Globalisasi : Pengertian, Teori, Faktor Penyebab, dan Dampak Globalisasi

Pengertian Globalisasi adalah

Pengertian Globalisasi adalah

Apakah definisi globalisasi? Secara umum, pengertian globalisasi ialah suatu proses integrasi internasional yang dapat terjadi dan disebabkan adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk, dan berbagai aspek kebudayaan lainnya.
Kata globalisasi secara etimologi diambil dari bahasa Inggris, yaitu globalize yang mempunyai arti universal atau menyeluruh. Penambahan imbuhan “ization” pada kata Globalization artinya menjadi proses mendunia. Sehingga arti globalisasi ialah sesuatu proses (informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi) yang mendunia.
Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi Proses globalisasi, antara lain; teknologi internet, pertukaran pelajar, infrastruktur telekomunikasi dan transportasi, dan lain-lain. secara umum globalisasi berhubungan erat dengan perubahan menyeluruh pada bidang ekonomi, industri, gaya hidup, dan aspek-aspek kehidupan lainnya.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli
Supaya Anda lebih memahami apa definisi dari globalisasi, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat ahli di bawah ini:

1. Pengertian Globalisasi Menurut Anthony Giddens

Menurut Anthony Giddens, pengertian globalisasi merupakan intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.

2. Pengertian Globalisasi Menurut Laurence E. Rothernberg

Menurut Laurence E. Rothernberg, pengertian globalisasi adalah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

3. Pengertian Globalisasi Menurut Emanuel Ritcher

Menurut Emanuel Ritcher, arti globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

4. Pengertian Globalisasi Menurut Friedman

Definisi globalisasi adalah sebuah dimensi yang secara teknologi dapat menyatukan masyarakat dari segala penjuru dunia. Selanjutnya secara ideologi, dimensi ini dapat memicu timbulnya istilah “pasar bebas”. Contoh globalisasi yang mengakibatkan pasar bebas ini antara lain jual-beli barang secara online oleh masyarakat dari berbagai negara di dunia.

5. Pengertian Globalisasi Menurut L. Nyeman

L. Nyeman menjelaskan bahwa pengertian globalisasi adalah sebuah proses pertumbuhan yang berlangsung dengan cepat. Proses ini bisa terjadi karena adanya hubungan dan ketergantungan dari negara-negara yang ada di dunia, terutama dalam hal keuangan maupun perdagangan. Lalu Scholte menambahkan bawah di samping ketergantungan tersebut, setiap negara akan berusaha mempertahankan identitasnya dalam mengikuti proses yang terjadi.

6. Pengertian Globalisasi Menurut Martin Albrow

Menurut Martin Albrow, pengertian globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

7. Pengertian Globalisasi Menurut Malcom Waters

Menurut Malcom Waters, pengertian globalisasi adalah suatu proses sosial yang mengakibatkan pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terwujud di dalam kesadaran manusia.

8. Pengertian Globalisasi Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan, pengertian globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

9. Pengertian Globalisasi Menurut The American Heritage Dictionary

Globalisasi adalah tindakan dari suatu proses atau pengambilan kebijakan yang menjadikan sesuatu mendunia, baik dalam lingkupnya ataupun aplikasinya. 

10. Pengertian Globalisasi Menurut Selo Soemardjan

Menurut Selo Soemardjan, pengertian globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

11. Pengertian Globalisasi Menurut Achmad Suparman

Menurut Achmad Suparman, pengertian globalisasi adalah suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Globalisasi tentunya mempunyai sisi dampak tersendiri di dalam berbagai sektor di masyarakat. Dampak globaslisasi atau pengaruh globalisasi dapat menjadi positif ataupun negatif. Berikut merupakan dampak postif dan negatif dari globalisasi di berbagai bidang :

a. Dampak Positif Globalisasi

Dampak positif yang di akibatkan oleh globalisasi antara lain:
  1. Kemudahan dalam mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan
  2. Meningkatnya Kehidupan sosial ekonomi
  3. Memudahkan urusan manusia dari kemajuan dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi dan informasi.

b. Dampak Negatif Globalisasi

Selain dampak positif, ada juga dampak negatif yang di akibatkan oleh globalisasi antara lain:
  • Dengan mudahnya budaya barat masuk dan mempengaruhi nilai-nilai budaya lokal.
  • Lunturnya nilai-nilai kebudayaan lokal misalnya gotong royong dan lain sebagainya.
  • Rusaknya lingkungan di muka bumi dan polusi udara meningkat
  • Semakin marak penyelundupan barang-barang ilegal maupun barang terlarang.
Selain dampak – dampak diatas globalisasi juga berdampak pada berbagai bidang, baik itu bidang politik, ekonomi, pendidikan dan lain lain.

1. Dampak Globalisasi Dalam Bidang Politik

Dengan adanya globalisasi yang terjadi di dunia ini, mengakibatkan pemikiran dan pandangan politik berbagai Negara di dunia pun menjadi lebih terbuka untuk bisa memperoleh sistem ketatanegaraan yang lebih baik dari sebelumnya. Hal ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dalam masyarakat.
Dengan sistem tata Negara saat ini yang lebih baik maka dampaknya adalah instansi Negara pun berubah menjadi lebih baik. Contohnya saja di Negara Indonesia yang dulunya tidak mengenal instansi DPD dan MK , Maka dengan adanya globalisasi sekarang ini telah terdapat dua instansi tersebut.
Kemudian dengan adanya globalisasi ini maka kesadaran masyarakat tentang pentingnya politik menjadi semakin terbuka lebar dan partai politik pun makin hari makin bermunculan dan bertambah.
Namun ada dampak negatif juga dari globalisasi dalam bidang politik ini. Dampak negatif tersebut ialah mulai munculnya rasa haus akan kekuasaan politik serta munculnya kebiasaan money politic atau politik uang yang tentunya menjadikan dunia di politik menjadi kotor dan penuh ketidakjujuran.

2. Dampak Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Dengan adanya globalisasi ini maka pemenuhan barang dan atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat menjadi lebih mudah. Alasannya karena berbagai barang dan atau jasa dapat dengan mudah di impor ke dalam negeri dari luar negeri. Sektor – sektor ekonomi kecil pun semakin berkembang dan dapat memiliki potensi untuk menjangkau pasar luar negeri.
Bukan menjadi hal yang sulit lagi pada masa ini untuk memperoleh informasi, kabar dan berita dari tempat yang memliki jarak ribuan kilometer dari tempat kita berada dalam waktu yang sama. Semuanya seolah-olah dengan mudahnya kita ketahui tanpa perlu melakukan usaha yang berat.
Tidak seperti di jaman dulu, kabar di belahan dunia lain yang telah terjadi sebulan yang lalu, kemudian kita mengetahuinya baru di hari ini. Adanya Globalisasi ini tentunya juga didukung dengan adanya teknologi yang semakin hari semakin berkembang dan dapat memudahkan kehidupan manusia. Di era Globalisasi sekarang ini semua yang kita lakukan menjadi lebih efektif dan efisien.
Tetapi disisi lain globalisasi juga mempunyai dampak, entah efek yang positif dan juga efek negatif dalam berbagai bidang. 

Ciri Ciri Globalisasi

Globalisasi tentunya memilik beberapa ciri, antara lain:

1. Perubahan Dalam Konsep Jarak Ruang dan Waktu

Dengan dukungan teknologi saat ini berupa smartphone, televisi, dan internet sebagai media komunikasi dapat dilakukan secara cepat. informasi – informasi dari belahan dunia satu bisa langsung diketahui oleh seseorang dibelahan dunia lainnya.
Kemajuan dalam bidang transportasi saat ini juga membuat jarak ratusan atau ribuan kilometer bisa ditempuh dengan memerlukan waktu beberapa jam atau hari saja,tidak seperti zaman dahulu yang harus ditepuh berhari-hari  bahkan berbulan-bulan.

2. Adanya Saling Ketergantungan Dalam Bidang Ekonomi dan Perdagangan

Ketergantungan ini disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional dan juga dominasi organisasi semacam WTO (world trade Organization) yang menaungi perdagangan dunia dan lain sebagainya.

3. Adanya Peningkatan Interkasi Kultural

Melalui media televisi dan media lainnya manusia bisa sengan mudah mendapat pengetahuan baru dan lebih mengenal keanekaragaman yang ada di dunia luar

4. Meningkatnya Masalah Bersama

Di era globalisasi sekarang ini, masalah yang biasanya timbul dalam suatu negara bisa menjadi masalah yang menjadi perhatian bersama atau dunia internasional, misalnya mengenai masalah Hak Asasi Manusia, lingkungan hidup, kejahatan perang yang terjadi di suatu negara.

Teori Globalisasi

Beberapa ahli menjelaskan pendapat dan teorinya tentang terjadinya globalisasi. Tokoh-tokoh terkenal yang mengemukakan teori globalisasi Diantara misalnya Cochrane dan Pain. Mereka yang menyatakan bahwa globalisasi itu dipengaruhi oleh tiga pelaku utama, yakni;

  • Para Globalis, yakni mereka yang percaya bahwa globalisasi adalah suatu kenyataan yang mengandung konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan.
  • Para Tradisionalis, yaitu mereka yang tidak percaya bahwa globalisasi sedang terjadi dan menganggapnya sebagai mitos atau sesuatu yang dilebih-lebihkan.
  • Para Transformalis, yaitu mereka yang berada di tengah-tengah para globalis dan tradisionalis. Mereka percaya bahwa globalisasi tengah berlangsung, namun menganggap pengaruh globalisasi terlalu dibesar-besarkan oleh para globalis.

Selain itu, seorang ahli yang bernama George Ritzer juga mengemukakan pendapat dan teorinya tentang globalisasi. Menurut George Ritzer, era globalisasia ada dengan ditandai adanya inovasi di bidang komunikasi. Salah satu contohnya ialah ditemukannya media informasi dan komunikasi berupa televisi dan telepon yang pada akhirnya membuat masyarakat global menjadi sadar akan hal tersebut.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian globalisasi, beberapa dampak positif dan negatif globalisasi, faktor penyebab globalisasi yang dapat diketahui. Mudah-mudah di zaman globaliasi ini bisa memberikan dampak positif bagi kita semua. Semoga informasi diatas bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan keilmuan Anda. Sekian dan Terima Kasih.

Leave a Comment