Ketahuilah! Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli – Indonesia kerap disebut sebagai negara yang kaya akan budaya. Namun, jarang yang paham apa sebenarnya maksud dari budaya itu sendiri.Budaya merupakan suatu cara hidup yang diwariskan dari generasi ke generasi. Ada beragam pengertian budaya menurut para ahli yang masih ada dalam satu benang merah yang sama.

Sebelum beralih pada pengertian menurut para ahli, perlu dipahami bahwa kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddi yang artinya berakal. Bisa dikatakan, budaya adalah semua hal yang berkaitan dengan akal dan budi manusia. Sedangkan, dalam bahasa inggris budaya disebut dengan kata culture.

Secara umum, budaya adalah cara hidup yang mengatur setiap manusia agar mengerti dan memahami bagaimana manusia tersebut bisa bertindak, berlaku, berbuta, dan menentukan sikap yang berhubungan dengan orang lain sesuai akal sehat.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Pengertian budaya Menurut Beberapa Ahli

Beberapa ahli juga telah merumuskan pendapat mereka mengenai pengertian budaya sesuai dengan keadaan masyarakat. Beberapa pengertian budaya menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Pengertian budaya menurut KBBI

Dalam KBBI budaya diartikan sebagai pikiran, akal budi, atau adat-istiadat. Secara tata bahasa, budaya merujuk pada arti pola pikir manusia.

Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, budaya merupakan keseluruhan dari ide, sistem, gagasan, rasa, tindakan, juga karya yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Semua ini akan dijadikan cara belajar untuk manusia.

Pengertian budaya menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, budaya adalah segala hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat yang meliputi segala macam kebendaan, termasuk juga produk teknologi. Rasa meliputi jiwa manusia berakal yang selaras dengan nilai dan norma sosial. Sedangkan, cipt meliputi segala kemampuan kognitif dan mental untuk mengamalkan segala hal yang diketahui manusia.

Pengertian budaya menurut Kluckhohn dan Kelly

Budaya menurut Kluckhohn dan Kelly merujuk pada semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik secara eksplisit maupun implisit, rasional maupun irasional, yang ada pada suatu waktu. Budaya juga diartikan Kluckhohn dan Kelly sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia.

Pengertian budaya menurut Edward Burnett Tylor

Edward Butnerr Tylor menjelaskan dalam bukunya yang berjudul “Primitive Culture”, bahwa budaya adalah keseluruhan yang kompleks dan rumit yang di dalamnya terkandung berbagai macam ilmu pengetahuan, kepercayaan, hukum, kesenian, moral, adat-istiadat, dan kemampuan-kemampuan lainnya. Budaya juga merupakan kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh dari manusia dalam kehidupannya bermasyarakat.
Setelah memahami pengertian budaya dari para ahli, kita juga perlu tahu apa saja yang menjadi wujud budaya itu sendiri. Berikut ini beberapa wujud budaya yang penting Anda ketahui:

Ide atau gagasan

Bukan hanya berwuud benda, ide dan gagasan juga merupakan wujud dari budaya. Ide atau gagasan yang berasal dari pemikiran manusia membentuk pola pikir yang utuh dan menjadi ilmu. Artinya, manusia memiliki ekspektasi terhadap segala yang mereka lihat dan jalani dalam kehidupan.

Aktivitas

Aktivitas adalah kegiatan manusia yang terbentuk dalam sistem sosial. Kegiatan ini mengakibatkan terjadinya interaksi antar individu yang jika dijalankan terus menjadi sebuah kebiasaan.

Hasil budaya

Hasil budaya adalah karya dari aktivitas manusia, baik dalam bentuk fisik maupun abstrak. Jika, ide atau gagasan dinyatakan dalam bentuk aktivitas manusia, maka akan memberikan hasil yang dapat dilihat, didokumentasikan, dan diamati langsung.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian budaya menurut para ahli. Semoga dengan penjelasan diatas bisa menambah ilmu dan pengetahuan Anda. Sekian dan terima Kasih.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

  • pengertian budaya menurut para ahli dalam bukunya
  • pengertian budaya menurut para ahli pdf
  • jurnal pengertian budaya menurut para ahli
  • pengertian budaya menurut para ahli dalam negeri
  • pengertian budaya menurut para ahli dan daftar pustaka
  • pengertian budaya menurut storley (2003)
  • makalah pengertian budaya menurut para ahli
  • pengertian budaya secara umum

Leave a Comment