujudkan Pembelajaran Jarak Jauh?

1. Kesiapan infrastruktur teknologi

Belajar jarak jauh membutuhkan apa pun yang bisa menjadi pendukung bagi siswa maupun dosen. Salah satunya adalah infrastruktur teknologi yang harus memadai dan sesuai dengan kebutuhan siswa tersebut. Ketika hal ini sudah dicapai maka setiap sistem Pendidikan yang berjarak jauh akan mudah dilakukan dari berbagai infrastruktur yang mudah ditemukan dan dioperasikan dengan mudah.

Siapa pun bisa melakukan pembelajaran jarak jauh ketika Internet of Things atau internet dalam segala aspek telah dikembangkan sejalan dengan infrastruktur. Salah satu hal yang mengganjal di Indonesia adalah pemerataan internet yang sampai saat ini masih belum merata dengan baik ke pelosok negeri. Beruntung UNTAN sebagai salah satu universitas di Kalimantan Barat mampu beradaptasi.

2. Kemampuan dosen dan mahasiswa untuk membeli perangkat

Kesiapan membangun cyber university harus dilengkapi dengan hal dasar agar ekosistem digital mulai terbiasa dibuat. UNTAN contohnya sebagai kampus yang telah mencoba ragam inovasi dan pengaplikasian sistem belajar digital ini. Ketika siswa dan dosennya mampu untuk memiliki perangkat yang sesuai untuk digunakan. Demi membangun ekosistem digital seperti yang dibutuhkan.

Secara sederhana, laptop atau PC menjadi modal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa dan dosen. Tanpa adanya hal ini semua sistem pembelajaran tidak semudah yang dibayangkan di era digitalisasi ini. Meskipun saat ini smartphone sudah mampu memberikan manfaat dan mengambil alih kegunaan tersebut.

3. Basis e-learning yang sudah sesuai standar

Maraknya e-learning menjadi bagian penting bagi perkembangan teknologi di bidang Pendidikan Indonesia. Saat ini e-learning mudah ditemukan seperti platform e-book yang mudah diakses. Tentu kendala utama kembali lagi pada kesiapan setiap orang untuk memiliki jaringan internet. Hal tersebut harus dipastikan bahwa pemerataannya sudah signifikan dan dapat diandalkan.

4. Menciptakan atau menggunakan portal belajar

Keunggulan belajar jarak jauh bisa dibayangkan akan membawa perubahan penting bagi Indonesia. Membuat portal belajar yang sangat efisien menjadi tantangan tersendiri bagi cyber university seperti UNTAN. Portal ini bisa digunakan untuk melakukan pengumpulan tugas dan berbagai hal penting lainnya. Ketika semua interaksi antar dosen dan mahasiswa dapat dilakukan dengan mudah.

5. Penyelarasan atau penggunaan aplikasi belajar

Terciptanya aplikasi pembelajaran jarak jauh membuat semua orang semakin menikmati perkembangan teknologi 4.0 saat ini. Aplikasi ini memudahkan mahasiswa untuk belajar tanpa ketergantungan dengan dosen atau tenaga pengajar lainnya.

Sebagian sistem Pendidikan di Indonesia sudah mulai berbasis teknologi. Penerapan Internet of Things di bidang industry sebagai bagian dari revolusi industry menjadi awal dari sistem ini. Tanpa adanya kesiapan dan rasa biasa untuk beradaptasi dengan teknologi. Maka setiap generasi yang menjadi lulusan kampus akan kesulitan dalam menempuh dunia pekerjaan yang segalanya berbasis teknologi.

Demikianlah UNTAN Menciptakan Pembelajaran Jarak Jauh Beradaptasi Dengan Teknologi 4.0

Desainer Baju : Tips dan Tools Desain Baju untuk…

Desainer Baju – Seorang desainer pasti memiliki skill untuk membuat desain baju sendiri. Dalam pembuatan desain baju, biasanya seorang desainer bisa mendapatkan ide dan...
infastpedia
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *