Obat Sakit Gigi Saat Hamil dan Pencegahannya

Sakit gigi saat hamil tentunya akan menambah rasa tidak nyaman bagi ibu hamil. Hal pertama yang perlu dilakukan apabila mengalami masalah tersebut adalah mencari tahu apa penyebab dari sakit gigi. Ada beberapa faktor yang dapat memicu sakit gigi seperti kekurangan vitamin dan mineral.

Obat Sakit Gigi Saat Hamil dan Pencegahannya
Sumber gambar: informasiana.com

Gigi wanita pada ibu hamil memang lebih rentan mengalami sakit dan berbagai masalah kesehatan pada rongga mulut. Ibu hamil juga kerap mengalami penurunan kadar kalsium dalam tubuh yang dapat memicu sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

Bagi para ibu hamil disarankan untuk melakukan perawatan gigi minimal satu kali selama masa kehamilan. Hal tersebut dapat menjadi pencegahan agar tidak mengalami sakit gigi.

Ibu hamil dapat mengalami sakit gigi karena banyak faktor. Penyebab sakit gigi pada ibu hamil antara lain adalah perubahan hormon, kekurangan vitamin, perubahan kelenjar ludah, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Waktu yang disarankan untuk ibu hamil melakukan pemeriksaan gigi adalah pada saat kehamilan memasuki tri semester kedua. Perawatan seperti lesi karies juga akan membantu mencegah komplikasi kesehatan lainnya.

Cara Meredakan Sakit Gigi Saat Hamil

Ada beberapa metode untuk membantu meredakan sakit gigi secara alami. Seperti menggunakan larutan garam untuk berkumur. Campurkan 1-2 sendok garam dengan segelas air hangat dan kemudian gunakan untuk kumur. Bilas dengan air bersih agar mulut tetap steril.

Selain air garam, sakit gigi juga bisa diobati dengan tanaman lidah buaya. Tidak hanya untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga menjadi salah satu tanaman yang dapat mengurangi rasa sakit pada gusi. Cukup dengan menempelkan beberapa daun ke bagian gigi atau gusi yang sakit.

Baca juga ya : Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Air Garam dan Lemon

Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sebaiknya selalu mengonsultasikan terlebih dahulu ke dokter apabila hendak menggunakan obat saki gigi. Untuk mengurangi rasa sakit atau gejala lain saat sakit gigi, ibu hamil dapat mengonsumsi obat paracetamol. Jenis obat yang aman untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Sedangkan untuk obat pereda nyeri yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil adalah dari golongan ibuprofen atau naproxen, dan aspirin. Beberapa kondisi mungkin akan diberikan antibiotik seperti amoxicillin dan clindamycin untuk mengurangi sakit gigi akibat infeksi bakteri.

Mencegah Sakit Gigi Saat Hamil

Menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah kunci penting untuk mencegah sakit gigi pada ibu hamil. Selain itu ada beberapa cara yang juga bisa diperhatikan agar tidak mengalami sakit gigi selama hamil.

  1. Membatasi makanan dan minuman manis serta minuman bersoda.
  2. Memperbanyak minum air putih.
  3. Menghindari penggunaan obat kumur beralkohol.
  4. Menyikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari dengan sikat berbulu halus.
  5. Mengganti makanan manis dengan konsumsi buah-buahan segar.

Bagi ibu hamil yang mengalami muntah-muntah, tidak disarankan menyikat gigi setelah muntah. Pada kondisi tersebut kemungkinan masih ada asam lambung yang menempel di lapisan gigi. Apabila langsung disikat, justru dapat menggores lapisan permukaan gigi dan memicu sakit gigi.

Setelah muntah sebaiknya kumur terlebih dahulu menggunakan air bersih. Jika ingin menggunakan cairan kumur atau mouthwash, pilih yang mengandung fluoride tetapi bebas alkohol. Jarak waktu untuk menyikat gigi sebaiknya adalah satu jam setelah muntah.

Perbanyak asupan vitamin D dan kalsium juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi pada ibu hamil. Jika mengalami sakit gigi saat hamil, pastikan pengobatan untuk sakit gigi tersebut tidak memiliki efek atau tidak menyebabkan kelainan pada janin.

Pencarian terkait:

  • menahan sakit gigi saat hamil
  • sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi
  • pengalaman sakit gigi saat hamil
  • sakit gigi saat hamil 8 bulan
  • sakit gigi saat hamil 38 minggu
  • sakit gigi saat hamil 14 minggu
  • Makanan ibu hamil saat sakit gigi
  • merk obat sakit gigi untuk ibu hamil
Obat Sakit Gigi Saat Hamil dan Pencegahannya

Sakit gigi saat hamil tentunya akan menambah rasa tidak nyaman bagi ibu hamil. Hal pertama yang perlu dilakukan apabila mengalami masalah tersebut adalah m

Editor's Rating:
5

Leave a Comment