Begini Penjelasan Singkat Proses Terjadinya Gempa Bumi

Proses Terjadinya Gempa Bumi – Penghujung tahun 2018 menjadi duka mendalam bagi Indonesia. Ada sederet fenomena alam yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, termasuk gempa bumi. Untuk lebih memahami proses terjadinya gempa bumi, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian gempa bumi. Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi dan bisa dirasakan dengan skala yang berbeda-beda setiap terjadinya. Bahkan, terkadang guncangan tidak terasa karena skalanya yang begitu kecil.
Proses Terjadinya Gempa Bumi
Di Indonesia, gempa bumi umumnya disebabkan oleh pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan antar lempeng yang secara konstan bergerak. Kita tahu, bahwa Indonesia berada di antara lempeng-lempeng utama dunia. Selain itu, Indonesia juga terletak di Cicin Api Pasifik atau biasa dikenal dengan sebutan Ring of Fire, yaitu daerah ‘tapal kuda’ sepanjang 40.000 km yang merupakan kawasan yang dipenuhi gunung berapi dan kerap mengalami aktivitas seismik (seperti gempa bumi) di sepanjang Samudera Pasifik.
Secara logika, terjadinya gempa bumi memang sulit dicerna karena kenyataan bumi merupakaan planet yang padat. Namun, karena selalu bergerak dengan kecepatan yang tidak bisa dirasakan manusia, gempa bumi melakukan aktivitas yang menimbulkan tekanan yang akhirnya tekanan tersebut tidak bisa ditahan lagi, sehingga terasa berguncang.
Nah, terkadang tumbukan lempeng terjadi cukup besar dan relatif dekat dengan area padat. Ditambah lagi, saat gempa bumi terjadi, aktivitas lempeng yang bergerak bisa menimbulkan efek domino pada benda di sekitarnya. Karenanya, gempa bumi di Indonesia bisa menjadi bencana besar yang sulit terhindarkan. Bisa dibilang, masyarakat Indonesia hidup harmoni dengan berbagai macam fenomena alam.

Proses Terjadinya Gempa Berdasarkan Penyebabnya

Proses terjadinya gempa bumi seperti yang dijelaskan di atas adalah yang paling umum terjadi. Sebenarnya, ada beberapa jenis terjadinya gempa berdasarkan penyebabnya, yaitu sebagai berikut:

1. Proses Terjadinya Gempa Tektonik 

Proses Terjadinya Gempa tektonik
Gempa tektonik terjadi akibat terbenturnya lempengan bumi atau bergesernya lempengan bumi. Dampak yang ditimbulkan karena aktivitas tersebut adalah terjadinya gempa atau guncangan di permukaan bumi. Gempa tektonik adalah jenis gempa yang sudah dijelaskan di atas.

2. Proses Terjadinya Gempa Vulkanik

Proses Terjadinya Gempa Vulkanik
Gempa Vulkanik berasal dari fenomena gunung meletus yang mengeluarkan magma dari dalam perut bumi. Gunung-gunung di Indonesia atau belahan dunia mana pun memiliki masa aktif yang sewaktu-waktu bisa meletus dan ‘memuntahkan’ magma akibat tekanan di dalamnya. Letusan ini juga berisi energi bebatuan yang memang sudah waktunya diletuskan. Erupsi gunung mulanya terjadi di awali dengan getaran karena adanya gesekan antar magma, kondisi inilah yang akhirnya menimbulkan gempa dan getaran di permukaan sekelilingnya. Jika gunung tersebut adanya di laut, maka gempa biasanya akan disertai dengan gelombang laut besar atau biasa dikenal dengan Tsunami. Contoh fenomena alam adalah yang terjadi di daerah Selat Sunda pada akhir tahun 2018. Gunung Anak Krakatau yang berada di tengah laut erupsi. Longsoran dari letusan Anak Krakatau menyebabkan gelombang tinggi hingga ke kawasan pesisir disekitarnya.

3. Proses Terjadinya Gempa Ekstraterestrial

Gempa ini adalah yang paling ditakuti banyak orang, meski sangat jarang terjadi. Gempa ekstrateresial disebabkan oleh adanya meteor atau benda langit yang masuk atau membentur atmosfer bumi. Atmosefer bumi memiliki kemampuan untuk melindungi bumi dan menolak benda lain masuk, sehingga proses ini menimbulkan getaran dan akhirnya bisa menyebabkan gempa terjadi. Gempa memang terasa menyeramkan, namun ada banyak upaya, minimal untuk menyelamatkan diri.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai Proses Terjadinya Gempa Bumi. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Sekian dan Terima Kasih

Penelusuran yang terkait dengan Proses Terjadinya Gempa Bumi

  • proses terjadinya gempa bumi menurut struktur bumi
  • proses terjadinya gempa bumi dan tsunami
  • proses terjadinya gempa bumi tektonik
  • pengertian gempa bumi dan penyebabnya
  • proses terjadinya gempa bumi pdf
  • proses terjadinya gempa vulkanik
  • akibat dari gempa bumi
  • dampak gempa bumi

Leave a Comment