Pidato Perpisahan Sekolah

Pidato Perpisahan Sekolah – Pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan umum atau bisa juga disebut orasi dengan tujuan menyatakan pendapat dan memberikan gambaran tentang suatu hal. Ada pidato perpisahan sekolah sd, smp, sma dan smk.

Pidato ini bisa dilakukan oleh siapa saja, namun biasanya dibawakan oleh seseorang yang cukup penting untuk memberikan orasi-orasi pada suatu acara tertentu. Misalnya, Kepala Desa, Kepala Sekolah, Camat, Bupati, Gubernur, Presiden dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini kita akan mengulas lengkap mengenai contoh pidato perpisahan sekolah baik dan benar yang bisa kamu jadikan referensi.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6

Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh

Yang kami hormati,
Bapak Kepala Sekolah Bapak H. Jajang SDN 01 Bandung
Para guru SDN 01 Bandung
Bapak/Ibu wali murid sekalian
Dan teman-teman kami

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya bagi kita semua. Hari ini kita berkumpul bersama untuk merayakan sebuah perpisahan yang indah. Pertama-tama kami ucapkan terima kasih untuk para guru yang telah membimbing, mendidik dan mengajari kami ilmu pengetahuan selama 6 tahun ini. semoga Allah senantiasa membalas jasa-jasa kalian.

Pada kesempatan ini kami memohon maaf atas segala kesalahan yang telah kami lakukan selama ini, atas tingkah laku kami yang mungkin membuat Bapak/Ibu guru kesal atau marah. Kami berharap Bapak/Ibu guru selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Untuk adik-adik kami yang masih meneruskan pendidikan di SDN 01, kami kakak-kakakmu hanya ingin berpesan teruslah menuntut ilmu, belajar yang rajin, dan hormatilah selalu Bapak/Ibu guru di sekolah ini. patuhlah pada nasihat-nasihat baik mereka.

Dan yang terakhir, teruntuk Orang Tua kami tercinta terima kasih banyak atas kasih sayangnya pada kami, terima kasih sudah bersedia menyekolahkan kami di SDN 01 Bandung dan terima kasih atas didikan kalian.

Demikian saya akhiri pidato perpisahan ini, Wassalamu’alaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarakatuh

Marilah pertama-tama mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT yang mana sudah melimpahkan rahmat, nikmat, dan hidayah kepada kita semua yang hadir di tempat ini. Segala rahmat, nikmat, dan hidayah yang telah diberikan kepada kita semua sangat banyak dan tidak dapat diukur.

Shalawat dan salam juga kita ucapkan kepada junjung Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri tauladan bagi seluruh umat Islam. Berkat tauladan Nabi Muhammad SAW, seluruh umat Islam dapat mencontohkan perbuatan tanggung jawab dan juga kebaikan selayaknya khalifah di muka bumi yang sesungguhnya.

Kepada yang kami hormati:

  • Bapak kepala sekolah SD Muhammadiyah Sapen beserta dengan jajarab seluruh guru di SD Muhammadiyah Sapen.
  • Bapak. Ibu wali murid yang hadir
  • Serta teman-teman semuanya

Saya berdiri di depan untuk menyampaikan kata-kata, pesan, dan juga kesan selama sudah menempuh pendidikan selama enam tahun. Ini bukanlah masa yang singkat dan kami akan selalu mengingat jasa-jasa para guru sekalian.

Berkat jasa dan juga kesabaran kalian, kami bisa memahami cara untuk membaca, berhitung, dan mengetahui tentang berbagai macam ilmu lainnya. Berkat jasamu ini, kami mampu untuk bisa lebih menghadapi dunia di kemudian harinya.

Dengan ilmu yang telah dibekali ini membuat hidup kami sebagai generasi muda penerus bangsa menjadi lebih berarti. Semoga amal kebaikan dan ibadah Bapak dan Ibu guru sekalian diterima oleh Allah SWT dan dicatat di sisi-Nya.

Pada kesempatan kali ini, saya juga menjadi perwakilan atas murid-murid lainnya untuk mengucapkan permohonan maaf. Apabila selama ini ada perbuatan kami yang tidak berkenan di hati kalian. Kami tidak bermaksud untuk menyakiti perasaan kalian. Kami harap Bapak dan Ibu guru sudi untuk menerima permintaan maaf kami.

Selain itu, kami sebagai senior kelas dari adik-adik sekalian ingin mengucapkan, “belajarlah yang giat dan berusahalah sekuat tenaga untuk mengusir rasa bosan dalam menimba ilmu”. Semua ilmu yang kalian pelajari hari ini akan bermanfaat bagi kehidupan adik-adik di masa depan. Hanya saja mungkin sekarang belum terasa, tetapi suatu saat pasti akan berguna.

Cukup sampai disini dan saya akhiri. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 9

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat kepala sekolah SMPN 5 Yogyakarta
Kepada yang terhormat Bapak dan Ibu guru SMPN 5Yogyakarta dan seluruh staff yang bekerja
Serta seluruh teman-teman yang saya cintai

Pertama marilah kita ucapkan Puji syukur kepada kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan rahmat dan nikmat kepada kitia selama ini, baik berupa kesehatan dan hal-hal lainnya. Bahkan kita dapat berkumpul di aula ini juga merupakan suatu rahmat, sehingga kami siswa-siswi SMPN 5 dapat mengucapkan terima kasih dan juga permohonan maaf bila ada kesalahan.

Selain itu, marilah kita bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW berserta seluruh keluarga dan juga sahabat. Semoga suatu hari nanti kita dapat bertemu kembali dengannya di surga. Aamiin. Kemudian, kepada para Bapak dan Ibu Wali murid yang saya hormati, saya bersama dengan segenap siswa lainnya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya di tempat ini.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras untuk menyiapkan aula demi keberlangsungan acara perpisahaan kali ini. Saya sebagai perwakilan dari siswa SMPN 5 menyampaikan bahwa tiga tahun adalah waktu yang cukup lama untuk menimba ilmu dan juga bertemu dengan para guru dan juga teman-teman yang saya cintai.

Oleh sebab itu, saya sangat merasa sedih dan bercampur dengan senang hari ini. Merasa sedih, karena harus meninggalkan sekolah ini dan senang berkat kelulusan. Terima kasih juga saya ucapkan kepada seluruh Bapak dan Ibu guru yang telah mendidik kami dengan penuh kesabaran dan juga ketekunan.

Saya menyadari bahwa menjadi sabar itu tidaklah mudah. Saya juga mewakili teman-teman lainnya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besar, apabila dalam bertindak atau berucap terdapat kata-kata kami yang pernah melukai hati Bapak dan Ibu guru sekalian.

Kami berharap doa restu dari Bapak dan Ibu guru sekalian, agar kami dapat diterima di SMA yang diinginkan dan juga mampu meraih cita-cita di kemudian harinya. Sedangkan untuk para adik-adik kelas, kami sebagai kakak kelas menyampaikan bahwa jangan pernah merasa puas akan ilmu yang sudah dimiliki.

Ilmu itu begitu banyak dan juga luas. Maka dari itu, menimba ilmu harus dilakukan secara terus-menerus tanpa henti. Sekian dari pidato yang saya sampaikan dan saya mohon maaf apabila ada salah kata dalm penyampaian pidato ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SD

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah H. Nurzaman SMPN 01 Bandung
Yang terhormat Bapak/Ibu guru SMPN 01 Bandung
Serta teman-teman dan adik-adik kelas kami yang kami cintai

Di hari yang indah ini, kami haturkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas izinNya kita bisa berkumpul bersama untuk acara perpisahan kelas 9 SMPN 01 Bandung.

Saya selaku wakil dari kelas 9, ingin mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan yang pernah kami lakukan selama kami bersekolah 3 tahun lamanya di SMPN 01 ini kepada Bapak Kepala Sekolah, seluruh guru SMPN 01, serta teman-teman dan adik-adik kelas kami.

Walaupun kami melakukan kesalahan berulang kepada para guru yang mengajar tetapi Bapak/Ibu sekalian selalu membimbing, menasihati, dan mendidik kami dengan sabar. Maka dari itu kami ucapkan banyak terima kasih kepada para guru yang sudah menjadi pembimbing dan pembina kami.

Untuk adik-adik kelas tercinta, teruskan perjuangan kalian dalam menuntut ilmu dan jangan patah semangat. Teladanilah selalu para guru yang sudah mengajar, mendidik dan membimbing kalian. Adik-adikku sekalian, kami mungkin bukan contoh yang baik untuk kalian maka berprestasilah lebih baik dari kami sampai kalian bisa mencapai cita-cita.

Kami akan selalu mengenang setiap kenangan yang sudah kami lewati di SMPN 01 Bandung ini, kini kami akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Akhir kata, saya ucapkan sekian dan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum warrahmatuloh wabarakatuh

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 12

Assalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh

  • Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah Bapak Yoga Pratama Sukma
  • Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah Ibu Yunita Ningsih
  • Yang terhormat para guru serta staff di SMUN 01 Bandung
  • Yang terhormat Bapak/Ibu wali murid
  • Serta seluruh teman-teman yang berbahagia

Salam sejahtera bagi kita semua, alhamdulilah kami panjatkan puji dan syukur pada Allah SWT atas rahmatnya dan atas izinNya kami semua bisa berkumpul di acara pelepasan kelas 12 SMUN 01 Bandung.

Di kesempatan yang berbahagia ini, saya sebagai wakil dari kelas 12 SMUN 01 Bandung mengucapkan selamat kepada seluruh teman-teman kelas 12 yang sudah menyelesaikan ujian akhir dan sudah menempuh kelulusan dengan hasil yang baik. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak sekolah yang sudah berhasil meluluskan siswa siswinya.

Hadirin yang berbahagia,
Sudah banyak sekali kenangan yang telah kita lewati selama 3 tahun bersekolah di SMUN 01. Sudah banyak juga suka dan duka yang kita lewati bersama, tetapi jika ada pertemuan maka akan ada perpisahan. Kini tiba saatnya kami melanjutkan fase pendidikan yang lebih tinggi di hidup kami yaitu ke perguruan tinggi.

Pada kesempatan kali ini juga, saya mewakili teman-teman saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para guru yang telah mengorbankan seluruh waktunya untuk mendidik dan membimbing kami. Semoga Allah membalas semua jasa-jasa kalian.

Untuk teman-teman seperjuangan yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mari kita teruskan perjuangan kita dan semoga kita mendapatkan keberhasilan serta kesuksesan. Semoga kita semua bisa mendapatkan cita-cita yang kita inginkan.

Demikian pidato dari saya, mohon maaf jika ada salah kata terima kasih atas perhatiannya. Sekian. Wassalamu’alaikum warahmatuloh wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SD

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi kepada seluruh para hadirin di aula ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada kehadirat Allah SWT atas limpahan karunia dan juga rahmat, kita semua dapat hadir dan berkumpul di aula ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, karena sudah diberikan rejeki berupa kelulusan kepada seluruh siswa SMAN 12.

Kemudian, kita juga ucapkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW dan semoga saja kita bisa mendapatkan syafaatnya kelak. Dengan syafaat yang diberikan, kita akan memiliki kesempatan untuk dapat berkumpul kembali di surga.

  • Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMAN 12
  • Kepada yang terhormat Bapak, Ibu guru dan juga jajaran staff SMAN 12 semuanya
  • Serta kepada Bapak dan Ibu Wali murid yang hadir
  • Juga teman-teman sekalian yang saya cintai

Saya sangat berterima kasih kepada seluruh guru yang ada di SMAN 12 ini. Berkat ilmu-ilmu yang diberikan, kami menjadi lebih pandai. Semoga ke depannya akan langsung dapat bermanfaat kepada masyarakat.

Kami juga berharap akan doa restu dari para guru dan juga Bapak serta Ibu Wali murid supaya kami semuanya dapat meraih cita-cita kami. Semoga kami dapat mencapai apa yang dicita-citakan selama ini. Apabila selama 3 tahun ini terdapat kata-kata dan tindakan kami yang menyakiti hati Bapak dan Ibu guru, kami mohon maaf.

Sekian pidato saya saya akhiri dan saya minta maaf apabila terdapat kekurangan dalam pidato ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Mahasiswa

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama, kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Berkat karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di sini dan diberikan kesehatan.

  • Kepada yang terhormat Bapak Dekan Universitas Islam Indonesia
  • Kepada yang terhormat Bapak dan Ibu Dosen sekalian
  • Kepada para hadirin semuanya

Kemudian, kita panjatkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri telaudan bagi umat Islam. Semoga kita dapat berkumpul lagi di surge dengan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Saya di sini mewakili para wisudawan dan wisudawati yang lainnya untuk menyampaikan pesan dan kesan selama berkuliah di Universitas Islam Indonesia. Hari ini adalah hari yang paling dinantikan oleh semua mahasiswa yang berkuliah.

Tentu saja kita merasakan sangat bersyukur atas ilmu dan juga kesabaran para Bapak dan Ibu Dosen. Kami juga berharap agar langsung bisa menerapkan ilmu kepada masyrakat sekalian. Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak-Ibu Dosen, seluruh Wali Mahasiswa, dan juga teman-teman sekalian atas dukungannya, sehingga bisa lulus.

Menempuh studi di bangku perkuliahan bukanlah waktu yang lama. Maka dari itu, kami sering menemukan banyak masalah dan sering berdiskusi dengan dosen, orang tua mahasiswa, dan juga teman-teman sekalian. Berkat dukungan ini, akhirnya kami dapat menyelesaikan skripsi kami dan lulus.

Apabila selama ini ada kata-kata dan perilaku kami yang menyakiti hati para hadirin semua, kami mohon maaf. Sekian dari saya dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam pidato ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Guru

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak Kepaka Sekolah dan Seluruh rekan-rekan guru dari SMPN 3, atas nama keluarga besar SMPN 3, saya ingin mengucapkan permohonan maaf bila saya melakukan kesalahan-kesalahan. Baik itu kesalahan yang disengaja dan yang tidak disengaja.

Saya juga manusia biasa yang tidak pernah luput daari dosa. Apabila dalam kehidupan sehari-hari terdapat perilaku dan juga perkataan saya yang tidak berkenan di hati, atau ada hal yang tidak sesuai dengan urusan yang berhubungan dengan kedinasan, saya juga memohon maaf.

Saya menyadari bahwa ada banyak sekali kesalahan yang pernah saya lakukan. Misalkan saja, terkadang kurang disiplin dalam hal yang berkaitan dengan kedinasan. Tidak hanya selesai sampai disitu saja, tetapi saya terkadang mangkir apabil mendapatkan instruksi, padahal saya tahu bahwa saya ini hanyalah bawahan berupa seorang guru biasa.

Tentu saja, hal ini akan menjadikan pelajaran bagi saya, agar di kemudian hari dapat nekerja dengan lebih disiplin dan tidak mementingkan hawa nafsu belaka. Saya juga memohon maaf apabila selama masa bakti saya sebagai guru di SMPN 3 pernah membuat Bapak Kepala Sekolah tersinggung, karena saya kurang mematuhi perintah.

Padahal saya sebagai bawahan, seharusnya mendengarkan Bapak dan juga siap untuk dibina. Saya juga berharap agar SMPN 3 ini dapat terus berkembang dalam hal prestasi di kemudian hari. Tantangan dan hambatan untuk terus maju ini juga semakin besar dengan adanya era kompetisi. Namun, hal tersebut justru menjadikan SMPN 3 ini semakin bersemangat untuk dapat berprestasi.

Selain itu, semoga Bapak Kepala Sekolah dan rekan-rekan sekalian selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT, serta dilimpahkan selalu rezeki dan rahmat-Nya. Semoga amal kebaikan kita semua juga selalu diterima oleh Allah SWT. Selain itu, saya berdoa agar rekan-rekan sekalian masih saling menjalin silaturrahmi yang baik dengan saya.

Sekian pidato perpisahan yang ingin saya sampaikan kepada Bapak Kepala Sekolah SMPN 3 dan juga rekan-rekan kantor/ Apabila ada kesalahan kata dalam penyampaian pidato ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan dari Wali Murid

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama, saya panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dengan kondisi bagaimanapun. Kita juga dapat menyaksikan putra dan putri kita berwisuda hari ini.

Tentu saja hari ini adalha hari yang sangat mengharukan dan paling kita tunggu-tunggu. Kemudian, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah dan juga pembawa acara yang telah memberikan kesempatan untuk dapat mengucapkan beberapa kata sambutan.

Saya merupakan perwakilan dari salah satu dari siswa SD Muhammadiyah Sapen ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sangat besar atas bimbingannya terhadap anak saya dan juga anak-anak lainnya. Terima kasih atas ilmu yang telah diberikan.

Kami yakin segala ilmu yang sudah diberikan selama ini akan bermanfaat di masa depan. Terutama bagi siswa-siswa itu sendiri demi menyiapkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Hal ini tentu saja tidaklah mudah dalam membimbing siswa-siswa, karena dibutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran dalam jumlah yang banyak.

Kami juga berharap agar ketelatenan dan kesabaran dari para guru sekalian dapat dicontoh oleh para siswa-siswa sekalian. Kami berharap agar suatu hari nanti putra dan putri kami dapat meraih apa yang dicita-citakan.

Selain itu, kami juga menyadari bahwa pasti ada banyak sekali kenakalan atau kebandelan putra putri kami yang seringkali membuat para bapak dan ibu guru kesal. Misalkan saja seperti sering mengobrol pada saat pelajaran sedang berlangsung. Bisa juga, karena ada putra putri kami yang senang berlarian di lorong sekolahan sambil berteriak.

Semata-mata itu semua, karena putra dan putri kami masih anak kecil. Kami memohon maaf atas kejadian tersebut. Yang jelas, ingatkan saja putra putri kami mengenai tindakan bagaimana yang baik dan benar dengan lembut.

Yang jelas kami tidak akan bisa membalas semua kebaikan dan jasa dari para guru sekalian. Berkat jasa kalian, seluruh siswa-siswa dapat memahami cara membaca, menulis, dan juga berhitung. Selain itu, masih banyak sekali hal-hal yang telah diajarkan kepada siswa siswa di sini, yang tentunya tidak dapat kmai sebutkan secara satu-persatu.

Sekian pidato yang saya sampaikan. Saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari dosa. Jadi apabila terdapat kesalahan dalam perkataan saya, melalui pidato ini juga saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan sampai dimasukkan ke dalam hati. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Demikianlah artikel yang membahasa tentang contoh pidato perpisahan sekolah. Semoga bisa menjadi referensi Anda dan bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terima kasih.


Pidato Perpisahan Sekolah


Dikutip dari : sahabatnesia.com | thegorbalsla.com

Leave a Comment