Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas merupakan olahraga renang yang dilakukan dengan gerakan tangan mengayuh secara bergantian. Kekuatan fisik yang baik dibutuhkan untuk bisa melakukan teknik renang yang satu ini. Gerakan-gerakan renang yang termasuk dalam teknik gaya bebas diatur oleh FINA.

Menurut sejarah, teknik renang yang satu ini sudah ada sejak zaman kuno dan mulai dilombakan sekitar tahun 1844 di London. Dalam dunia barat, lomba renang sudah dilakukan dan perenang dari Indian lebih banyak menang dari perenang asal Inggris.

Perenang dari Indian menggunakan gaya bebas dan perenang dari Inggris menggunakan gaya dada. Walaupun sering kalah, perenang asal Inggris tetap mempertahankan gaya dada karena menganggap gaya bebas tidak elegan. Gerakan dalam teknik gaya bebas dianggap terlalu banyak memercikkan air.

Sebelum praktik renang dengan teknik gaya bebas, penting untuk melakukan pemanasan. Gerakan untuk pemanasan dan gerakan renang juga harus dilakukan dengan benar agar tidak cepat lelah dan juga kram. Berikut adalah beberapa cara melakukan renang dengan teknik gaya bebas.

Teknik Gerakan Renang Gaya Bebas

Mengatur gerakan tubuh dan pernapasan menjadi poin penting untuk bisa berhasil menggunakan teknik ini. Gerakan yang termasuk di dalamnya adalah meliputi beberapa teknik berikut.

Teknik posisi tubuh

teknik posisi tubuh renang gaya bebas

Pada teknik gaya bebas, perenang akan lebih mudah jika mampu menyamakan posisi tubuh dengan permukaan air. Apabila tubuh terlalu masuk ke dalam air, maka beban semakin berat dan sulit untuk berenang. Sebaliknya, posisi tubuh yang sejajar dengan permukaan air akan lebih ringan.

Bagi yang masih pemula sering kali permasalahannya adalah takut tenggelam sehingga tubuh tidak tenang dan tidak bisa mengapung di permukaan air. Berlatih menyejajarkan tubuh dengan permukaan air bisa menjadi latihan awal sebelum berlatih gerakan tangan, kaki, dan pengambilan napas pada teknik renang gaya bebas.

Caranya dapat menggunakan pinggiran kolam renang untuk pegangan dan membiarkan tubuh mengapung dekat permukaan air. Jika ada, latihan posisi tubuh dapat menggunakan bantuan teman atau orang lain.

Teknik gerakan tangan

teknik gerakan tangan pada renang gaya bebas

Perhatikan gerakan tangan agar dapat melakukan renang gaya bebas dengan teknik yang benar. Gerakan pada bagian tangan akan sangat penting untuk kecepatan berenang. Kecepatan renang akan semakin bertambah dengan kekuatan tangan yang besar.

Mulai dengan bagian jari-jari tangan yang menutup dan rapat seperti tangan katak. Posisi telapak tangan tersebut akan membuat laju renang lebih cepat. Bagian bahu kemudian diputar ke depan dan ke belakang dengan seimbang agar arah renang tidak melenceng.

Gerakan tangan untuk teknik ini dilakukan secara bergantian. Jadi saat tangan kanan mengayuh ke depan, maka tangan kiri berada di belakang. Beberapa pendapat menyatakan teknik renang yang satu ini kurang elegan karena gerakan tangan yang bergerak bergantian dan menimbulkan cipratan air yang besar.

Teknik gerakan kaki

teknik kaki renang gaya bebas

Teknik renang gaya bebas memiliki gerakan kaki yang lebih tenang dibandingkan gerakan pada bagian tangan. Pada saat melakukan gaya bebas, posisi kaki perenang tidak boleh ditekuk. Kaki harus lurus agar tidak menghambat kecepatan renang.

Gerakan kaki di mulai dari pangkal paha dan dengan gerakan yang cepat tetapi posisi kaki tetap lurus. Gerakan kaki pada teknik ini menyerupai gerakan mencambuk air. Bagi yang masih berlatih, dapat mencoba praktik gerakan kaki untuk teknik gaya bebas adalah dengan pegangan pada tepian kolam.

Lakukan latihan secara rutin untuk bisa menguasai gerakan kaki pada renang gaya bebas. Gerakan kaki akan memberikan dorongan sehingga perenang dapat melaju ke depan dengan baik. Gerakan pada kaki juga harus dilakukan dengan irama yang sama agar tubuh tetap dekat permukaan air dan dapat melaju.

Teknik pernapasan

teknik pernafasan renang gaya bebas

Selain gerakan tangan dan kaki, teknik renang juga meliputi gerakan pengambilan napas. Teknik mengambil napas penting untuk dikuasai agar perenang bisa melakukan gerakan renang dengan lebih lama atau dengan jarak yang lebih jauh.

Teknik gaya bebas yang benar adalah dengan menggunakan gerakan kepala ke kanan atau kiri. Jadi pengambilan napas dilakukan dari arah samping. Umumnya untuk teknik ini, pengambilan napas hanya menggunakan satu sisi yakni kanan atau kiri.

Namun tidak menutup kemungkinan pula teknik renang gaya bebas yang menggunakan dua sisi untuk pengambilan napas. Setelah tangan kanan dan tangan kiri mendapat jatah satu kayuhan, maka perenang mulai melakukan pengambilan napas.

Gerakan yang paling umum adalah saat tangan kanan di posisi depan, kepala mengarah ke samping kiri dan perenang dapat mengambil napas. Gerakan tersebut dilakukan secara terus menerus.

Itulah beberapa gerakan yang termasuk dalam teknik renang gaya bebas. Teknik renang yang satu ini termasuk salah satu yang paling banyak digunakan, termasuk untuk amatir.

Kategori Perlombaan Renang Gaya Bebas

Bagi para perenang profesional, ada beberapa kategori perlombaan renang untuk pria, wanita, dan kategori kelompok umur.

Kategori perlombaan renang untuk pria

  • Gaya bebas 50m.
  • Gaya bebas 100m.
  • Gaya bebas 200 m.
  • Gaya bebas 400 m.
  • Gaya bebas 800 m.
  • Gaya ganti 200 m.
  • Lomba estafet gaya bebas 4×100 m.
  • Lomba estafet gaya bebas 4×200 m.
  • Lomba estafet gaya ganti 4×100 m.

Kategori perlombaan untuk wanita

  • Gaya bebas 50 m.
  • Gaya bebas 100 m.
  • Gaya bebas 200 m.
  • Gaya bebas 400 m.
  • Gaya bebas 1500 m.
  • Gaya ganti 200 m.
  • Lomba estafet gaya bebas 4×100 m.
  • Lomba estafet gaya bebas 4×200 m.
  • Lomba estafet gaya ganti 4×100 m.

Kategori lomba berdasar umur

  • Kelompok I untuk putra dan putri usia 15 tahun sampai 17 tahun.
  • Kelompok II untuk putra dan putri usia 13 tahun sampai 14 tahun.
  • Kelompok III untuk putra dan putri usia 11 tahun sampai 12 tahun.
  • Kelompok IV untuk putra dan putri usia 10 tahun.

Bagi yang masih amatir atau ingin belajar teknik renang gaya bebas, sebaiknya pelajari terlebih dahulu teknik-teknik dasar seperti meluncur, gerakan tangan, gerakan kaki, dan pengambilan napas. Latihan renang dapa dilakukan dengan tahapan-tahapan berikut.

  1. Meluncur

Untuk berlatih meluncur, posisi perenang adalah membelakangi dinding kolam. kedua tangan lurus ke depan dan satu telapak kaki menempel di dinding kolam. Tolakan kaki yang menempel pada dinding kolam dan biarkan tubuh meluncur sampai berhenti melaju.

  1. Berlatih gerakan kaki dan tangan

Gunakan dinding atau pembatas kolam untuk pegangan dan posisinya menghadap dinding kolam. Angkat kedua kaki sampai permukaan air. Gerakan kaki dengan melucut secara bergantian. Kaki harus rileks dan tidak boleh melebihi permukaan air.

Sementara untuk berlatih gerakan, bisa dilakukan dengan berdiri dan badan membungkuk. Tangan lurus dan tarik ke bawah secara bergantian secara bergantian.

Itulah berbapa gerakan penting dalam renang gaya bebas yang menjadi gaya tercepat dalam renang. Semoga penjelasan ringkas pada artikel di atas  bisa bermanfaat untuk Anda. Dan apa yang anda cari ada tersedia. Cukup sekian dan terima kasih.

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas merupakan olahraga renang yang dilakukan dengan gerakan tangan mengayuh secara bergantian. Kekuatan fisik yang baik dibutuhkan untuk bisa

Editor's Rating:
5

Leave a Comment