Pengertian dan Fungsi Susunan Acara [Lengkap]

susunan acara – Bagi Anda yang sudah pernah menghadiri suatu pesta sepeti pernikahan, upacara, ulang tahun bahkan pada acara perpisahan, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya susunan acara atau rundown acara.

Pengertian Susunan Acara

Susunan acara adalah salah satu susunan atau tahapan-tahapan yang ada di suatu acara yang mana susunan tersebut ditentukan oleh waktu.

Susunan Acara [Pengertian dan Fungsinya]

Rundown acara sangatlah penting untuk dibuat karena bisa menngetahui kapan waktu dimulai dan akhir dari suatu acara. Selain itu, rundown acara juga memiliki fungsi untuk membatasi durasi pada setiap acara sehingga suatu acara bisa lebih terstruktur dan tepat waktu. Ada banyak sekali fungsi rundown acara yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari susunan acara yang perlu Anda ketahui.

Fungsi Rundown Acara (Susunan Acara)

Rundown acara adalah salah satu hal yang sangat penting disetiap acara. Hal ini dikarenakan rundown acara memiliki beberapa fungsi yang nantinya akan mempermudah para undangan dalam mengikuti acara tersebut. Berikut ini adalah fungsi dari rundown acara di setiap hajatan.

– Acara Lebih Tersusun Rapi

Fungsi pertama dari adanya rundown acara yaitu membuat acara menjadi tersusun lebih rapi dan teratur. Hal ini disebabkan karena acara sudah diatur pada jam dan waktu tertentu. Selain itu, acara sudah terjadwal sesuai dengan durasi. Sehingga acara bisa dimulai dan diselesaikan tepat waktu.

– Acara Lebih Sistematis

Selain acara bisa tersusun secara rapi, adanya susunan acara juga bisa membuat acara lebih sistematis. Sehingga dalam pengisian acara tersebut sudah diberikan durasi waktu. Dengan adanya durasi waktu memungkinkan semua acara bisa disajikan dengan lancar dan tidak bertele-tele. Misalnya saja pada susunan acara ulah tahun terdapat acara sambutan yang sedang berulang tahun. Sambutan bisa diberikan waktu 5 menit hingga 10 menit sesuai dengan persiapan dari yang memiliki hajatan tersebut.

– Mengurangi Kesalahan Koordinasi

Fungsi lainnya dari rundown acara yaitu digunakan untuk mengurangi resiko kesalahan akibat kurangnya koordinasi. Dalam suatu acara tentu terdapat beberapa kru atau staff yang memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk mengawasi jalannya suatu acara. Misalnya saja pada acara-acara formal yaitu pada acara lamaran dan pernikahan. Susunan acara pernikahan dan susunan acara lamaran tentu harus disusun sesuai dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi sambutan atau melakukan setiap prosesi lamaran dan pernikahan.

Tak hanya itu saja, dengan adanya susunan acara pada hajatan, bisa memudahkan Anda saat mengkoordinir seluruh staff. Kerjasama yang baik akan membuat hajatan atau acara menjadi lebih terkontrol dan bisa berjalan sesuai dengan rencana. Para penanggung jawab dan seluruh staff bisa secara mudah berkomunikasi sepanjang acara. Dengan komunikasi dan kordinasi yang baik seluruh tim, acara akan berjalan dengan lancar dan kesulitan atau masalah bisa langsung ditangani dengan cepat.

– Sebagai Bahan Evaluasi

Fungsi dari rundown acara yang lainnya yaitu digunakan sebagai salah satu bahan untuk evaluasi. Misalnya saja, Anda merupakan salah satu tim EO atau event organizer yang menyediakan layanan untuk acara-acara ulang tahun. Susunan acara ulang tahun yang sudah Anda pimpin atau sudah Anda pandu bisa dikaji kekurangan dan mengevaluasi jalannya acara.

Evaluasi sangatlah penting supaya Anda bisa meningkatkan kualitas dari event organizer yang Anda miliki. Selain itu, evaluasi juga bisa sharing mengenai permasalahan dan solusi mengatasi masalah tersebu. Sehingga susunan acara sangatlah penting bagi semua orang.

Bagi Anda yang mencari tahu mengenai cara menyusun suatu acara seperti pernikahan, lamaran dan sejenisnya, Anda bisa mencari contoh susunan acara di beberapa situs di internet atau bisa juga di blog ini.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai susunan acara. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. Saya kira cukup sampai disini, kita sambung di artikel berikutnya. Sekian dan Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • contoh susunan acara singkat
  • susunan acara seminar
  • tata cara pembuatan susunan acara
  • contoh susunan acara rapat
  • contoh susunan acara sosialisasi
  • contoh susunan acara resmi kantor
  • susunan acara seminar kesehatan
  • contoh salam pembuka dan susunan acara
Pengertian dan Fungsi Susunan Acara [Lengkap]

susunan acara - Bagi Anda yang sudah pernah menghadiri suatu pesta sepeti pernikahan, upacara, ulang tahun bahkan pada acara perpisahan, Anda tentu sudah t

Editor's Rating:
5

1 thought on “Pengertian dan Fungsi Susunan Acara [Lengkap]”

Leave a Comment