Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terbaik

Saat musim liburan tiba, Jogja kerap dipadati wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam dan warisan budaya yang masih di junjung tinggi. Ya, tempat wisata di Jogja tidak melulu soal wisata alam, kuliner, dan hiburan malamnya saja, tapi juga soal adat istiadat Jawa yang masih melekat erat di setiap suduh kota Gudeg ini.Dari berbagai penjuru kota, Anda akan menemukan beragam warisan budaya yang masih dipertahankan meski globalisasi telah menggerogoti kota ini. Nama jalan yang tertulis dengan aksara Jawa, gapura dengan ukiran Jawa, serta kesederhanaan dan keramahan orang Jogja membuat kota ini
sulit untuk dilupakan begitu saja. Tak peduli berapa kali Anda sudah mengunjungi kota ini, Jogja tetaplah istimewa.

Tempat Wisata di Jogja Terbaik

Jika Anda berencana untuk kembali singgah dan menjelajah Yogyakarta, ada beberapa pilihan tempat wisata di Yogyakarta yang bisa disesuaikan dengan keinginan mulai dari wisata pantai, budaya, hingga kuliner yang menggugah selera. Berikut daftar tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi di tahun ini!

1. Malioboro

malioboro adalah tempat wisata di jogja
Jl. malioboro

Dimulai dari titik 0 kilometer yang juga merupakan pusat wisata di Yogyakarta, Malioboro merupakan tempat yang wajib dikunjungi meski hanya sebentar saja. Baik pagi, siang, ataupun malam hari merupakan waktu yang tepat untuk melihat Malioboro dari sudut pandang baru.
Apalagi pemerintah daerah sudah melakukan renovasi yang membuat jalan Malioboro terlihat cantik. Tempat ini pun kian diburu oleh mereka yang ingin mengabadikan momen yang fotogenik.

2. Taman Pintar Jogja

taman pintar - tempat wisata di jogja
Gambar taman pintar jogja

Yogyakarta tak hanya menyediakan tempat wisata bagi muda mudi saja, jika Anda datang bersama keluarga maka Taman Pintar akan menjadi destinasi yang tepat. Meski bukan masuk dalam kategori tempat wisata di Jogja terbaru, tapi Taman Pintar ramai dikunjungi. Ada banyak wahana edukasi yang bisa diperkenalkan kepada sang buah hati.

3. Benteng Vredeburg

benteng vredeburg - tempat wisata di jogja
Gambar benteng vredeburg

Masih berada di sekitar jalan Malioboro, Benteng Vredeburg bisa menjadi alternatif tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi. Bagi Anda yang ingin melihat ke belakang bagaimana sejarah kota Jogjakarta sebelum masa Kemerdekaan, ada banyak miniature, ornament, patung, bahkan film pendek yang ditayangkan untuk para pengunjung. Benteng Vredeburg merupakan tempat wisata Jogja yang murah karena Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 saja sebagai tiket masuknya.

4. Tamansari Yogyakarta

tamansari tempat wisata di jogja
Gambar  Tamansari Jogja

Selagi masih berada di pusat kota, Tamansari menjadi tujuan terbaik selanjutnya. Situs berupa pemandian orang Keraton di masa lampau ini terlihat masih asri dan alami. Dengan arsitektur Jawa kuno yang berpadu dengan rindangnya pepohonan di sekitarnya membuat Tamansari begitu mempesona. Hanya dengan Rp 3.000,- saja, Anda sudah bisa mengeksplorasi tempat pemandian raja-raja yang memimpin Yogyakarta di zaman baheula.

5. Goa Jomblang

goa jomblang - tempat wisata di jogja
Gambar Hoa Jomblang

Jika ingin mencari tempat wisata yang memberikan tantangan bagi para pengunjungnya, silakan datang ke Goa Jomblang. Tempat wisata di Jogja terbaru ini memang baru terkenal beberapa tahun belakang berkat ‘Cahaya dari Surga’ yang menjadi daya tarik utama goa Jomblang. Jargon tersebut merupakan kemilau sinar yang memancar ke dalam gelapnya gua yang masih alami.

6. Goa Pindul

goa pindul tempat wisata di jogja
Gambar Goa pindul

Satu lagi tempat wisata yang cocok bagi petualang sejati yang ingin mengeksplorasi alam Jogja yang masih asri. Anda bisa menyusuri Goa Pindul yang memiliki aliran air di bawahnya. Inilah yang membuat Goa Pindul berbeda dari goa biasa karena Anda diharuskan melalui sungai kecil yang mengalir pelan di dalam goa. Goa ini cocok dikunjungi bersama teman dan sahabat tercinta.

7. Tebing Breksi

tebing breksi tempat wisata di jogja
Gambar tebing breksi

Tempat wisata di Jogja terbaru dan paling hits di tahun 2019 ini dulunya adalah area pertambangan yang kini telah disulap menjadi sebuah tempat rekreasi yang unik dan berbeda dari yang lainnya.
Tebing-tebing kapur bekas tambang telah dipahat menjadi anak tangga yang menjadi spot favorit para wisatawan untuk berswafoto.

8. Wisata Lereng Gunung Merapi

lereng gunung merapi - tempat wisata di jogja
Gambar Gunung Merapi by Jogjaexotis

Belum puas untuk menjelajah alam yang disajikan oleh kota Gudeg Jogjakarta? Kini Anda bisa datang dan mencoba wisata Lereng Gunung Merapi yang menawarkan sebuah pengalaman berbeda. Bagi penyuka kegiatan yang memicu adrenaline, tempat wisata ini sangat cocok karena Anda bisa menikmati keindahan Gunung Merapi dari dekat dengan menaiki mobil Jeep. Alternatif lain, Anda bisa menyewa motor Trail dan menjelajah area di sekitarnya.

Tempat Wisata Pantai di Jogja

Tak hanya menawarkan wisata budaya, goa, dan aktivitas seru penuh adrenaline saja, Jogja bagian selatan juga menawarkan aneka wisata pantai dengan pemandangan dan eksotisme yang tak kalah menariknya. Apa saja?

1. Pantai Timang

pantai timang tempat wisata di jogja
Gambar pantai timang

Ini merupakan salah satu tempat wisata di Jogja terbaru yang ramai pengunjung. Apalagi ada sebuah jembatan gantung yang berada di atas pulau karang kecil yang diselimuti deburan ombak pantai selatan. Tidak heran jika Pantai Timan banyak didatangi oleh pengunjung yang ingin merasakan sensasi berbeda berlibur di pantai Jogja.

2. Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal tempat wisata di jogja
Gambar pantai pok tunggal

Jika Anda ingin menikmati birunya air laut yang berpadu dengan pasir putih yang bersih, maka Pantai Pok Tunggal wajib untuk dikunjungi di tahun ini. Dengan ombak yang tidak terlalu besar, bibir pantai yang lebar, dan akomodasi yang lengkap membuat Pok Tunggal menjadi primadona baru di Jogjakarta. Anda pun sudah bisa menikmati sensasi bermalam di tepi pantai dengan memilih penginapan yang menawarkan harga terjangkau.


3. Pantai Drini

pantai drini tempat wisata di jogja
Gambar pantai drini

Tak jauh dari Pantai Pok Tunggal karena masih dalam satu kawasan, Pantai Drini menawarkan air laut yang jernih sehingga kita bisa melihat biota laut yang hidup di sekitar pantai. Hanya bermodalkan kacamata renang yang bisa disewa, Anda bisa snorkeling dan melihat langsung terumbu karang yang masih asri dan alami. Keindahan biota laut yang ditawarkan berpadu sempurna dengan pemandangan bukit karang yang memanjakan mata.

4. Pantai Glagah

pantai glagah tempat wisata di jogja
Gambar pantai glagah

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang tak biasa. Jika biasanya pantai dikenal karena keindahan pasir putihnya, Pantai Glagah justru terkenal karena bongkahan beton pemecah ombak yang berserakan di bibir pantai. Meski demikian, bongkahan beton pemecah ombak tersebut justru
menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen spesial slembari menikmati indahnya sunset.

5.      Pantai Baron

pantai baron tempat wisata di jogja
Gambar pantai baron

Pantai Baron bisa disebut sebagai  tempat wisata pantai di Jogja yang paling popular. Perpaduan hijaunya vegetasi di sekitar dan keindahan pantai nan biru membuat Pantai Baron menjadi pantai wajib yang harus dikunjungi saat berlibur di Jogja. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti berjemur, menyewa perahu, atau sekedar bermain air di bibir pantai.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi di tahun 2019. Selain berwisata, Anda pun bisa menikmati beragam kuliner yang menjadi makanan khas kota Jogja yang wajib untuk dicoba.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terbaik

Saat musim liburan tiba, Jogja kerap dipadati wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam dan warisan budaya yang masih di junjung tinggi. Ya, tem

Editor's Rating:
5

Leave a Comment