Permainan Tradisional: Contoh dan Cara Bermainnya


Mengenal Jenis-Jenis Permainan Tradisional Indonesia

Indonesia terdiri atas banyak suku dan kebudayaan. Negara kepulauan ini memiliki puluhan provinsi yang di dalamnya terdapat adat istiadat dan nilai budaya yang berbeda. Nilai budaya ini salah satunya terlihat dari adanya berbagai jenis permainan tradisional Indonesia.
Permainan-permainan tradisional ini umumnya sudah dimainkan oleh anak-anak di berbagai daerah sejak zaman dahulu kala. Beberapa dari permainan tradisional masih dimainkan hingga kini meskipun dengan adanya sedikit perubahan di sana-sini. Tapi sebagian lagi ada yang sudah banyak dilupakan oleh masyarakat dan tidak lagi dimainkan oleh anak-anak.

 

Contoh Permainan Tradisional Indonesia yang Masih Dimainkan Hingga Kini

Berbagai permainan tradisional masih cukup populer hingga sekarang dan masih pula dimainkan oleh anak-anak khususnya di daerah pedesaan. Berikut ini beberapa contoh permainan tradisional yang populer di tanah air:

 

1. Permainan Tradisional Petak Umpet

permainan tradisional peta umpet
https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id
Nampaknya hampir semua anak tahu dan pernah memainkan permainan yang satu ini. Permainan ini punya nama-nama daerah yang berbeda di setiap tempatnya. Inti dari permainan tradisional ini adalah adanya seorang anak yang bertugas sebagai penjaga dan harus mencari pemain lain yang akan bersembunyi di sekitar lokasi permainan. Permainan sederhana ini akan terasa sangat seru jika dimainkan bersama-sama. Permaian petak umpet ini biasa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan.

 

2. Permainan Tradisional Gundu atau kelereng

Permainan Tradisional Gundu atau kelereng
https://www.idntimes.com
Beralih ke permainan selanjutnya, kelereng atau biasa disebut juga sebagai gundu ini umumnya dimainkan oleh anak laki-laki. Para bocah lelaki biasanya gemar mengoleksi aneka jenis kelereng yang cantik untuk kemudian dimainkan bersama dengan kawan. Pada permainan ini tiap-tiap pemain diharuskan menyentil kelereng untuk mengalahkan lawan main lainnya.

 

3. Permainan Tradisional Lompat tali

Permainan Tradisional Lompat tali
jatim.tribunnews.com
Kalau permainan yang satu ini banyak dimainkan dan disukai oleh anak-anak perempuan. Permainan ini dilakukan menggunakan seutas tali yang terbuat dari anyaman karet gelang.Bagian kedua ujung tali dipegang oleh 2 orang penjaga kemudian pemain akan melompati tali dengan ketinggian yang akan dinaikkan terus menerus.

 

4. Permainan Tradisional Congklak

Permainan Tradisional Congklak
Permainan congklak atau ada pula yang menyebutnya sebagai dakon ini merupakan permainan yang dimainkan oleh 2 orang. Permainan ini membutuhkan peralatan berupa papan serta biji congklak. Papan congklak ini memiliki 16 buah lubang yang nantinya digunakan sebagai tempat menyimpan biji congklak. Cara bermainmya adalah dengan mengambil biji congklak dan mengisinya ke seluruh lubang di papan congklak secara berurutan. Pemenang dari permainan ini ditentukan dengan menghitung berapa banyak biji congklak yang dimiliki oleh pemain di – masing-masing sisinya.

 

5. Permainan Tradisional Ular Naga Panjang

Permainan Tradisional Ular Naga Panjang
Anak-anak kecil zaman dahulu tentunya kenal dengan lagu permaianan ular naga panjang ini. Permainan ini biasa dilakuakn beramai-ramai dengan 2 orang bertindak sebagai penjaga. Pemain akan berdiri berurutan seperti membentuk ular yang panjang. Ular ini kemudian akan berjalan melalui terowongan yang dibuat oleh 2 orang yang saling berpegangan tangan. Kedua orang yang berjaga ini akan mencoba untuk menangkap salah satu dari orang yang ada di barisan ular tersebut. Siapa yang tertangkap oleh penjaga maka harus keluar dari barisan dan tidak bisa bergabung lagi dengan mereka yang masih tersisa.
Berikut ini merupakan video dari permainan tradisional ular naga panjang yang bisa mengingatkan betapa serunya permainan kita zaman dahulu.

6. Permainan Tradisional Bola Bekel

Permainan Tradisional Bola Bekel
Memainkan permainan tradisional ini memang sangat seru dan menyenangkan. Jenis-jenis permainan tradisional ini melatik fisik anak dengan selalu bergerak aktif. Anak-anak pun dilatih untuk bisa bersosialisasi dengan berbagai kawan melalui permainan. Berbagai jenis permainan anak tadi sangat perlu untuk dilestarikan supaya bisa terus dimainkan hingga anak cucu nanti.Pencarian tradisional:

  • permainan tradisional dan daerah asalnya
  • gambar permainan tradisional
  • artikel tentang permainan tradisional
  • permainan tradisional dari 34 provinsi
  • permainan tradisional tanpa alat
  • contoh permainan tradisional yang mendidik
  • 5 permainan tradisional
  • manfaat permainan tradisional

Rating

Leave a Comment