Susunan Teks Undangan Pernikahan yang Benar

teks undangan pernikahan islami

Teks undangan pernikahan – Saat akan menggelar acara pernikahan dan mengundang rekan atau kerabat, undangan pernikahan adalah hal yang harus diperhatikan. Adanya undangan ini menjadi formalitas dan sebuah etika yang mana menunjukkan Anda secara resmi mengundang teman atau kerabat tersebut.

Ada beberapa informasi penting yang harus Anda masukkan dalam teks undangan pernikahan. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat undangan pernikahan.

Bagaimana Membuat Teks Undangan Pernikahan

teks undangan pernikahan

Dalam penyusunan teks untuk undangan pernikahan biasanya bervariasi. Yang pasti, di dalam teks undangan tersebut tercantum kalimat yang menunjukkan bahwa Anda sebagai calon mempelai atau keluarganya, turut mengundang rekan atau kerabat serta informasi penting lainnya.

Nah, inilah yang harus Anda ketahui dalam penyusunan sebuah kartu undangan pernikahan. Ada beberapa informasi penting yang harus Anda cantumkan di dalam undangan pernikahan. Apapun kalimat basa basi dan isi teks undangan pernikahan yang ada di dalamnya, informasi inilah yang harus ada dan tercantum.

1. Pembuka

Bagian pembuka biasanya berada di bagian paling luar yang akan terlihat oleh penerima undangan. Pada bagian pembuka ini, yang dicantumkan adalah nama penerima atau nama orang yang diundang, diikuti kemudian nama kedua mempelai dan waktu penyelenggaraan acara pernikahan.

2. Salam Pembuka

Setelah bagian pembuka, selanjutnya masuk ke bagian utama yaitu bagian isi undangan. Isi undangan diawali dengan salam pembuka. Salam pembuka ini pun bermacam-macam. Umumnya, jika calon mempelai yang akan menyelenggarakan pernikahan adalah seorang muslim, salam pembuka ini disisipkan ayat tentang pernikahan.

Ada pula calon mempelai yang menyisipkan kata mutiara, kutipan atau nasehat bijak tentang pernikahan atau hidup berpasangan. Anda bisa menggunakan jenis salam pembuka apapun yang menurut Anda menarik.

3. Informasi Penyelenggaraan Pernikahan

Bagian paling penting yang harus tercantum di dalam teks undangan pernikahan adalah informasi penyelenggaraan pernikahan. Informasi ini meliputi nama mempelai beserta nama orang tua mempelai, tanggal dan waktu pelaksanaan akad nikah dan resepsi dan lokasi penyelenggaraan akad nikah dan resepsi.

Ini adalah bagian paling penting, karena tanpa informasi ini maka penerima undangan tidak akan tahu siapa yang mengundang dan kapan serta dimana acara diselenggarakan. Karena tujuan Anda mengirim undangan adalah berharap agar penerima undangan hadir, maka Anda juga harus menyertakan informasi selengkap mungkin dalam undangan yang Anda kirim tersebut.

4. Informasi Tambahan Lainnya

Selain informasi utama berkaitan tentang penyelenggaraan pernikahan seperti yang dijelaskan sebelumnya, hal lain yang juga bisa dicantumkan di dalam teks undangan untuk pernikahan adalah informasi tambahan lainnya. Informasi tambahan ini bisa beragam, mulai dari peta menuju lokasi misalnya. Atau, jika penyelenggaraan pernikahan Anda menerapkan konsep tertentu, Anda bisa menambahkan informasi dresscode pada bagian ini.

Semakin berkembangnya teknologi, informasi tambahan berupa denah lokasi tidak hanya bisa dicantumkan dalam bentuk gambar denah konvensional saja. Penyelenggara acara pernikahan kini bisa menggunakan teknologi barcode untuk menunjukkan lokasi, yang mana tampilannya pun jadi lebih menarik.

Ketika menyelenggarakan pernikahan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Apalagi jika Anda menyelenggarakan pesta pernikahan yang mengundang banyak orang, maka Anda harus menyiapkan undangan sebagai sarana untuk mengundang tersebut.

Nah, saat membuat undangan, 4 hal di atas harus Anda masukkan dalam teks undangan pernikahan tersebut, jangan sampai penerima undangan tidak mendapatkan informasi jelas atas undangan yang Anda berikan.


Teks Undangan Pernikahan


Yang sering dicari:

  • teks undangan pernikahan word
  • download undangan pernikahan islami
  • contoh format isi undangan pernikahan
  • kata-kata undangan pernikahan islami lewat sms
  • kata-kata mutiara untuk undangan pernikahan
  • contoh undangan pernikahan
  • kata-kata undangan pernikahan video
  • caption undangan pernikahan di instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *