13+ Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon Kekinian

Tempat Wisata di Cirebon merupakan salah satu referensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Kota ini memiliki julukan sebagai kota udang, kota petis, juga kota wali.Tempat Wisata di Kota Cirebon Jawa Barat menjadi salah satu potensi wisata kota Cirebon yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam yang mempesona, wisata religi, wisata sejarah serta wisata edukasi yang sangat bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan.

Tempat Wisata di Cirebon yang Menarik dan Kekinian

Tempat wisata memang tidak terlepas salah satunya dari liburan. Pada hari libur atau musim liburan biasanya masyarakat akan menyerbu tempat wisata. Sebab liburan tidak hanya untuk kesenangan belaka, namun liburan juga bermanfaat untuk seseorang.

1. Keraton Kasepuhan

Symbol Keraton Kasepuhan adalah Tempat Wisata di Cirebon

Tempat Wisata di Cirebon kota yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi pertama jika di Cirebon terutama jika tertarik dengan sejarah Cirebon. Keraton ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin.

Nama keraton ini semula ialah Keraton Pakungwati kemudian diubah namanya menjadi Keraton Kasepuhan. Di keraton ini Anda dapat melihat peninggalan bersejarah seperti kereta kencana, gamelan dari tahun 1426, lukisan antik Prabu Siliwangi, rebana peninggalan Sunan Kalijaga.

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa 

Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah Tempat Wisata di Cirebon
Masjid Agung Sang Cipta Rasa via : gragepost.blogspot.com

Jika Anda berkunjung ke Keraton Kasepuhan tidak ada salahnya mampir ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid tersebut menjadi tempat dakwah dari Sunan Gunung Jati dan dibangun tahun 1400-an dengan arsitek Sunan Kalijaga.

Aksen unik yang dijumpai ialah akulturasi dari Islam dan Hindu juga tradisi Adzan Pitu yakni adzan salat Jumat disuarakan oleh tujuh orang sekaligus berpakaian putih. Atap masjidnya pun tidak berbentuk kubah seperti masjid pada umunya melainkan berbentuk limas.

3. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong adalah Tempat Wisata di Cirebon
Bukit Gronggong via:www.wisatacirebon.org

Spot wisata dengan mengeksplore eksotisme perbukitan memang salah satu tempat wisata di cirebon yang lagi hits dan juga di berbagai daerah. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata bernuansa romantis. Suasana akan berubah romantis ketika malam tiba. Di bukit ini juga terdapat tempat makan dengan konsep outdoor.

Bagi Anda yang berlibur ramai-ramai dengan keluarga juga tidak perlu khawatir sebab di kawasan tersebut terdapat beberapa penginapan sehingga Anda sekeluarga dapat menikmati suasana alam yang berbeda.

4. Taman Wisata Situ Patok

Taman Wisata Situ Patok adalah Tempat Wisata di Cirebon
Taman Wisata Situ Patok

Tempat Wisata di Cirebon yang satu ini mengambil latar belakang Gunung Ciremai Situ Patok sehingga menjadi lokasi wisata hits karena pemandangannya yang memanjakan mata. Untuk menikmati keindahan tersebut, pengunjung dapat menyewa boat dengan tarif terjangkau.

Tempat wisata ini mempunyai luas 30 hektare. Di tempat wisata ini juga banyak fasilitas menarik seperti camping ground, area outbound, lapangan golf, villa, pondok wisata, kolam renang, waterboom, dan beberapa fasilitas lainnya yang dapat memanjang pengunjung.

5. Telaga Remis Cirebon

Telaga Remis Cirebon adalah Tempat Wisata di Cirebon
Telaga Remis Cirebon via: piknikasik.com

Telaga ini merupakan tempat wisata alam cirebon berupa telaga yang cantik dan indah di Jawa Barat dan banyak diburu anak muda di Cirebon. Nama Telaga ini diambil dari kerang air tawar yang tumbuh cantik di area sekitar. Suasana di tempat wisata ini sangat sejuk dan cocok untuk berlibur di akhir pekan.

6. Taman Sari Goa Sunyaragi

Taman Sari Goa Sunyaragi adalah Tempat Wisata di Cirebon
www.journeyofindonesia.com

Tempat Wisata di Cirebon ini merupakan situs cagar alam yang memiliki luas kurang lebih dari 15 hektare. Pada zaman dulu tempat ini digunakan untuk bermeditasi atau olah kanuragan bagi para pembesar kerajaan dan prajurit keraton.

Taman air dengan pemandangan alam yang mempesona ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat liburan. Objek wisata tersebut ramai dikunjungi wisatawan terutama para remaja.

7. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan adalah Tempat Wisata di Cirebon

Pantai di Cirebon juga menjadi daya tarik wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Kejawanan. Pantai ini berlokasi di Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Pantai tersebut tenar karena adanya mitos yang menyebar dan dipercayai masyarakat.

Konon katanya air dari pantai ini dapat menyembuhkan berbagai mavcam penyakit seperti rematik, asam urat, penyakit kulit, dan sebagainya. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berkunjung. Selain itu pemandangan sunset yang ditawarkan pantai ini juga sangat bagus.

8. Situ Sedong

 Situ Sedong adalah Tempat Wisata di Cirebon

Tempat Wisata di Cirebon ini berlokasi di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Cirebon, Jawa Barat. Situ Sedong ini merupakan sebuah waduk buatan yang memiliki kedalaman antara 5 hingga 10 meter dengan luas mencapai 150 hektar. Tempat ini terkenal sebagai rekreasi air dan pemancingan.

9. Batu Lawang

Batu Lawang adalah Tempat Wisata di Cirebon
cireboncinnamon.com

Batu Lawang merupakan salah satu wisata kota Cirebon yang tergolong baru. Wisata ini berlokasi di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pemandangan tebing breksi ini tidak kalah dengan Tebing Breksi di Yogyakarta.

Wisata Batu Lawang menyuguhkan keindahan tebing berbatu seperti Tebing Breksi. Wisata ini menjadi spot foto yang paling digemari dan tengah ramai di media sosial.

10. Kampung Jangkrik

Kampung Jangkrik adalah Tempat Wisata di Cirebon
Detik.net.id

Kampung jangkrik adalah Tempat Wisata di Cirebon yang memang unik dan kreatif menurut saya. Tempat wisata unik di cirebon ini dirintis oleh Bapak Bambang Setiawan yang terletak di Desa Bakung, Kecamatan Jamblang, Cirebon, Jawaa Barat. Wisata ini menjadi wisata edukasi bagi wisatawan untuk belajar budidaya jangkrik.

Tidak hanya belajar budidaya jangkrik, wisata kampung jangkrik ini juga menawarkan produk olahan berbahan dasar jangkrik seperti sosis jangkrik, kue jangkrik, keripik jangkrik, dan olahan jangkrik lainnya.

11. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan adalah Tempat Wisata di Cirebon
youtube.com

Tempat Wisata di Cirebon yang selanjutnya ialah Banyu Panas Palimanan. Sesuai dengan namanya Anda bisa menikmati mandi air panas. Wisata pemandian air panas tentu memabawa manfaat, diantaranya memperlancar aliran darah dan memebunuh kuman.

Tempat wisata ini menjadi salah satu objek wisata keluarga yang selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat akhir pekan. Lokasi tempat wisata ini berada di dalam wilayah pabrik semen PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Cirebon.

12. Waterboom Siwalk Cirebon

Waterboom Siwalk Cirebon adalah Tempat Wisata di Cirebon

Tempat Wisata di Cirebon yang satu ini juga merupakan wisata yang seru dan menarik untuk dikunjungi. Lokasi Waterboom Siwalk ialah di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, berjarak 8 km dari jalur utama Pantura Mundu.

Tempat wisata ini berdiri di atas lahan seluas 175 hektar, dikelilingi perbukitan kecil dan hamparan sawah hijau. Pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan alami. Wahana yang tersedia juga banyak seperti ATV, flying fox, hingga zona petualangan speed boat.

Baca juga: Kolam Renang di Bandung yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

13. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin adalah Tempat Wisata di Cirebon
cireboninternet.com

Tempat Wisata di Cirebon yang sayang jika dilewatkan ialah Wanawisata Ciwaringin. Lokasinya ada di Desa Ciwaringin. Sekitar lokasi tersebut banyak dijumpai kayu putih. Bagi yang suka memancing di Danau Ciranca sangat cocok dijadikan pilihan.

Di tempat wisata ini juga tersedia arena motor cross sehingga menambah ramai kawasan Wanawisata Ciwaringin. Suasana yang asri, pemandangan yang indah, serta udara yang sejuk dapat membuat wisatawan betah untuk menikmati liburan di sini.

Demikianlah ulasan ringkas dari infastpedia.net mengenai rekomendasi tempat wisata di cirebon yang kekinian. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta membuat anda mengetahui mana-mana saja tempat-tempat  yang saat ini menjadi tempat wisata di cirebon jawa barat. Sekian dan Terima kasih.

Pencarian terbaru

  • tempat wisata di cirebon dan majalengka
  • wisata cirebon 2019
  • taman wisata siwalk cirebon jawa barat
  • tempat wisata di majalengka
  • harga tiket masuk tempat wisata di cirebon
  • tempat wisata indramayu
  • cirebon waterland
  • tempat jogging di cirebon
13+ Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon Kekinian

Tempat Wisata di Cirebon merupakan salah satu referensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang b

Editor's Rating:
0

Leave a Comment