Pengertian Qada dan Qadar, Beserta Dalil dan Contohnya

Pengertian Qada dan Qadar Bagi orang muslim pengertian qada dan qadar wajib diketahui. Sebab, qada dan juga qadar erat kaitannya dengan takdir yang Allah tetapkan untuk hamba-Nya. Manusia diciptakan oleh Allah SWT dalam keadaan yang berbeda satu sama lain dan ini bukanlah sesuatu hal yang bisa dikuasai oleh manusia. Misalnya, ada laki-laki dan perempuan di dunia ini, ada yang rambutnya lurus, ada pula yang keriting, ada yang berkulit putih, ada juga yang berkulit hitam, dan sebagainya. Semua ini merupakan hak kuasa Allah dan bukan merupakan kuasa manusia.

Pengertian Qada dan Qadar

Pengertian Qada dan Qadar, serta Dalilnya

Menurut bahasa, Qada memiliki arti hukum, ketetapan, perintah, pemberitahuan, kehendak dan penciptaan. Sedangkan menurut istilah, qada adalah segala ketentuan dan ketetapan Allah sejak zaman azali tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk-Nya, meliputi hal baik dan buruk, hidup dan mati, dan lainnya.
Qadar menurut bahasa artinya kepastian, peraturan, dan ukuran. Sedangkan menurut istilah, qadar adalah perwujudan ketetapan terhadap segala sesuatu yang berkenaan dengan makhluk Allah sejak zaman azali. Qadar juga bisa disebut sebagai takdir Allah SWT yang berlaku bagi semua makhluk hidup ciptaan-Nya. Jadi, pengertian qada dan qadar memang harus diresapi dan dipahami untuk pedoman kehidupan sehari-hari.
Dalam Islam, qada dan qadar merupakan rukun Iman yang keenam dan harus diyakini oleh setiap umat muslim di muka bumi ini. Iman kepada qada dan qadar berarti Anda sebagai manusia percaya dan yakin sepenuhnya pada seluruh ketentuan yang telah Allah tetapkan. Iman pada qada dan qadar disebut juga dalam dalil-dalil berikut:
  1. QS. Ar-Ra’d ayat 11 yang artinya, “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya, Allah tidak mengubah keadaan suatu kaun, jika mereka tidak mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka taka da yang dapat menolaknya; dan sekali-kali taka da pelindung bagi mereka selain Dia.
  2. QS. Ar-Ra’d ayat 3 yang artinya, “Dan yang menentukan kadar (masing-masing) dna memberi petunjuk

Contoh Qada dan Qadar

Untuk lebih memahami pengertian dari qada dan qadar, ada satu contoh yang bisa menggambarkan. Misalnya, saat kelas 7 SMP, Tini adalah murid yang tidak memiliki prestasi apapun. Namun, kaerna ketekunan dan usahanya, dia bisa mengejar teman-temannya. Sehingga, saat ujian berakhir Tini menjadi murid terbaik. Ini berarti, Tini berubah untuk megubah kehidupannya menjadi lebih baik lagi, sesuai dengan dalil QS. Ar-Ra’d ayat 11.
Contoh lainnya, Subagio kini usianya 22 tahun, kini dia duduk di bangku kuliah. Namun, saat menginjak usia 25 tahun Subagio sakit keras. Berbagai pengobatan sudah Subagio jalankan demi mengobati penyaktinya. Namun, akhirnya Subagio meninggal di usia 27 tahun.
Contoh lainnya yang bisa menggambarkan perihal qada dan qadar adalah sebagai berikut:
  • Matahri terbit pada siang hari dan bulan-bintang muncul pada malam hari
  • Kematian makhluk hidup
  • Kelahiran makhluk hidup dan menentukan jenis kelaminnya
  • Orang bodoh yang bisa menjadi pandai karena berusaha dengan belajar dan berdoa tiada henti pada Allah
  • Orang miskin yang usaha, ikhtiar, disertai doa , sehingga bisa menjadi orang kaya
Masih banyak lagi contohnya yang lain yang membuat manusia yakin akan segala ketetapan Allah.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai Pengertian Qada dan Qadar, Beserta Dalil dan Contohnya semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Sekian dan Terima kasih.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Qada dan Qadar

  • pengertian qada dan qadar dan contohnya
  • pengertian qada dan qadar brainly
  • contoh qada dan qadar
  • perbedaan qada dan qadar
  • macam macam qada dan qadar
  • dalil tentang qada dan qadar
  • kewajiban beriman kepada qada dan qadar
  • 20 contoh qada dan qadar

Leave a Comment