TIPS Sukses Menjawab soal CPNS 2020

TIPS Sukses menjawab soal CPNS – Tes CPNS kini sudah mengumumkan hasil seleksi administrasinya. Kami ucapkan selamat kepada teman-teman yang sudah lulus dalam seleksi administrasi. setelah melewati seleksi administrasi yang cukup lama sekarang teman teman akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Februari 2020. sebelum mengikuti SKD teman teman dapat mempersiapkan diri untuk memahami dan mempelajari beberapa  tips seputar persiapan pelaksanaan SKD.

Tips atau trik untuk lulus CPNS antara peserta atau individu yang ikut tentu berbeda-beda. Namun, ada gambaran umum yang perlu dikuasai. Diantaranya Untuk menjawab soal tes, bukan hanya tepat yang diperhatikan namun kecepatan juga karena ada waktu pengerjaan soal. Jawaban harus benar dan sesuai waktu.

TIPS Sukses menjawab soal CPNS dengan Mudah

Berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan oleh kamu untuk mempersiapkan tes CPNS 2020 nanti.

Banyak berlatih Soal Tes CPNS

Tes CPNS terdiri dari dua jenis, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing memiliki passing grade alias nilai ambang batas yang harus dipenuhi untuk bisa lulus tes CPNS, yakni 80 untuk TIU, 75 untuk TWK, dan 143 untuk TKP.

Ingat:
Soal nomor 1 sampai 35 adalah soal TWK
soal nomor 36 sampai 65 adalah soal TIU, dan
Soal nomor 66 sampai 100 adalah soal TKP

TIU

Fokuskan terlebih dahulu untuk  menjawab pertanyaan yang menurut kamu gampang.. Misalnya kamu lemah di kemampuan numerik berupa aljabar, kamu bisa mengerjakan soal deret dulu. Soal jenis ini bisa kamu jawab dengan mudah jika teliti dan rajin berlatih mengerjakan soal. Atau, dahulukan mengerjakan soal kemampuan verbal berupa sinonim, antonim, dan analogi, kemampuan berpikir logis berupa silogisme, atau kemampuan berpikir analitis berupa soal spasial. Materi soal :

  1. Pengetahuan dan wawasan umum
  2. Tes sinonim (persamaan kata)
  3. Tes antonim (lawan kata)
  4. Tes padanan hubungan kata
  5. Tes pengelompokan kata
  6. Tes aritmatika
  7. Tes seri angka
  8. Tes seri huruf
  9. Tes logika angka
  10. Tes angka dalam cerita
  11. Tes analisa pernyataan
  12. Tes kesimpulan silogisme
  13. Tes logika cerita

Untuk berlatih materi TIU lebih baik beli atau pinjam buku soal-soal CPNS. Disana ada pembahasan dan trik cepat mengerjakannya, itu sangat-sangat membantu.

Baca : Contoh Soal CPNS TIU

TWK

TWK terdiri dari soal Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan bangsa, sampai sistem tata negara Indonesia. dalam hal ini, Kamu harus mempelajari semuanya dengan maksimal untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan TWK dengan benar.  Materi soal meliputi ini:

a) Pancasila;
Untuk materi-materi pancasila coba baca lewat google atau beli bukunya juga bisa, buku soal-soal TKD yang didalamnya juga memuat soal TKP Dan TIU. Tidak ada ruginya karena nanti selain ada contoh soal juga ada pembahasannya. Kalau menurutku materi soal pencasila ini memang yan paling sulit, kadang pertanyaannya itu tidak ada di materi-materi buku maupun google. Seperti kristalisasi, falsafah, atau pertanyaan lainnya.

b) Undang-Undang Dasar 1945;
Materi ini tinggal baca saja di UUD NRI tahun 1945, cari di google, baca, pahami, lalu hafalkan. Materi terpenting karena didalamnya bisa memuat tentang tata negara. Walaupun terkadang hanya 1 atau 2 pasal saja yang keluar.

c) Bhineka Tunggal Ika;

d) Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar). Semua materi di atas bisa didapatkan di google gratis.

Baca : contoh soal twk tes cpns

TKP

Untuk soal TKP, kamu baru boleh memilih jawaban yang paling bagus di antara yang lain. Selain itu, kamu juga harus jujur dalam menjawab soal, karena jawaban kamu bisa mencerminkan siapa dirimu. TKP juga bisa dipelajari lewat buku latihan soal tes CPNS karena biasanya soal yang keluar kurang lebih mirip.

Mengatur Waktu Menjawab Soal CPNS

Menjawab soal CPNS dengan mudah dan tepat waktu merupakan salah satu poin yang sangat penting.
Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 dimana nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 (dua) yaitu:
a. 143 (seratus empat puluh tiga) untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
b. 80 (delapan puluh) untuk Tes Intelegensia Umum (TIU); dan
c. 75 (tujuh puluh lima) untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Oleh karena itu supaya lulus passing grade maka setiap pelamar harus memenuhi Nilai Ambang Batas. Berikut beberapa poin tips untuk bisa memenuhi nilai ambang batas tersebut.

  • Menjawab soal yang paling mudah. Jangan terpaku sama soal yang susah yang akan menghabiskan waktu
  • Biasanya soal yang lebih mudah dikerjakan yaitu Tes Kepribadian (TKP). Tes ini terbilang mudah karena cukup menggunakan nalar dan perbandingan untuk memilih jawaban. Setiap jawaban TKP punya nilai, skor dari 1-5. Artinya manapun jawaban yang dipilih tetap memiliki nilai. Berbeda dengan TWK dan TIU, jika benar nilai 5 dan salah nilainya 0. Biasanya soal TKP dari nomor 66-100. Soal TKP Sebanyak 35. Passing grade 143. Pastikan anda bisa menjawab soal TKP dengan benar sebanyak 29 soal.
  • Kemudian soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Soal ini jumlahnya 35 soal. Setiap jawaban benar mendapat tambahan skor 5. Jika salah, skornya 0. Artinya jika jawaban anda salah tidak akan mengurangi nilai anda. Untuk disarankan jangan mengosongkan jawaban jika benar-benar tidak bisa menjawab soal. Jawab saja, siapa tahu betul. Terpenting pastikan anda menjawab 16 soal TWK dengan benar. Karena 16×5= 80 poin. Passing grade TWK adalah 75. Ada kelebihan 5 poin.
  • Tes Intelegensia Umum (TIU). Jumlah soal 30. Passing grade 80 poin. Sama dengan TWK, Setiap jawaban benar soal TIU mendapat tambahan skor 5. Jika salah, skornya 0. Sekali lagi, kerjakan soal yang lebih mudah dulu. Seperti Bahasa Indonesia, Sinonim, Padanan Kata dan antonim. Karena soal ini tidak terlalu menyita waktu. Kemudian lanjut soal cerita yang tidak terlalu panjang paragrafnya. Setelah itu soal matematika. Numerik biasanya lebih mudah dibanding deret aritmatika. Pastikan anda bisa menjawab Soal TIU sebanyak 16 nomor yang diyakini benar maka 16×5=80.

 Survei tempat ujian Pegawai negeri sipil (PNS)

Saat ingin tes SKD, sebaiknya kita perlu untuk mengetahui tempat ujian yang telah ditentukan. Orientasi medan di sekitar tempat lokasi tes SKD juga perlu diperhatikan seperti masjid tempat sholat dan rute serta transportasi menuju tempat ujian.

Teliti

Para pelamar CPNS sebaiknya untuk teliti dalam mengerjakan soal-soal SKD. karena setiap soal di tes SKD banyak soal-soal yang menjebak dan memerlukan pemahaman lebih lanjut. Soal-soal TIU biasanya menuntut kamu untuk mengerjakan soal-soal tentang logika dan kemampuan berhitung. Bila, tak teliti mengerjakan, kamu tak akan mendapatkan poin dari soal yang diuji.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran CPNS & Pernyataan CPNS

Kerjakan Soal dengan tenang

Ketenangan dalam mengerjakan soal tes SKD CPNS sangat diperlukan. Apalagi bila kamu sangat mendambakan posisi PNS dan baru pertama kali mengikuti proses CPNS. Jangan biarkan rasa gugup menguasai diri kamu saat tes SKD. Kalau kamu terlalu gugup, justru akan menghilangkan fokus untuk mengerjakan tes SKD.

Datang lebih awal

Kamu lebih baik datang lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti terkena macet, tersasar, atau kendala di kendaraan yang kamu bawa. Datang satu jam lebih awal di lokasi tes SKD bisa kamu coba. Bila terlambat datang ke lokasi tes SKD, waktu untuk mengerjakan soal ujian akan berkurang.

Menjelang Tes

Persiapkan diri dengan baik mulai H-1 hari tes. Pakai kemeja putih polos (dan jilbab hitam polos jika memakai kerudung), bawahan hitam polos, dan sepatu pantofel hitam. Bawa KTP dan dokumen lain yang dibutuhkan. Sehari sebelum tes, kamu tidak perlu begadang dan belajar serius lagi, ya, supaya besok kamu bisa mengerjakan soal dengan tenang dan nyaman. Di hari H, jangan lupa sarapan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi mengerjakan soal. Mulailah mengerjakan soal dengan berdoa. Semoga kamu lulus tes CPNS dan diterima di posisi yang kamu inginkan, ya.

Penutup

Nah demikianlah tips sukses menjawab soal CPNS 2020 yang bisa infastpedia berikan kepada anda yang akan menghadapi ujian test cpns 2020 mendatang. Semoga bisa bermanfaat dan semoga Anda bisa dengan mudah mengerjakannya. Sekian dan Terima Kasih.


TIPS Sukses Menjawab soal CPNS 2020


Pencarian terbaru:

  • soal cpns 2019
  • soal cpns 2019 terbaru pdf
  • cara cepat menjawab soal cpns 2019
  • tips dan trik menjawab soal skd cpns
  • soal cpns pdf
  • waktu menjawab soal cpns
  • trik menjawab soal cat cpns 2019
  • kisi kisi soal tkp cpns 2019

Leave a Comment