Penyebab dan Cara Ampuh Memperbaiki Warna TV Dominan Hijau

Penyebab dan Cara Ampuh Memperbaiki Warna TV Dominan Hijau

Penyebab Warna TV Dominan Hijau

Kerusakan warna pada TV dengan dominan warna hijau sangat sering terjadi. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan  ada masalah pada bagian – bagian televisi yang terkait dengan warna, sehingga televisi bisa mengalami kerusakan seperti ini.
Dalam postingan yang lalu, saya sudah menjelaskan terkait dengan cara memperbaiki TV warna merah. Cara memperbaiki TV dengan kerusakan warna merah tidak jauh berbeda dengan kerusakan dominan hijau.
Nah, untuk dapat memperbaiki TV dengan kerusakan seperti dominan hijau ini ada beberapa bagian yang menjadi sasaran.  Anda harus bisa mencari penyebab kerusakan ini terjadi, yaitu pada bagian mesin rgb, ic croma, dan tabung televisi.

Baca Juga: Cara Memperbaiki TV Rusak Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Cara Memperbaiki Kerusakan Warna Televisi Dominan Hijau

Adapun langkah-langkah yang mungkin sebaiknya Anda lakukan adalah dengan cara:
  1. Melakukan penyolderan ulang komponen – komponen pada bagian mesin rgb, ic croma. 
  2. Kemudian setelah itu Anda bisa melanjutkan dengan melakukan pengukuran pada masing-masing katoda 
  3. Selanjutnya mengukur komponen satu persatu pada bagian ini.
  4. Silahkan lakukan penyolderan ulang pada bagian rgb dan ic croma.
    Langkah ini sebaiknya Anda lakukan terlebih dahulu karena solderan yang tidak bagus alias jelek bisa menyebabkan TV dengan mudah mengalami kerusakan seperti ini. Teman saya pernah memperbaiki TV dengan kerusakan persis seperti ini dan setelah selesai  teman saya melakukan solder ulang bagian rgb alhamdulillah TV sudah bisa hidup normal kembali.
  5. Ukur tegangan pada masing-masing katoda R,G,B
    Jika setelah Anda melakukan penyolderan ulang pada bagian mesin rgb dan ic croma dan televisi belum bisa hidup normal kembali, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah ukur tegangan pada masing-masing katoda R, G, B.
    Oke lanjut. Saat Anda melakukan pengukuran tegangan. Jika ada tegangan pada katoda tersebut yang tidak normal bahkan sangat kurang dari tegangan normalnya sekitar 125 v misalnya hanya 50 v maka anda bisa melanjutkan langkah berikutnya. 
  6. Langkah selanjutnya Silahkan Anda ukur satu persatu komponen bagian mesin RGB khususnya pada komponen resistor yang satu jalur dengan katoda yang tidak normal tegangannya tersebut.Sangat sering terjadi pada komponen ini rusak yang bisa mengakibatkan TV rusak dengan warna dominan hijau seperti ini.
  7. Lakukan pengukuran tegangan pada bagian ic croma 
    Jika langkah-langkah 1-6 yang disebutkan di atas sudah Anda lakukan, tetapi belum juga ada perubahan pada TV tersebut atau warnanya belum kembali normal maka selanjutnya Anda ukur tegangan di kaki atau pin ic croma.
Tegangan normal pada komponen ic croma sekitar 4 vdc dimana tegangan ini akan diberikan pada transistor penguat yang ada di mesin RGB. Jika tidak ada tegangan pada komponen pin ic croma tersebut, biasanya pin ic croma sudah dalam kondisi tidak bagus atau bahkan rusak.
Tetapi, jika ada tegangannya, maka selanjutnya coba Anda ukur tegangan dari ic croma tersebut apakah sudah sampai di kaki basis transistor penguat. Apabila belum maka sangat mungkin inilah yang menjadi penyebab rusaknya televisi Anda.
Silahkan Anda ukur komponen disekitar ic croma dan juga Anda ukur komponen transistor penguat yang ada di mesin rgb. Sanga sering juga transistor penguat ini rusak yang bisa mengakibat TV rusak seperti ini.
Apabila semua langkah-langkah di atas telah Anda lakukan tetapi TV tetap tidak normol berarti tabung TV tersebut sudah bisa dipastikan rusak. Tenang saja, bisa diperbaiki dengan alat tembak tabung. Alat tembak tabung TV ini dapat Anda pesan di toko elektronik terdekat Anda.
Mungkin cukup sampai disini dulu artikel yang terkait tentang Penyebab dan Cara Ampuh Memperbaiki Warna TV Dominan Hijau. Semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda semua. Sekian dan Terima Kasih.

Leave a Comment