Ucapan belasungkawa
Ucapan

Ucapan Belasungkawa

innalillahiwainnailaihirojiun ucapan belasungkawa – Meninggal adalah salah satu keadaan yang kurang disukai. Banyak tangis dan rasa sedih yang menghiasi acara ini. Sebagai seorang teman atau pelayat yang baik, kiranya bisa memberikan dukungan yang sesuai dengan keadaan almarhum serta keluarga.

Berikut adalah 10 jenis ucapan belasungkawa yang bisa digunakan sebagai contoh atau pedoman dalam mengungkapkan perasaan sedih ketika ditinggal oleh seseorang di sekitar.

Ucapan belasungkawa islam

Ucapan belasungkawa
Ucapan belasungkawa islam

Ada banyak sekali ucapan belasungkawa dalam islam yang kita ketahui. Berikut ini adalah contoh ucapan belasungkawa islami dari berbagai sumber.

  1. Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah dan mengampuni segala dosa almarhum (nama). Semoga bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran menghadapi ujian ini
  2.  Innalillahi Wainnailahi Rajiun. Semoga (nama almarhum) diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Bersedihlah secukupnya, karena nantinya semua akan berkumpul lagi. Semoga bisa dikumpulkan kembali ke tempat yang indah.
  3. Innalillahi Wainnailaihi Rajiun. Saya turut berduka cita atas meninggal (nama almarhum). Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamin
  4. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu’anhu (Jika yang meninggal pria). Wahai Allah, ampunilah dia, kasianilah dia, sejahterakanlah dia dan ampunilah segala dosa dan kesalahannya. Semoga kamu diberikan kekuatan menghadapi ujian ini. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita.
  5. Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan diusahakannya besok. Dan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Luqman: 34) Turut berduka cita, jangan sedih lama-lama ya.
  6. Ucapan untuk orang meninggal Islami: Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Sesungguhnya tiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Bersabarlah, harus yakin bahwa Allah SWT kelak akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain saat waktunya nanti tiba.
  7. Allahummaghfirlaha warhamha wa’aafihi wa’fu’anha (jika yang meninggal wanita). Semuanya akan indah pada waktunya, jadi tetaplah kuat atas kepergiannya. Dia pasti akan sedih jika melihat kamu terus-menerus menangis.

Ucapan belasungkawa kristen

ucapan belasungkawa
Ucapan belasungkawa kristen
  1. Turut berbelasungkawa atas meninggalnya (nama mendiang). Semoga ia tenang di alam sana.
  2. Kehilangan seseorang yang yang sangat disayangi memang hal yang menyakitkan. Namun, akan lebih menyakitkan lagi jika kita tidak bisa merelakan kepergian orang tersebut. Biarkan ia yang meninggalkan kita tenang dan damai di alam sana. Turut berduka atas meninggalnya (nama mendiang), semoga dosanya diampuni Tuhan.
  3. Turut berduka cita atas kembalinya (nama mendiang) ke Bapa di surga. Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberikan kekuatan serta penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan. Selamat jalan…
  4. Ya Tuhan, berilah ketabahan atas keluarga yang sedang dilanda musibah. Sebab, setiap makhluk di dunia akan ada saatnya menghadap kembali kepada Sang Pencipta. Semoga Engkau menerima arwah saudara kami dengan tanga-Mu yang terbuka lebar menyambutnya di tempat terindah.
  5. Kami sekeluarga turut berduka cita atas meninggalkanya (nama mendiang). Semoga mendiang mendapatkan tempat terindah di surga Bapa.

Ucapan selamat pagi

Ucapan belasungkawa bahasa inggris

ucapan belasungkawa
ucapan belasungkawa bahasa inggris

Berikut beberapa contoh ucapan belasungkawa dalam bahasa inggris:

  1. I can’t imagine what you must be feeling right now, but I want you to know that we are just a phone call away. My most sincere condolences.
    (artinya: aku tidak bisa membayangkan apa yang saat ini tengah kamu rasakan, tapi aku ingin kamu tahu kalau kamu bisa menghubungiku. Aku turut berbelasungkawa.)
  2. I am honored to have known your (nama mendiang). Prayers and fond memories are what we have to remember our dearly departed. My heartfelt condolences.
    (artinya: aku merasa terhormat pernah mengenal (nama mendiang). Doa dan kenangan indah adalah hal yang harus kita ingat untuk mereka yang pergi. Aku turut berbelasungkawa.)
  3. I’m truly sorry to hear the loss of your mother. Please accept our condolences and may our prayers help comfort you.
    (artinya: aku benar-benar turut berduka cita atas kehilangan ibumu. Terimalah belasungkawa kamu dan semoga doa-doa kami membantu menghiburmu.)
  4. Please accept my condolences, just know that I’m here for you. Please don’t hesitate to reach out, especially during this difficult.”
    (artinya: terimalah ucapan belasungkawaku, ketahuilah aku di sini untukmu. Tolong jangan ragu-ragu untuk menghubungi, terutama di tengah situasi sulit ini.
  5. Remembering his/her wonderful and gentle soul will forever remain in our hearts. May he/she rest in peace.
    (artinya: mengingat sosoknya yang indah dan lembut akan selalu terkenang di hati kami. Semoga ia beristirahat dengan tenang.)
  6. I am sorry to hear that, please be sure that God always is with you and you will not alone because here we are.
    Artinya, saya turut sedih mendengarnya. Percayalah bahwa Tuhan selalu bersamamu dan kamu tidak sendiri, karena kami ada disini.

     

  7. I am also sorry for the death of Mr. Fulan. May he get forgiveness from God, and be in the best place beside Him
    Artinya, saya turut berbelasungkawa atas meninggalnya Mr. Fulan. Semoga dosanya diampuni oleh Tuhan dan berada di tempat terbaik di sisiNya.
  8. I am sorry for your loss, but God always made the best way for His people. You will be stronger than before, and Your dad would be so happy to see from above.
    Artinya, aku turut berduka atas kehilanganmu, namun Tuhan selalu membuat jalan terbaik untuk umatNya. Kamu akan jadi lebih kuat dari sebelumnya dan Ayahmu akan bahagia melihatnya dari surga.
  9. I feel sorry about the news I heard. I wish you can be strong and understand that your sister will not feel sick anymore. She will have a happy life besides God.
    Artinya, saya turut menyesal mendengar berita yang kudengar sebelumnya. Saya berharap kamu bisa lebih kuat dan memahami bahwa saudarimu tidak merasakan sakit lagi. Dia akan mendapat kehidupan yang bahagia bersama Tuhan.

Ucapan belasungkawa katolik

ucapan belasungkawa
ucapan belasungkawa katolik
  1. Turut berduka cita. Tuhan Yesus sumber penghiburan bagi…..dan keluarga”
  2. “Ikut merasakan duka atas dipanggil pulang ke rumah bapa di Surga. Tuhan kuatkan keluarga……”
  3. “Turut berbelasungkawa atas meninggalnya….. semoga ia tenang di alam sana”
  4. “Selamat jalan…..Tuhan begitu mencintanya. Pulanglah dengan damai. Kelak, kita semua akan bertemu kembali di surga-Nya yang indah”
  5. “Selamat jalan….Tete Manis menyambutmu di Sorga”
  6. “Turut berduka yang sangat atas dipanggil pulangnya…Kiranya Tuhan memberi kekuatan dan penghiburan sejati”
  7. “Turut merasakan duka mendalam untuk….. Tuhan Yesus sumber kekuatan dan penghiburan yang selalu menopangmu dan keluarga”
  8. “Bahagialah bersama Bapa Sorgawi, Tuhan Yesus jaga….”
  9. “Ikhlaslah karena kematian adalah jalan menuju rumah Bapa. Kelak kita semua pun akan bersama dalam rumah idaman di surga yang baka”
  10. “Selamat jalan…Selamat berada dalam pelukan kasih Bapa di Surga”
  11. “Kiranya jiwa Almarhum tenang di sisi Tuhan dan keluraga yang ditinggalkan diberikan ketabahan”

Ucapan belasungkawa bahasa sunda

ucapan belasungkawa
ucapan belasungkawa bahasa sunda
  1. Innalillahi Waina Ilaihi Rojiun, sim abdi turut berduka, mugi almarhum/almarhumah ditampi iman islamna ku gusti Allah SWT, kaluargi ditabahken sareng disabarken dina kalengingat hiji anggota kaluargi”
    Artinya: “Innalillahi wa ina ilahi rojiun, saya turut berduka, semoga almarhum/almarhumah diterima iman islanya oleh Allah SWt, keluarga ditabahkan dan disabarkan atas kehilangan satu anggota keluarga”.
  2. “Innalillahi Waina Ilaihi Rojiun, mugi almarhum/almarhumah di tampi ku gusti Alloh, oge keluargi disabarken”.
    Maka artinya “Innalillahi Waina Ilaihi Rojiun, semoga almarhum/almarhumah diterima Allah SWt, juga keluarga disabarkan”.
  3. “Innalillahi Waina Ilaihi Rojiun, turut berduka cita we ka almarhum, mugi Allah narima iman islamna”. Artinya “Innalillahi Waina Ilaihi Rojiun, turut berduka cita kepada almarhum, semoga Allah menerima iman islamnya”.

Ucapan Belasungkawa Melalui Instagram

Ucapan Belasungkawa
Ucapan Belasungkawa Melalui Instagram

Selain menyebarkan berita melalui pesan, dan telepon, instagram menjadi media ampuh untuk menyebarkan berita duka dengan cepat. Berikut ini, adalah beberapa contoh bagaimana mengungkapkan rasa duka dan belasungkawa melalui instagram.

  1. Telah meninggal dunia, sahabat kita Fulan (tag akunnya) pada hari kamis, 20 Februari 2019. Tak ada yang bisa menggantikanmu di hati kami sahabat. Semoga kamu mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan serta ketabahan menyertai keluargamu yang kamu tinggalkan.. Aamiin.
  2. Bismillahirrohmanirrohim.. Berita duka datang kepada saya subuh ini. Innalillahi wainnailaihi rojiun, saudaraku @Fulan sudah meninggalkan dunia fana ini.
    Semoga amalnya menjadi bekal di akhirat, dan dosanya diampuni oleh Allah. Mohon doa kepada teman-teman agar keluarga tabah dan sabar. Jika ada kesalahan almarhum yang disengaja maupun tidak, mohon dimaafkan.
  3. Rest In Peace, Telah berpulang saudaraku, sahabatku @Fulan yang selalu menemani saat suka dan duka, karena sakit yang diderita bertahun-tahun..

Ucapan belasungkawa bahasa jawa

ucapan belasungkawa
ucapan belasungkawa bahasa jawa

Contoh ucapan selanjutnya ditujukan untuk orang Jawa atau bagi yang ingin menghormati seseorang dengan bahwa Jawa. Mungkin ada teman yang berasal dari Jawa yang sedang mengalami musibah kehilangan keluarga. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa digunakan.

  1. Nderek belasungkawa, mugi panjenengan dipun paringi sabar dening Gusti Allah. Mugi almarhum pikantuk papan ingkang sae wonten ing ngarsanipun Gusti Allah.
    Artinya, turut berbelasungkawa. Semoga anda diberikan kesabaran oleh Allah. Semoga ia berada dalam tempat terbaik di samping Allah.
  2. Melu belasungkowo karo koe, (nama teman). Muga-muga almarhum Bapakmu diampuni dosane, ibu, koe, sak keluarga diparingi sabar lan kuat. Aku ndonga supaya koe ora suwe suwe sedih, amarga urip iki kudu terus mlaku.Artinya, saya turut sedih. Semoga bapak diampuni dosanya, ibu, kamu, dan keluarga diberikan kesabaran dan kekuatan. Aku berdoa agar kamu tidak bersedih dalam waktu lama, sebab hidup harus terus berjalan.

    Ungkapan ini cocok untuk mengungkapkan kesedihan dan belasungkawa kepada teman dekat yang seumuran, sebab menggunakan bahasa ngoko. Contoh berikutnya, adalah ungkapan belasungkawa yang pendek dan sederhana, untuk diucapkan saat melayat.

  3. Nderek belasungkawa, mugi panjenengan dipunparingi sabar lan kuwat.
    Artinya, turut berbelasungkawa. Semoga Anda selalu merasa sabar dan kuat menjalani takdir ini.

Contoh- contoh tersebut bisa menjadi referensi untuk mengucapkan belasungkawa kepada saudara atau keluarga yang meninggal. Sebagai keluarga yang sama-sama berduka, akan lebih baik jika bisa memberikan dukungan dalam bentuk bantuan dan membesarkan hati yang ditinggalkan.

Memberikan ucapan belasungkawa bukan hanya untuk mengekspresikan kesedihan pribadi. Namun lebih kepada mengapresiasi almarhum atau almarhumah semasa hidup dan menghibur orang-orang yang ditinggalkan.

Menjadi pelayat yang baik, adalah tujuan utama sebagai kerabat yang berduka. Ucapan ini bisa digunakan sebagai sarana menyebarkan berita mengenai meninggalnya seseorang kepada teman-teman atau keluarga yang jauh.

Gunakan ucapan-ucapan tersebut untuk dituliskan pada surat, pesan, caption, atau karangan bunga. Sesuaikan pula dengan keadaan agar ucapan terasa lebih berkesan dan membantu membangun moral yang ditinggalkan.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *