Program Studi Paling Diminati di UNTAN

Program Studi Paling Diminati di UNTAN – Indonesia memiliki beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terkemuka di provinsi masing-masing. Salah satunya yang terbaik adalah Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Setiap tahunnya, ada ribuan calon mahasiswa yang berebut untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Tanjungpura melalui berbagai jalur masuk perguruan tinggi. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir ini, UNTAN akan merupakan pelopor Cyber Campus.

Cyber Campus memang bukan yang pertama di dunia, tapi di Indonesia baru beberapa universitas yang menerapkannya. Termasuk salah satunya adalah UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University terbaik di Indonesia karena sistem teknologi infomasinya yang akan berbasis digital secara keseluruhan. Inilah mengapa UNTAN semakin dijadikan favorit oleh para calon mahasiswa.

Selain itu, semakin ke sini akreditasi Universitas Tanjungpura juga semakin baik. Lokasinya pun strategis, yaitu berada di tengah Kota Pontianak. Dapat dibayangkan, betapa asiknya kuliah di pusat kota seperti di UNTAN ini. Meski berada di jantung Kota Pontianak, lingkungan kampus UNTAN ditata sangat baik. Penataan lingkungannya sangat memperhatikan unsur keseimbangan alam. Oleh karena itulah, hawa panas Pontianak dan polusi udara dari jalan besar di tengah kota tidak akan terasa di kampus ini.

6 Program Studi Paling Diminati di UNTAN

Di Universitas Tanjungpura sendiri terdapat puluhan prodi dan 6 di antaranya merupakan yang paling diminati berdasarkan pengamatan setiap tahunnya melalui berbagai jalur tes masuk. Tentu semua yang mendaftar disaring kembali sesuai dengan batas daya tampung yang disediakan. Ketujuh prodi tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Prodi Akuntasi dan Manajemen dari Fakultas Ekonomi
    Serupa dengan universitas lainnya di Indonesia, Fakultas Ekonomi untuk prodi AkUNTANsi dan Manajemen masih jadi yang paling diminati. Pada tes masuk 2019, Prodi Manajemen mencapai 6440 orang, sedangkan yang lolos hanya sebanyak 394 orang. Sementara itu, pada Prodi Akuntasi yang mendaftar ada sebanyak 4404 odang dan yang lolos hanya sebanyak 367 orang.
  2. Prodi PGSD dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
    Prodi ketiga yang paling banyak peminatnya adalah prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dari FKIP. Pada tahun 2019, ada 4082 orang yang mendaftar pada prodi ini dan hanya sebanyak 127 orang saja yang dapat lolos.
  3. Prodi Hukum dari Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum juga seringkali menjadi favorit di mana pun universitasnya. Di UNTAN sendiri, prodi Hukum, Fakultas Hukum menjadi pilihan terbanyak keempat seteah PGSD, FKIP. Ada 3931 orang yang mendaftar pada tahun 2019, namun yang berhasil lolos memenuhi kuota sebanyak 618 orang.
  4. Prodi IAN dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol)
    Fisipol pun hingga kini masih diminati banyak orang. Di UNTAN, prodi Ilmu Administrasi Publik dari Fisipol yang paling banyak digemari calon mahasiswa. Pendaftarnya mencapai 3510 orang pada tahun 2019, sedangkan yang berhasil memenuhi kuota hanya sebanyak 259 orang.
  5. Prodi Farmasi dari Fakultas Kedokteran
    Meski merupakan fakultas yang belum lama dibuka di Universitas Tanjungpura, Fakultas Kedokteran sudah cukup diminati calon mahasiswa. Prodi yang paling banyak peminatnya adalah Farmasi dengan jumlah pendaftar sebanyak 2545 orang dan kuota penerimaannya sebanyak 142 orang.
  6. Prodi Informatika dari Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik menjadi salah satu fakultas yang cukup diminati di UNTAN, terutama pada prodi Informatika. Jumlah pendaftar pada tahun 2019 ada sebanyak 2406 orang, sedangkan kuota penerimaan Teknik Informatika UNTAN hanya sebanyak 80 orang.

Penutup

Nah itulah 6 prodi yang paling banyak peminatnya di Universitas Tanjungpura. Prodi apa yang menjadi favorit kamu? SIlahkan beri tanggapan di kolom komentar ya dan berikan alasannya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 6 program studi paling di minati di UNTAN. Semoga bisa menjadi gambaran kamu saat akan mendaftar perguruan tinggi di Universitas Tanjungpura. Sekian dan Terima Kasih.


Program Studi Paling Diminati di UNTAN

Leave a Comment