15+ Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign Kerja yang Baik dan Benar

Surat pengunduran diri kerja – Jika seseorang ingin melakukan resign di kantor tempatnya bekerja, biasanya memerlukan surat pengunduran diri dari pekerjaan. Sayangnya, masih banyak yang belum paham cara membuatnya. Alhasil, banyak yang mencari contoh surat pengunduran diri kerja di Internet.
Namun, sebelum memutuskan untuk mengajukan surat pengunduran diri dari pekerjaan, sebaiknya Anda paham betul apa yang menjadi alasan Anda mengajukan pengunduran diri. Alasan setiap orang mengajukan pengunduran diri pasti berbeda – beda. Ada yang karena mendapat tawaran kerja di tempat lain yang lebih baik, ada yang mundur karena rasa kecewa terhadap perusahaan, ada yang ingin melanjutkan studi, dan berbegai alasan lainnya.

Tujuan dan Manfaat Surat Pengunduran Diri

Anda yang memang mungkin ingin keluar dari perusahaan atau instansi dimana Anda sedang bekerja saat ini alangkah baiknya berupaya memberikan alasan paling terbaik dan logis kepada bos atau pihak atasan. Hal ini dilakukan karena mempunyai tujuan agar pemilik perusahaan bersedia untuk menerima dengan lapang dada dan memaklumi dengan keputusan Anda buat.
Jangan sampai hanya karena Anda sudah bosan bekerja di tempat tersebut sehingga Anda membuat alasan apa adanya. Apa lagi jika mencantumkan kata bosan sebagai alasan anda untuk keluar dari perusahaan. Ini tentunya akan mencoreng nama baik Anda di mata atasan atau perusahaan tersebut. Usahakan alasan yang Anda buat nantinya tidak membuat bos atau atasan perusahaan menjadi tersinggung. Nah, berikut ini saya jabarkan sedikit manfaat dari pembuatan surat pengunduran diri yang akan Anda dapatkan, yuk langsung aja kita simak!

Terlihat lebih terhormat dan profesional

Setiap perusahaan, lembaga, maupun instansi tertentu pasti mempunyai sebuah aturan dan kebijakan masing-masing. Setiap kebijakan dan aturan – aturan yang dibuat oleh perusahaan tersebut harus dan wajib dipatuhi oleh semua karyawan dan anggotanya. Anda misalnya menjadi karyawan di perusahaan tersebut maka Anda tidak boleh seenaknya sendiri keluar dari perusahaan yang tersebut.
Jika Anda yang kebetulan akan resign dan membuat surat pengunduran diri, maka Anda akan menjadi orang yang taat pada aturan dan kebijakan perusahaan. Ha ini bisa membuat Anda akan dipandang sebagai seseorang yang lebih bertanggung jawab dan terhormat. Selain itu juga Anda akan terlihat mempunyai tata karma dan perilaku yang baik di mata semua orang. Hal ini tentunya akan membersihkan nama baik Anda dari persangkaan yang tidak – tidak, dan juga kekecewaan dari pihak perusahaan.

Perusahaan Mempunyai Waktu untuk Mencari Pengganti Posisi Anda

Manfaat yang ini lebih untuk perusahaan karena perusahaan bisa mempunyai tenggang waktu untuk mencari pengganti posisi Anda. Setiap jabatan atau posisi di perusahaan pasti mempunyai tugas dan fungsinya masing – masing. Dan di zaman now ini bukanlah hal yang mudah untuk mencari posisi – posisi tertentu, terlebih apabila posisi Anda di perusahaan itu cukup strategis dan membutuhkan tenaga ahli yang profesional. Maka, manfaat kedua ini sangat penting untuk memberikan waktu kepada pihak perusahaan untuk mencari pengganti posisi Anda.
Rasionalnya begini, ketika Anda keluar dari pekerjaan di kantor, maka pada saat itulah posisi Anda dalam kondisi tidak ada yang mengurus atau menempatinya. Karena itu, surat pengunduran diri menjadi hal yang penting agar perusahaan bisa dengan cepat menemukan orang yang akan menggantikan posisi Anda tersebut. Di samping untuk memudahkan perusahaan, Anda juga akan lebih dihormati karena dengan Anda melakukan itu perusahaan akan selamat dari terbengkalainya tugas tertentu.
Apapun alasannya, tata cara untuk mengundurkan diri dari perusahaan sebaiknya dilakukan secara sopan dan beretika dengan menggunakan surat resmi. Berikut ini kami berikan contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan sebagai referensi Anda.
Contoh Format Surat Pengunduran Diri Kerja

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Bagaimana cara membuat surat pengunduran diri ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konsep dari membuat contoh surat lamaran kerja. Yang mana pada inti dan maksud dari kedua surat tersebut ialah sama-sama mengajukan suatu permohonan. Yang satu mengajukan permohonan supaya diterima kerja sedangkan yang satu lagi mengajukan permohonan supaya diijinkan berhenti dari tim atau karyawan.
Menurut fungsinya, surat pengunduran diri biasanya digunakan oleh seseorang sebagai pengunduran diri dari kerja di suatu perusahaan, pengunduran diri dari keanggotaan organisasi, jabatan, mahasiswa dan masih banyak yang lainnya. Dibawah ini adalah cara – cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar:

1. Gunakan Bolpoint Tinta Warna Hitam atau Biru

Cara yang pertama ini adalah cara tang dibuat secara manual. Jika dalam membuatnya kamu menggunakan cara manual ini atau tulisan tangan, maka sebaiknya gunakanlah bolpoint dengan tinta berwarna hitam atau biru. Hindari penggunaan tinta selain kedua warna tersebut. Mengapa? Karena, tinta warna hitam atau biru bisa memberikan kesan resmi dan formal, dan sebaliknya dengan tinta selain kedua warna tersebut terkesan tidak resmi, tidak formal dan terkesan tidak serius.

2. Menggunakan Bahasa yang Santun dan Sopan

Sebaiknya dalam membuat surat pengunduran diri gunakanlah bahasa yang baik, sopan dan santun. Bahasa yang baik merupakan bahasa yang mudah dipahami dan mudah dimengerti oleh siapun yang membacanya sera tidak berbelit-belit. Hindari juga penggunaan bahasa gaul dan bahasa sehari-hari.

3. Menggunakan Bahasa Resmi dan Sesuai EYD

Selain bahasa yang digunakan harus sopan dan santun, bahasa yang digunakan juga bahasa resmi dan sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Penggunaan bahasa resmi ini bersifat wajib dalam pembuatan surat formal misalnya dalam pembuatan surat lamaran, surat permohonan atau surat pengunduran diri. Penulisan juga harus sesuai EYD, bukan sembarang ejaan yang ngawur dan asal bisa dibaca apalagi menggunakan bahasa atau kata – kata anak kids zaman now.

4. Menyampaikan Maksud Tanpa Bertele-tele

Setelah mengucapkan salam pembuka dan penghormatan dalam surat, alangkah baiknya langsung sampaikan maksud dari inti surat tersebut yaitu permohonan untuk mengundurkan diri. Sampaikan permohonan pengunduran diri dengan bahasa yang sederhana, simpel, sopan serta santun dan tidak menyinggung pihak manapun. Jangan lupa sampaikan juga alasan yang mendasari Anda mengundurkan diri.

5. Menyampaikan Ucapan Terimakasih

Dalam pembuatan surat pengunduran diri sampaikalahn ucapan terimakasih. Mengapa ? karena Anda sudah diberikan kesempatan bisa bergabung dengan perusahaan, organisasi atau instansi dimana sebelumnya Anda bergabung. Sampaikan juga ucapan terimakasih atas pengalaman paling berharharga yang Anda diperoleh selama bergabung dengan perusahaan atau organisasi. Dengan menyampaikan ucapan terimakasih ini secara tidak langsung Anda menunjukkan bahwa memiliki sikap sopan dan mengakui jasa mereka.

6. Penyelesaian Tanggung Jawab

Setelah Anda mengirimkan atau mengajukan surat pengunduran diri, bukan berarti Anda lepas dan bebas dari semua beban pekerjaan dan tanggung yang Anda emban ya. Anda masih memiliki kewajiban menyelesaikan tugas terakhir Anda hingga waktu yang telah ditentukan, atau sampai selesainya tugas terakhir yang ada dalam tanggung jawab Anda sebelum Anda mengajukan surat pengunduran Diri.
Jangan lupa sampaikan juga mengenai penyelesaian tugas dan tanggung jawab terakhir Anda di dalam surat pengunduran diri yang telah ajukan. Tuangkan di dalam surat tanggal atau waktu batas terakhir Anda bekerja. Bisa juga Anda ajukan masa terkahir bekerja misalnya setelah Anda menyelesaikan tugas dan tanggung jawab terkahir yang sedang Anda tangani saat ini.

Contoh Format Surat Pengunduran Diri Kerja

Bagi Anda yang ingin berhenti dari tempat kerja dengan berbagai alasan, berikut ini kami berikan referensi surat resign. Yuk, simak!

Contoh Surat Resign Resmi

Jakarta, 15 Februari 2019

Yth.
Bapak Mugi Subagja
Direktur PT. Abadi Sentosa
di Tempat

Dengan Hormat,
Berdasarkan penjelasan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-undang kerja, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama               : Marco Stefiano
Departemen     : Business Development
Jabatan             : Supervisor
No. Karyawan  : AB0987653625

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Abadi Sentosa terhitung sejak tanggal 26 April 2019. Adapun alasan saya adalah karena telah mendapatkan pekerjaan baru di perusahaan lain. Semua yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai Supervisor akan saya laksanakan sampai masa pengunduran diri saya.
Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan kerja yang telah perusahaan ini berikan kepada saya. Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen PT. Abadi Sentosa, apabila selama saya mengabdi pada perusahaan ini, saya pernah melakukan kesalahan. Semoga PT. Abadi Sentosa terus berkembang dan maju di masa yang akan datang.

 Hormat Saya, 
[Tanda tangan]
Marco Stefiano

Contoh Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris

Jakarta, January 24th, 2019

Dear,
Mr. Jason T. Haniel
Business Director of Maxx Advertising PT
Jakarta

With Honors,
Through this letter, I would like to inform you that I am resigning from my position as Account Manager for Maxx Advertising PT, effective March 27th, 2019.
I will carry out everything related to my duties and responsibilities as Account Manager until my resignation period.
Thank you for the opportunities for professional and personal development that the company provided me during the last four years. I have enjoyed working for Maxx Advertising PT and really appreciate the support provided me during my tenure with the company.
If I can be of any help during this transition, please let me know.

Sincerely,         
[Sign]             
Serena L. Darmawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Bandung, 2 Januari, 2019

Perihal : Pengunduran Diri
Yth.
Kepala Sekolah SMA Negeri 24 Bandung
Ibu Sumiyati Nurjannah
di Tempat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                 : Agus M. Syarifuddin, S.Pd
Tempat, tgl lahir: Bogor, 2 maret 1978
Jabatan              : Guru Musik
NIP                    : 813479034532
Alamat               : Jalan Perjuangan No. 13, Bandung

Secara resmi mengundurkan diri sebagai Guru Musik di SMA Neger 24 Bandung, terhitung sejak Senin, 25 Februari 2019. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah ingin melakukan pengobatan di Jakarta.
Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya sebagai tenaga pengajar di SMA Negeri 24 Bandung. Saya juga meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada jajaran komite, guru, dan staff SMA Negeri 24 Bandung, apabila selama ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan selama masa saya bekerja.
Harapan saya, semoga SMA negeri 24 Bandung semakin maju dan terus berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik.

Hormat Saya,          
[tanda tangan]          
Agus M. Syarifuddin, S.Pd
NIP. 813479034532    

Contoh Surat Resign Guru Lainnya

Lamongan, 11 Juni 2018

Kepada Yth.
Kepala Sekolah SMK Pertiwi
Lamongan

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini atas nama Siti Halimah. Bermaksud mengajukan surat permohonan diri dari SMK Pertiwi Lamongan dengan alasan membutuhkan istirahat yang cukup lama. Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak SMK Pertiwi yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengajar dan mencari pengalaman di sini selama kurang lebih 3 tahun. Dan tak lupa saya ucapkan permohonan maaf apabila selama bekerja di sini saya melakukan suatu kesalahan, baik yang saya sengaja atau tidak sengaja.
Harapan saya ke depan, SMK Pertiwi akan semakin maju dan banyak diminati.

Hormat Saya,

Siti Halimah 

Contoh Surat Pengunduran dari Hotel

Malang, 02 Maret 2019

Kepada Yth.
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Mulia Indah
Jl. Sukamaju, Malang, Jawa Timur
Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Muhammad Asiq Setiawan
Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 13 Maret 1988
Alamat: Malang
Jabatan:’Resepsionist
Melalui surat ini, saya hendak menyampaikan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri pada tanggal 10 Maret 2018 dengan alasan ingin melanjutkan pendidikan S3. Keseluruhan tugas yang selama ini telah menjadi tanggung jawab saya sebagai resepsionist hotel akan tetap saya laksanakan dengan professional hingga tanggal pengunduran diri saya.
Kepada segenap pimpinan hotel, saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya karena sudah bersedia menerima saya dengan segenap kemampuan yang saya miliki. Dan kepada segenap karyawan hotel saya juga mengucapkan banyak terima kasih. Pihak-pihak yang selama ini membantu dan membimbing saya. Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya karena sudah tidak bisa menjadi bagian dari hotel ini kembali.
Demikian surat pengunduran diri saya yang dibuat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak namapun.

Hormat saya,          
Muhammad Asiq Setiawan

 Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Surat Pernyatan Pengunduran Diri

Sebagai anggota dari Badan Eksekutif Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama: Ilhamudin
Jabatan di BEM: Sekretaris
Fakultas: Hukum
NIM: 184577269
Alamat: Jl. Mawar Merah, Wonocolo, Surabaya

Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dengan alasan kondisi kesehatan tubuh yang kurang baik sehingga harus melakukan berbagai alternatif pengobatan yang menuntut untuk istirahat total.
Oleh karena itu, dengan tujuan menjaga jalannya roda organisasi BEM agar tetap maju, ketua mencari pengganti untuk posisi yang saya tinggalkan. Saya menyerahkan semua keputusan kepada pihak BEM.
Saya mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya apabila menjalankan tugas di organisasi selama ini kurang maksimal dan membuat suatu kesalahan, baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Berikut hal-hal yang mungkin tidak berkenan di hati para anggota saya minta maaf dari lubuk hati yang paling dalam.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Saya berharap untuk kedepannya nanti, pengurus BEM bisa lebih maju dan bertanggung jawab atas semua amanah yang diemban. Dan saya juga berharap agar semua pihak bersedia memaklumi keadaan saya saat ini yang terpaksa harus mengundurkan diri dari jabatan organisasi. Atas dukungan dan doanya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Yang menyatakan
 Materai 6000     
Ilhamudin       

Contoh Surat Resign dari Bank

Jakarta, 10 April 2019

Kepada Yth.
Direktur BANK Indonesia
Jl. Ciliwung, No. 41 Jakarta Pusat
Dengan Hormat,
Bersamaan dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan surat pengunduran diri sebagai salah seorang karyawan PT Bank Indonesia atas:
Nama: Mahbub Junaidi
Alamat: Jl. Soekarno. No. 11, Jakarta Selatan
Dengan ini saya bermaksud mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang selama ini diberikan oleh pihak Bank Indonesia kepada saya untuk bekerja di Bank Indonesia yang merupakan bank nasional dengan posisi admin dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun.
Ucapan maaf yang sebesar-besarnya juga tak lupa saya ucapkan kepada semua pihak dan jajaran managemen Bank Indonesia. Terlebih jika terdapat hak-hak yang kurang berkenan yang sudah saya perbuat selama bekerja di Bank Indonesia sebagai Admin.
Saya senantiasa berharap agar Bank Indonesia semakin maju dan terorganisir dengan baik.

Hormat Saya,  
Mahbub Junaidi

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Kontrak 

Surat Pengunduran Diri

Kediri, 11 April 2018

Yth. Alif Pratama
Direktur PT. Maju Sejahtera
Kediri
Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya atas nama Silvana bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Maju Sejahtera sebagai Sales Marketing terhitung sejak 20 April 2018.
Saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak PT. Maju Sejahtera yang telah memberikan kesempatan serta kepercayaan kepada saya untuk bekerja di PT. Maju Sejahtera. Tak lupa saya juga mengucapkan maaf apabila selama bekerja di perusahaan ini terdapat sikap atau tingkah laku yang kurang berkenan di hati semua pihak.
Harapan saya ke depan, PT. Maju Sejahtera akan semakin maju dan terus mengalami perkembangan.

Hormat Saya,
Silvana     

Contoh Surat Pengunduran diri yang Simple

Kepada Yth.

Pimpinan PT. Indonesia Jaya
Dengan Hormat,

Dengan kedatangan surat ini, saya atas nama Handoko bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Indonesia Jaya sebagai Sopir distributor dengan alasan akan pindah tempat tinggal. Saya  berterima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama ini. Dan mohon maaf apabila selama bekerja saya melakukan suatu kesalahan yang merugikan semua pihak.
Demikian surat ini saya buat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari siapapun. Semoga PT. Indonesia Jaya semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

Handoko

 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Baik dan Sopan

Yogyakarta, 17 Mei 2018

Kepada Yth. Ketua Perusahaan Multimedia
Di Tempat
Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama: Ahmad Subakir
Alamat: Sleman, Yogyakarta
Jabatan: Direktur Pemasaran
Dengan ini memohon surat pengunduran diri sebagai karyawan di perusahaan Bapak dikarenakan harus menjalani perawatan akibat penyakit yang saya derita. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada pihak Perusahaan Multimedia yang telah memberikan saya kesempatan menjadi bagian di dalamnya selama kurang lebih 5 tahun. Dan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama bekerja di sini, ada banyak kesalahan yang saya perbuat.
Semoga ke depan Perusahaan Multimedia semakin maju dan mendunia.

Hormat Saya,

Ahmad Subakir

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Disertai Alasan

Surabaya, 2 Mei 2018

Kepada Yth.
Direktur PT. Sampoerna
Di Surabaya

Dengan Hormat,
Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:  
Nama: Setia Budi
Alamat: Jl. Ahmad Yani, No. 20 Surabaya Kota
Jabatan: Akuntan
Bermaksud untuk mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari PT Indonesia Jaya dikarenakan harus melanjutkan bisnis yang sudah berkembang di berbagai kawasan. Saya ucapkan beribu terima kasih kepada pihak PT. Indonesia Jaya yang telah menerima saya dan memberikan pengalaman kerja terbaik sampai hari ini. Permohonan pengunduran diri ini terhitung sejak tanggal 10 Mei 2018.
Dan tak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak PT. Indonesia Jaya apabila selama menjabat sebagai Akuntan di perusahaan ini, saya sempat melakukan kesalahan baik yang disenjaga ataupun yang tidak disenjaga.
Harapan saya ke depan, PT. Indonesia Jaya akan semakin sejahtera dan maju seiring berkembangnya jaman.

Hormat Saya,

Setia Budi

Contoh Surat Pengunduran diri dari Perusahaan

Surat Pengunduran Diri

Bandung, 15 Juni 2018

Yth. Dimas Anggara
Direktur PT. Sinar Makmur
Bandung

Dengan Hormat,

Melalui kedatangan surat ini, saya Siti Aisyah bermaksud mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari PT. Sinar Makmur sebagai Customer Service terhitung sejak 20 Juni 2018.
Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya tak lupa saya haturkan kepada semua pihak PT. Sinar Makmur yang telah memberikan kesempatan serta kepercayaan kepada saya. Dan tak lupa saya juga memohon maaf tak terhingga  kepada seluruh keluarga besar PT. Sinar Makmur apabila selama bekerja di perusahaan ini saya melakukan suatu kesalahan, baik yang disengaja ataupun yang tidak senjaga.
Saya sangat berharap, ke depan PT Sinar Makmur akan lebih berkembang dan senantiasa mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

Siti Aisyah

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karena Ingin Melanjutkan Kuliah

Bandung, 15 Juni 2018

Yth. Dimas Anggara
Direktur PT. Sinar Makmur
Bandung

Dengan Hormat,
Seperti disebutkan dalam kontrak kerja, dengan ini saya memberitahukan keinginan saya untuk mengundurkan diri dalam empat minggu nanti dari jabatan saya sebagai Finance staf.
Saya butuh untuk mengembangkan pengetahuan saya dan keterampilan saya dalam akuntansi untuk lebih profesional dan juga merupakan tujuan saya. Oleh karenanya, saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah saya di bidang accounting. Hal tersebut bukanlah keputusan yang mudah, tetapi saya yakin dengan langkah ini. Saya harap Anda dapat mengerti dan mendukungnya. Saya jamin bahwa saya akan melakukan apapun yang saya bisa bantu untuk mempermudah pemindahan tanggung jawab sebelum saya keluar.
Bila anda membutuhkan keterampilan saya di bidang keuangan, saya tentunya ingin kembali setelah menyelesaikan belajar saya. Saya berharap Anda dan Bapak Dody selalu diberkati dengan keberuntungan. Dan saya mengucap syukur yang menjadikan saya sebagai bagian tim Anda.

Hormat saya,

Tanda Tangan

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Alasan Ingin Melanjutkan Kuliah dalam Bahsa Inggris

Dear, Mrs. Nita
As required by my contract of employment, I hereby give you four weeks’ notice of my intention to leave my position as finance.
I need to emphasize my knowledge and skills in accounting for my professional and personal goals.
Therefore, I decided to continue my studies in the field of accounting. It is not an easy decision, but I am sure with this step. I hope you will understand and support.
Please be assured that I will do all I can to assist in the smooth transfer of my responsibilities before leaving.
Should you have any need for my skills in the area of Finance, I would of course consider returning once I have completed my studies. In the meantime, I wish both of you and Mr. Dody every good fortune and I would like to thank you for having me as part of your team.
Your sincerely,
(Tanda Tangan Anda)

 Contoh Surat Pengunduran Diri Mahasiswa dari Kuliah

Semarang, 29 Juli 2014

Kepada Yth
Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang
di Tempat

Dengan Hormat

Melalui surat ini, bahwa yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Anifan Muallif
NIM : 001162563
Fakultas : Teknik
Jurusan : Teknik Mesin
Bahwa saya mengajukan permohonan permohonan pengunduran diri saya sebagai mahasiswa Universitas Negeri Semarang Fakultas Teknik, jurusan teknik mesin, tahun akademik 2014. Alasan pengunduran diri saya adalah karena diterimanya saya sebagai mahasiswa di Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN).

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Orang Tua / Wali Pemohon
Abdul Halim    Anifan Muallif

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa saya sajikan. Di antara yang dapat saya sebutkan di atas adalah format surat pengunduran diri, contoh surat resign, contoh surat pengunduran diri kerja, contoh surat pengunduran diri dari organisasi dan contoh surat pengunduran diri mahasiswa dan lainnya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Sekian dan Terima Kasih,

Leave a Comment