Serba-serbi Resume buku dan Contohnya

Serba-serbi Resume buku dan Contohnya

Resume buku – Apa yang dimaksud dengan resume buku ? Dan bagaimana cara membuatnya? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas itu semua dan disertai contoh dari resume buku itu sendiri. Namun sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya kita mengetahui arti dari resume itu sendiri.

Pengertian Resume

Resume adalah sebuah ringkasan yang ditulis untuk menyajikan informasi dari suatu karangan panjang ke dalam bentuk yang lebih singkat. Meskipun singkat, namun resume masih tetap mempertahankan hal-hal penting yang disampaikan dalam karangan tersebut.

Umumnya, resume juga disertai dengan simpulan atau hasil simpulan dari penulis resume. Walaupun berisi hasil simpulan dari penulis resume itu sendiri, namun isi resume tidak pernah lepas dari gagasan maupun pembahasan yang ada di dalam karya yang sedang diresume.

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam membuat resume buku, diantaranya membaca teks atau buku yang asli, mencatat bagian-bagian penting, mulai menulis resume, dan membaca kembali resume yang telah dibuat.

Resume sendiri tidak sama dengan rangkuman. Perbedaan antara keduanya dapat disebabkan oleh beberapa hal. Dengan mengetahui perbedaan antara resume dan rangkuman tentu akan memberikan sedikit gambaran kepada Andadan menghindarkan dari kesalahan ketika Anda membuat sebuah resume.

Berikut adalah beberapa perbedaan resume dan rangkuman yang harus Anda ketahui.

  1. Resume harus tetap mempertahankan pokok bahasan ataupun gagasan dari sebuah karya yang diresume, sementara rangkuman biasanya hanya berupa kutipan-kutipan penting atau hal-hal yang dianggap penting oleh orang yang merangkum.
  2. Resume memberikan simpulan dari sebuah karya yang diresume, sementara rangkuman tidak memiliki simpulan.
  3. Resume memiliki aturan-aturan tersendiri, sementararangkuman hanya tergantung pada apa yang dianggap penting oleh si perangkum.

Baca juga: Resensi adalah Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan dan Contohnya

Contoh Resume Buku

Berikut adalah contoh resume buku yang baik dan benar dan harus Anda ketahui. Dalam contoh ini akan diambil sebuah buku pengetahuan untuk diresume.

Judul buku: Perubahan Sosial (Sketsa Teori dan Refleksi Metodologi Kasus Indonesia)
Penulis: Agus Salim
Penerbit: Tiara Wacana Yogya
Tahun terbit: 2002 (cetakan pertama)

Perubahan sosial ini mulai menjadi kajian utama di negara-negara berkembang. Saat ini, beberapa penelitian terkait hal tersebut sudah banyak dijumpai. Perubahan sosial sendiri berasal dari pemikiran sebuah realitas yang majemuk dan terjadi dalam dinamika kehidupan sosial yang ada di masyarakat. Kajian perubahan sosial ini berguna untuk mengetahui bagaimana kehidupan manusia dalam suatu masyarakat. Agus Salim akan menjelaskan mengenai perubahan sosial dari beberapa pendekatan melalui bukunya yang berjudul Perubahan Sosial (Sketsa Teori dan Refleksi Meodologi Kasus Indonesia).

Perubahan sosial sejatinya mengacu pada beberapa hal, seperti norma,adat, teknologi, ilmu pengetahuan, dan nilai-nilai yang ada di masyarakat. Teori perubahan sosial menurut Comte terbagi menjadi dua bagian, yaitu social dynamic dan social static. Apabila dilihat dari segi hubungan makro, perubahan sosial dapat dilihat dari hubungan antara negara, tata masyarakat, serta wilayah regional.

Melaui buku ini, penulis menggunakan konsep perubahan sosial menurut Karl Mark, Mark Weber, dan Emile Durkheim. Ia akan menggunakan perpaduan konsep dari ketiga filsuf dengan beberapa fenomena perubahan sosial yang terjadi di Indonesia. Fenomena-fenomena tersebut dapat berupa informasi mengenai teknologi, ideologi, birokrasi, modal, dan komunikasi.

Karl Mark menyebutkan bahwa perubahan sosial dipengaruhi oleh pemikirkan Kant yang menyebutkan bahwa manusia berawal dari sebuah kesempurnaan dan masuk ke dalam dunia yang kotor, penuh keterbatasan, dan tidak suci. Pemikiran-pemikiran Mark ini dapat dipahami jika Anda memahami terlebih dahulu mengenai idealisme, materialisme, sistem ekonomi, serta survus value.

Sementara itu, perubahan sosial menurut Mark Weber merupakan sebuah teori dari bentuk rasionalisme yang Ia miliki. Weber membagi perubahan sosial menjadi empat bagian, yaitu Affective rationality, traditional rationality, value oriented rationality, dan purposive rationality.

Emile Durkheim menyatakan bahwa cara kerja hidup masyarakat dapat dianalogikan sebagai living organism. Durkheim sendiri lebih tertarik untuk menarik dirinya dalam segi moralitasdan menolak dengan tegas hal-hal yang berkaitan dengan politik moderat.

Bab ketiga dari buku Agus Salim ini membagi perubahan sosial menjadi 5 aspek eksternal, yaitu komunikasi dan industri pers, modal, birokrasi, teknologi, serta ideologi dan agama.

Nah, demikianlah penjelsasan singkat mengenai resume buku dan contohnya. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk Anda semuanya, Sekian dan terima kasih.

Pencarian terkait:

  • kumpulan resume buku
  • contoh resume buku pdf
  • contoh resume buku novel
  • resume buku cerita
  • resume buku motivasi
  • contoh resume buku islam
  • hasil resume buku
  • contoh resume makalah

 

Serba-serbi Resume buku dan Contohnya

Resume buku - Apa yang dimaksud dengan resume buku ? Dan bagaimana cara membuatnya? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas itu semua dan disertai

Editor's Rating:
5

Leave a Comment