Tempat Wisata di Semarang yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Semarang menjadi salah satu kota yang sering dikunjungi wisatawan. Berbagai pilihan tempat wisata di Semarang yang menarik dengan pesona dan berbagai hal unik lainnya. Kota Semarang memiliki beberapa tempat menarik untuk menghabiskan waktu bersama orang terdekat.

Kota Semarang memiliki banyak tempat menarik untuk berkumpul, seperti kafe unik yang sudah banyak hadir di Kota Lumpia ini. Sementara untuk beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di Semarang adalah sebagai berikut.

Tempat Wisata di Semarang Terpopuler

1. Hutan pinus kayon

tempat wisata di semarang - Hutan pinus kayon

Kawasan wisata hutan pinus kayon berada di lereng gunung Batur. Lokasinya masuk di Desa Batur, Getasan, Semarang dan menjadi salah satu wisata alam yang menarik di Semarang. Cocok untuk wisatawan yang ingin berkemah terutama bagi para pecinta alam.

Suasananya sejuk dengan deretan pohon pinus yang besar dan rindang. Wisatawan juga bisa memilih beberapa spot untuk berselfie di kawasan wisata ini. Salah satu spot yang paling favorit adalah batang pohon pinus melengkung yang seolah-olah menjadi kursi alami.

2. Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening semarang

Tempat wisata di Semarang yang paling sering disinggahi wisatawan terutama anak-anak muda adalah bukit cinta Rawa Pening. Suasana yang nyaman dengan pemandangan rawa pening yang tenang.

Walaupun tempat ini memiliki banyak mitos, bukit cinta rawa pening tetap banyak dikunjungi wisatawan.
Pemandangan yang disuguhkan tidak hanya rawa pening saja, tetapi juga pohon-pohon pinus yang berderet di sekitarnya. Selain menikmati pemandangan dari bukit cinta, wisatawan juga bisa bermain wahana air seperti naik perahu motor untuk keliling rawa.

3. Taman wisata Puri Maerokoco

Taman wisata Puri Maerokoco

Tempat wisata di Semarang ini bisa dibilang sebagai TMII-nya Semarang. Jika Jakarta terkenal dengan TMII (Taman Mini Indonesia Indah) dan Jogja terkenal dengan Taman Pintarnya (Baca: Tempat wisata di jogja). Maka Semarang memiliki terkenal dengan sebutan taman wisata puri MAerokoco.

Pasalnya taman wisata Puri Maerokoco ini menyajikan berbagai miniatur tempat wisata terkenal di Jawa Tengah. Pengunjung bisa melihat miniatur dari candi Borobudur, masjid agung Demak, menara kudus, dan lain sebagainya.

Beberapa miniatur rumah adat khas Jawa Tengah juga disajikan di tempat wisata ini. Tidak ketinggalan pula dengan kerajinan dan hasil industri dari beberapa daerah di Jawa Tengah. Pengunjung tidak hanya melihat miniatur, tetapi bisa menikmati fasilitas lain seperti komidi putar, kereta gantung, dan kolam renang.

4. Umbul Sidomukti

tempat wisata di semarang - Umbul Sidomukti

Salah satu tempat wisata di Semarang yang terkenal adalah Umbul Sidomukti. Tempat wisata dengan fasilitas lengkap di lereng Gunung Ungaran. Suhu sejuk bisa dirasakan di tempat wisata yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini.

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan. Fasilitas yang disediakan antara lain adalah kafe, kolam renang alami, pondok wisata, outbond, dan area berkemah. Jika Anda suka, trekking menjelajah kawasan Umbul Sidomukti bisa menjadi alternatif aktivitas di tempat ini.

5. Benteng pendem Ambarawa

Benteng pendem Ambarawa

Semarang memang memiliki banyak bangunan sejarah yang masih terawat baik. Salah satunya adalah benteng peninggalan Belanda yang dibangun sekitar tahun 1834. Benteng Pendem Ambarawa menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Lokasinya berada di kecamatan Ambarawa di sekitar kompleks Lapas kelas II Ambarawa. Pengunjung perlu meminta izin dulu apabila ingin melihat dan berfoto-foto di Benteng Pendem Ambarawa. Bangunan kuno khas Belanda tersebut bisa menjadi background foto yang menarik.

6. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Tempat wisata ini berada di kecamatan Bandungan di sekitar lereng Gunung Ungaran. Kompleks candi gedong songo menawarkan pemandangan memukau dan tentunya bangunan bersejarah berupa sembilan candi. Bangunan peninggalan Wangsa Syailendra tersebut sudah ada sejak abad ke-9 masehi.

Sebelum diberi nama candi gedong songo, tempat wisata ini disebut candi gedong pitu karena hanya 7 candi yang ditemukan. Setelah dua candi ditemukan lagi, nama tempat ini pun berubah menjadi candi gedong songo yang artinya bangunan 9 candi.

7. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Tempat wisata menarik ini memiliki bangunan dengan arsitek yang menakjubkan. Bangunan setinggi 45 meter ini terdiri dari 7 lantai. Masing-masing lantai terdapat patung Dewa Kwan Im yang diletakkan dengan posisi menghadap empat penjuru mata angin.

Bangunan dengan bentuk unik ini akan membawa Anda seolah-olah berada di daerah Tiongkok. Tempat wisata di Semarang ini merupakan salah satu destinasi bagi banyak wisatawan dari luar Semarang. Para wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang bangunan pagoda.

8. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong

Semarang juga dikenal dengan berbagai tempat peribadatan banyak agam. Salah satunya adalah Klenteng Sam Poo Kong yang menjadi tempat peribadatan etnis Tionghoa. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1400 masehi dari cerita Laksamana Cheng Ho yang datang ke Semarang.

Klenteng ini berada di kawasan Simongan dengan luas kompleks keseluruhan mencapai 3,2 hektare. Selain klenteng Sam Poo Kong, pengunjung bisa menikmati empat bangunan lain seperti Tho Tee Kong, Kyai Cundrik Bumi, Kyai Juru Mudi, dan Kyai Jangkat.

9. Museum kereta api Ambarawa

Museum kereta api Ambarawa

Kota Ambarawa memiliki banyak cerita sejarah dan tentunya berbagai bangunan dan infrastruktur zaman dulu. Museum kereta api ambarawa merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang dekat dengan stasiun ini menyajikan lokomotif kereta tua. Stasiun ini dibangun pada zaman Belanda sekitar tahun 1873.

Setelah stasiun ditutup, fungsinya dialihkan menjadi museum dan tempat wisata. Ada sekitar 21 lokomotif kereta uap yang pernah digunakan untuk transportasi zaman perjuangan. Wisatawan bahkan bisa menaiki kereta uap atau kereta diesel dengan rute Ambarawa Tuntang atau Ambawa Bedono.

10. Lawang sewu

Lawang sewu tempat wisata di semarang

Tempat wisata di Semarang yang bagus dan tidak boleh terlewat adalah Lawang Sewu. Bangunan yang banyak memiliki cerita horor ini menjadi destinasi menarik dengan jumlah pintu dan jendela yang begitu banyak. Pada awalnya, lawang sewu merupakan kantor pusat dari perusahaan Belanda yaitu NIS.

Bangunan yang sudah ada sejak 1904 ini kemudian menjadi salah satu objek wisata sejarah yang populer di Semarang. Jumlah pintu dan jendela yang banyak menjadikan gedung lawang sewu ini menarik untuk dikunjungi. Wisatawan bisa berfoto dengan background gedung tua ini.

11. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid_Agung_Jawa_Tengah

Semarang juga punya Masjid Agung Jawa Tengah yang dikenal dengan arsitektur yang mirip masjid Nabawi. Kompleks bangunan masjid ini memiliki enam payung elektrik seperti yang ada di serambi Mekah. Payung-payung tersebut hanya akan dibuka saat hari raya saja.

Tempat wisata di Semarang ini juga memiliki 25 pilar yang mirip Coloseum, Roma. Menara asmaul husna setinggi 99 meter juga menjadi spot menarik di area masjid ini. Pengunjung bisa naik ke menara tersebut dan menikmati pemandangan kota Semarang dari ketinggian.

Itulah deretan tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi. Bagi para pecinta sejarah, kota Semarang ini bisa menjadi alternatif liburan yang menarik. Bangunan peninggalan Belanda hingga bangunan peribadatan bisa menjadi pilihannya. Jika tertarik, Anda juga bisa mengunjungi kota lama Semarang.

Tempat Wisata di Semarang yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Semarang menjadi salah satu kota yang sering dikunjungi wisatawan. Berbagai pilihan tempat wisata di Semarang yang menarik dengan pesona dan berbagai hal u

Editor's Rating:
5
Categories wisata

Leave a Comment