Teks Pembawa Acara

Teks pembawa acara – Pembawa acara adalah seseorang atau lebih yang mempunyai tugas sebagai pemandu agar acara bisa berjalan secara teratur dengan susunan yang telah dibuat sebelumnya.

Selain itu pembawa acara juga diharuskan bisa memanajemen waktu agar semua acara bisa berjalan dengan lancar. Kamu yang saat ini masih pemula, bisa saja membutuhkan contoh teks pembawa acara agar tidak gugup dan kata-kata dapat tersusun dengan baik.

Teks pembawa acara pengajian

teks pembawa acara pengajian

Pengajian juga membutuhkan pembawa acara, biasanya dilakukan oleh peserta pengajian yang memang sudah biasa membawakan acara. Namun Anda juga bisa menjadi pembawa acara pengajian, misal untuk acara pengajian rutin tingkat RT. Pilihlah salam pembuka menggunakan bahasa yang nyaman menurut Anda agar lebih baik saat disampaikan.

“Bapak (nama) pengasuh pengajin rutin yang kami hormati, bapak dan ibu dan para hadirin sekalin yang dimuliakan Allah. Marilah kita panjatkan syukur kehadirat Allahi rabbi, yang mana pada kesempatan kali ini kita semua diberikan nikmat sehat. Nikmat iman dan taqwa sehingga mampu hadir ke acara pengajian rutin yang dilaksanakan setiap bulannya.

Shalawat salam juga marilah kita sanjungkan kepada nabi besar Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat dan pengikut-pengikut nabi. Hadirin yang dimuliakan Allah, saya akan menyampaikan susunan acara pada hari ini (susunan acara). Selanjutnya marilah kita buka acara pengajian kali ini dengan basmallah, semoga acara lancar dan mampu memberikan manfaat bagi kita semua.

Acara terakhir tanya jawab sudah selesai, maka berakhirlah pula susunan acara kita pada hari ini. Marilah kita panjatkan doa yang akan dipimpin olah bapak ustad (nama). Saya selaku pembawa acara mengucapkan terima kasih dan memohon maaf apabila ada salah-salah kata atau kesalahan lain, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

Teks pembawa acara rapat

teks pembawa acara

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bapak Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan yang kami hormati, Bapak Wali Kota Kodya Palembang beserta seluruh tamu undangan yang saya muliakan, marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas segala kebaikan yang telah Tuhan anugerahkan kepada kita bersama, kita dapat berkumpul di sini.

Pada kesempatan ini, kami atas nama panitia dan keluarga besar MTs Mulia Darma mengucapkan terima kasih setulusnya atas kehadiran Bapak, Ibu, dan hadirin semuanya di Aula MTs Mulia Darma, dalam rangka penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan.

Sebelum menginjak acara yang pertama, perkenankan kami, menyampaikan rangkaian acara penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan.

Acara yang pertama adalah pembukaan, kemudian dilanjutkan sambutan ketua panitia dan sambutan Wali Kota Kodya Palembang. Selanjutnya adalah acara inti, yaitu penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan oleh Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan. Acara keempat, yaitu kesan dan pesan dari sang Guru Teladan. Acara kelima, yaitu lain-lain. Di pengujung acara akan kita tutup dengan doa bersama.

(Selanjutnya, penyampaian acara dapat diperinci sebagai berikut.)

1. Untuk mengawali acara kita kali ini, marilah acara ini kita buka dengan doa bersama. Berdasarkan keyakinan kita masing-masing, berdoa mulai.

2. Acara selanjutnya adalah sambutan. Sambutan yang pertama yaitu dari ketua panitia, yang akan disampaikan oleh Bapak Ir. Anwar Simatupang. Kepada Bapak Anwar kami persilakan. (setelah sambutan selesai) Terima kasih kepada Bapak Anwar, dan sambutan yang kedua, yaitu oleh Wali Kota Kodya Palembang. Kepada Bapak Wali Kota Kodya Palembang kami persilakan.

3. Hadirin yang terhormat, kini tibalah saatnya kita pada acara inti, yaitu penyerahan penghargaan guru teladan Provinsi Sumatra Selatan. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Bapak Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan kepada Bapak Drs. Bahri Khaerudin, kepala MTs Mulia Darma Palembang. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari sang guru teladan. Kepada beliau Bapak Kepala Depdiknas dan Bapak Bahri Khaerudin kami persilakan.

4. Demikian tadi acara penyerahan penghargaan serta kesan dan pesan yang disampaikan oleh guru teladan Provinsi Sumatra Selatan tahun ini, Bapak Drs. Bahri Khaerudin. Hadiran yang terhormat, menginjak acara kita selanjutnya, yaitu lain-lain. Pada acara ini kita akan beristirahat sejenak untuk menyaksikan penampilan grup band “Motivasi” MTs Mulia Darma. Kepada grup band “Motivasi” dan panitia yang bertugas kami persilakan.

5. Hadirin sekalian, tibalah saatnya kita sampai pada pengujung acara ini, yaitu penutup. Sebelum acara ini kita tutup, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin yang berkenan mengikuti acara ini. Kami atas nama panitia mohon maaf atas segala kekurangan berkaitan dengan pelaksanaan acara ini. Akhir kata, marilah acara ini kita tutup dengan doa bersama. Hadirin yang terhormat, berdoa dimulai. (setelah doa selesai) Sekian dari kami,

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Teks pembawa acara isra miraj

teks pembawa acara

Assallaamu allaikum wr. wb.

Alhamdulillaahi robbilalamin, al qaail: Subhaanalladzii asroo bi’abdihii laylam minal masjidil haroomi ilal masjidil aqshol ladzii baaroknaa hawlahuu linuriyahuu min aayaatinaa, innahuu huwas samii’ul bashiir.

Ashsholaatu wassalaamu ’alaa akromin nabiyyiin wa asyrofil mursaliin, Muhammadin al qooil: Uthlubil ‘ilma minal mahdi ilal lahdi, wa’alaa aalihii wa ashhaabihi wa atbaa’ihii ilaa yaumiddiin, ammaa ba’du…

Yang kami ta’zhimi, Al Ustadz … , selaku penceramah,

Yang kami hormati, Ketua Pengurus Takmir masjid …… beserta jajarannya,

Yang kami banggakan, Ketua Panitia acara Peringatan Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW., 1440 H., di masjid ……, beserta jajarannya,

Yang kami hormati, Bapak Kepala Desa ……, beserta aparaturnya,

Yang kami muliakan, Tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda,

Hadirin, Bapak-Bapak, Ibu-Ibu, Saudara/i dan Anak-Anak sekalian yang kami cinta sayangi.

Adalah merupakan tanda syukur yang utama tatkala kita mengucapkan kalimat Hamdalah: ALHAMDULILLAAH … ALHAMDULILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN, sebagai ungkapan puja-puji syukur kita ke hadirat Allah SWT., Tuhan Yang senantiasa memberikan kita rahmat, nikmat, kesehatan, serta kesempatan, sehingga kita dapat berhadir di acara Peringatan Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW, 1440 H., dan bersilaturrahim dalam rangka menuntut ilmu di masjid …. yang kita cintai ini.

Dan adalah merupakan bukti tanda cinta kepada Rasul tatkala kita menyenandungkan Shalawat: ALLOOHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD, WA ‘ALAA AALIHII WA SHOHBIHII AJMA’IIN, seraya kita memanjatkan harapan, semoga Allah menetapkan beliau sebagai suri tauladan utama kita, hingga akhir hayat. Aamin YRA.

Hadirin yang berbahagia,
Selaku penata acara, kami bersama panitia acara Peringatan Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW, 1440 H., telah mengemas kegiatan ini ke dalam serangkaian acara yang ringkas dan padat, tanpa mengenyampingkan makna peringatan ini.

Baiklah, demi efektifitas acara, efisiensi waktu, rangkaian acara ini kami kemas sebagaimana berikut ini :

1. Pembukaan
Pembacaan Surah Al Fatihah, dipandu oleh …

2. Lantunan Ayat Suci & Sari tilawah
Dibawakan oleh ……. dan …..

3. Senandung Shalawat Nabi
Dipimpin oleh …..

4. Kata sambutan
a. Ketua Panitia
b. Kepala Desa

5. Ceramah agama
Disampaikan oleh ….

6. Do’a/Penutup
Dipimpin oleh ….

1. Hadirin yang kami hormati,
Marilah kita buka acara Peringatan Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW, 1440 H. ini dengan Pembacaan Surah Al Fatihah yg akan dipandu oleh …..
Kepada beliau kami haturkan.

> Berkat Pembacaan Surah Al Fatihah, kami berharap acara ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya, tanpa kendala yang berarti. Aamiin. Kepada beliau kami sampaikan Terimakasih.

2. Hadirin sekalian,
Sekarang kita akan berlanjut kepada rangkaian acara kedua, yaitu Lantunan Ayat Suci & Sari tilawah, dan akan dibawakan oleh ……. dan …..
Kepada Sdr …. dan Sdr ….. kami persilahkan.

> Itulah Lantunan Ayat Suci beserta Sari Tilawah yang begitu menggugah jiwa. Semoga kita mendapatkan pahala, Hidayah, dan Inayah dari Allah SWT. Aamiin. Dan kepada mereka berdua, kami ucapkan Terimakasih

3. Baiklah, kali ini kita akan beralih ke rangkaian acara ketiga yaitu Senandung Shalawat Nabi yang akan dipimpin oleh …..
Kepada beliau kami haturkan.

> Mudah-mudahan Senandung Shalawat Nabi yang semarak ini dapat menghantarkan kita ke dalam dekapan syafaat Sang Rasul. Aamiin. Kepadanya, kami ucapkan Terimakasih.

4. Hadirin sekalian,
Perlu kita sadari bersama bahwa dibalik acara yang megah ini ada sejumlah pihak yang mensupportnya sehingga acara ini bisa terlaksana seperti ini.

a. Sebagai tanda terima kasih, maka Panitia mengakomodir ke dalam rangkaian acara Kata Sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh Ketua Panitia yakni …..
Kepadanya, kami persilahkan.

> Itulah tadi penyampaian sepatah dua patah kata dari Ketua Panitia. Kepadanya, kami ucapkan banyak Terimakasih.

b. Hadirin yang berbahagia,
Sebagai Kata Sambutan yang kedua dan tak kalah pentingnya dari sambutan yang pertama, Mari kita simak penyampaian Kata Sambutan dari Kepala Desa ….
Kepada Bapak ….. kami persilahkan.

> Demikianlah Kata Sambutan dari Bapak Kepala Desa … pada acara malam hari ini. Kepada beliau kami haturkan banyak Terimakasih.

5. Hadirin-hadirat yang dimuliakan Allah,
Empat rangkaian acara sudah kita lewati. Maka sekarang saatnya kita beranjak ke acara yang kelima, yakni acara inti, yang akan diisi dengan Ceramah Agama seputar Isra’ Mikraj, akan disampaikan oleh penceramah kharismatik, berasal dari kota ….
Kepada Yth. Al Muhtarom ….. kami haturkan.

> Demikianlah penyampaian Ceramah Agama oleh ……, semoga kita bisa mengambil hikmahnya, dan mengindahkannya dalam keseharian kita, sehingga kita menjadi pribadi yang lebih baik di sisi Allah. Aamiin. YRA.

6. Hadirin sekalian,
Sebagai penutup plus penyempurna rangkaian acara ini, marilah kita bermohon keberkahan majlis kepada Allah lewat do’a.
Do’a sekaligus penutup akan dipimpin oleh …..
Kepada beliau, kami haturkan.

> Terimakasih kami haturkan. Dengan berakhirnya do’a tadi maka berakhir pula acara Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW, 1440 H di masjud ….. pada malam hari ini.

Kami selaku pembawa acara mengucapkan Terimakasih yg mendalam atas segala perhatian, dan memohon maaf dan ampun atas segala kekhilafan.

Wabillaahit taufik wal hidaayah

Assallamuallaikum.Wr. wb

Teks Pembawa Acara Ngunduh Mantu

1. Acara Pra Nikah

Selamat pagi, Hadirin tamu undangan yang berbahagia.

Sebuah kebahagiaan yang tak terhingga bagi kami dan keluarga mempelai karena bapak, ibu, dan saudara dapat meluangkan waktu menghadiri Acara Ngunduh Mantu pasangan Alreza Nazola, S.Ap dan Anggraini novita putri. S.AP

(Bacakan kata mutiara sembari pengantin melakukan prosesi penymabutan, kemudian melangkah masuk ke geduang/pelaminan).

Sebagai rasa hormat kami kepada bapak, ibu, dan saudara untuk berbagi kebahagiaan dengan menyambut sang pengantin yang elok rupawan bagaikan sang pangeran dan putri raja yang akan melangkah di karpet nan indah dikelilingi mawar merah untuk menuju singgasana pelaminan.

Selain itu, pelaminan nan megah di iringi pagar ayu yang cantik dan tampan serta melodi yang merdu ikut mengiringi langkah keduanya untuk duduk bersanding, yang didampingi oleh ayah bunda dan keluarga tercinta.
_________________

Sungguh Allah yang Maha Agung, yang telah menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan, siang dan malam, bulan dan bintang, kumbang dan madu, pria dan wanita. Dan sungguh membahagiakan telah menciptakan-Nya kedua insan untuk saling bertemu dan mengikat janji suci dalam pernikahannya.

Baik, Kami persilahkan untuk kedua mempelai dan kedua orang tua duduk di pelaminan.
_________________

2. Memulai Acara Ngunduh Mantu,

Awali dengan mengucapkan salam

-Assalamualikum wr..wb.
– Yang terhormat, Keluarga besar mempelai pria bpk, Budi & ibu : Ani
– Yang kami hormati, keluarga besar mempelai wanita bpk: Andi dan ibu: Susi
– dan Yang kami hormati, bapak/ibu tamu tamu undangan yang berbahagia .

(Mukoddimah)
– Puji sykur kepada allah swt, pada kesempatan ini kita masih diberiNYA keselamatan, kesehatan jasmani dan rohani. Sehingga kita dapat berkumpul dalam acara ngunduh mantu yang berlangsung di kediaman mempelai pria …beralamat di…RT/RW…Kec…Kab/kota…

Hadirin yang berbahagia,,
Mempelai pria:
Bernama:
Lahir : ..
Usia : ..
Alamat : ..
Anak ke: ..
Nama ayah : ..
Nama ibu : ..
Lulusan: ..

Telah mempersunting kekasih tercintanya bernama:

Nama : ..
Lahir : ..
Usia: ..
Tinggal:
Anak ke: ..
Nama ayah: …
Nama ibu: …
Lulusan: ..

– Untuk itu, mari satukan pandangan kita ….(retotika anda bla bla..). Kemudian semmbari memperkenalkan (duduk dipelaminan persembahan dari Berti dekorasi, Attier dari berti galeri dengan indah nan megah dan Tatarias persembahan dari.., sehingga terlihat cantik paripurna bak ratu dan raja, sembari menikmati moment kebahagian mereka.

-Alhamdulillah syukur keduanya telah melangsungkan akad nikah, pada tgl ……………dengan aman dan sukses.
_________________

Masuk ke Acara Inti Bagian Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Hadirin yang berbahagia
– Penampilan Tari (jika ada)..
– Buka Acara setelah tari, jika tidak ada tarian, maka langsung ke bagian susunan acaranya.
__________________
1. Pembukaan: Basmaallah
2. Sambutan:
3. Pembacaan kalam ilahi: (jika ada).
4. Do’a:
5. Foto bersama: (Diawali tamu kehormatan)
6. Penutup: Hamdalah

Hadirin, undangan yang berbahagia.

Terima kasih atas kehadiran bapak/ibu tamu undangan. mudah-mudahan sekaligus menjalin tali silaturahmi kita yang tak akan pernah putus, serta do’a restu Bapak /Ibu yang telah berkenan memberikan semangat yang akan menjadi bekal cinta kasih menghiasi awal perjalanan hidup baru kedua mempelai agar sakinah, mawadah, warohmah amin..

Bapak ibu hadirin yang berbahagia, marilah kita sama-sama menutup acara ini dengan lafadz Hamdalah.. (Alhamdulillah).

Saya…mewakili kedua keluarga besar mengucapkan termakasih, mohon maaf jika ada salah kata. wassalamualaikum..wr..wb.

Contoh teks pembawa acara perpisahan sekolah dasar

Perpisahan sekolah ini mulai dari TK, SD, SMP dan SMA diselenggarakan dengan susunan acara tertentu. Untuk acara TK dan SD biasanya pembawa acaranya adalah guru kelas yang ditunjuk. Sedangkan untuk SMP dan SMA bisa adik tingkat yang tidak mengikuti acara perpisahan yang dilakukan. Berikut contoh untuk acara perpisahan siswa dan siswa di salah satu SMA.

“Yang terhormat bapak (nama) kelapa sekolah, yang terhormat bapak /ibu guru, serta staf SMA (nama sekolah). Serta teman-teman yang saya cintai dan bapak ibu wali murid yang datang pada hari ini. Tak lupa marilah kita ucapkan syukur pada kesempatan yang bahagia ini karena atas berkah Allah SWT kita semua bisa berkumpul di aula ini dalam acara perpisahan murid kelas 12.

Hadirin sekalian agar acara dapat berjalan dengan lancar, saya (nama) akan membacakan susunan acara perpisahan murid kelas 12 pada hari ini (susunan acara). Pertama marilah kita buka acara dengan mengucapkan basmalah, bismillaahirrahmanirrahim. Acara pertama pada hari ini adalah kata sambutan dari kepala sekolah SMA (nama sekolah), kepada bapak kami persilahkan.

Tidak terasa sudah tiga jam kita bersama, acara demi acara telah terlewati dengan lancar. Akhirnya sampailah kita pada akhir acara perpisahan siswa siswi kelas 12 SMA (nama sekolah). Saya ucapkan terima kasih atas waktunya dan mohon maaf apabila terdapat kekeliruan selama membawakan acara perpisahan ini. Terus maju SMA (nama sekolah), semoga alumni bisa sukses ditempat berikutnya.” (sekolahnesia.com)

Teks Pembawa Acara

Teks MC

infastpedia
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *