Ucapan Belasungkawa


Ucapan Belasungkawa – Meninggal adalah salah satu keadaan pasti terjadi pada seluruh makhluk Allah yang hidup di muka bumi ini. Banyak tangis dan rasa sedih yang menghiasi kejadian ini. Sebagai seorang teman, tetangga atau pelayat yang baik, kiranya bisa memberikan dukungan yang sesuai kepada keluarga almarhum yang ditinggalkannya.

Dalam hidup memang tidak ada yang abadi setiap manusia yang hidup pasti akan mengalami kematian. Setiap orang pasti akan merasakan yang namanya kehilangan orang terdekat. Sehingga, semua orang pasti pernah mengucapkan kata-kata belasungkawa kepada orang-orang yang disayang atau kerabatnya.

Mengucapkan sebuah ucapan meninggal dunia atau biasa dikenal dengan sebutan belasungkawa merupakan salah satu bukti kita memberikan sebuah empati kepada seseorang. Ucapan belasungkawa ini juga sebagai sebuah bentuk kepedulian untuk orang-orang yang hidup di sekitar Anda.

Mengungkapkan sebuah rasa kepedulian kepada sesama manusia memang sangat diperlukan. Karena, kita pasti juga pernah merasakan bagaimana terkena musibah ataupun ada saudara dan kerabat kita yang meninggal dan pasti rasanya sangat menyakitkan dan menyedihkan serta pasti sangat sulit untuk menerima kenyataannya.

Sehingga, ucapan belasungkawa ini setidaknya bisa memberikan semangat kembali kepada orang atau keluarga yang ditinggalkan. Terkadang, ketika kita mengalami sebuah musibah atau kehilangan, memang jarang ada orang yang bisa menguatkan kita dalam kondisi mental seperti itu. hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membuat kita menjadi sadar dan kuat untuk menghadapi keadaan yang pahit.

Maka dari itu, dengan adanya ucapan belasungkawa ini sangat diharapkan bisa menjadi salah satu hal yang bisa menenangkan kondisi orang yang sedang dilanda duka cita. Pada dasarnya, mengucapkan kata-kata belasungkawa ini dapat menjadikan kata yang bisa menghibur keluarga yang sedang ditinggal. Tidak hanya itu, mengucapkan ucapan belasungkawa ini kita juga bisa turut mendoakan seseorang yang telah meninggal.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang bingung untuk mencari sebuah kata-kata untuk membuat sebuah ucapan belasungkawa dan turut berduka cita, Anda bisa menyimak artikel ini hingga selesai. Karena, dalam artikel ini, akan dibahas mengenai 1001+ contoh ucapan-ucapan belasungkawa. Tak perlu, terlalu lama berbasa-basi, simak ulasannya di bawah ini.


Ucapan Belasungkawa Islam

ucapan belasungkawa islam

Ucapan belasungkawa merupakan salah bentuk penghibur dan penyemangat untuk mengurangi kesedihan yang dirasakan oleh keluarga yang tertimpa musibah. Sekaligus mendoakan supaya mereka diberi ketabahan dan kesabaran. Dalam agama Islam, kita memang dianjurkan untuk memberikan doa untuk orang yang meninggal dunia serta kepada keluarga atau kerabat yang ditinggalkan.

Untuk itu, Infastpedia.net akan memberikan kumpulan beberapa ucapan belasungkawa turut berduka cita Islami yang bisa kamu berikan pada orang terdekatmu yang tengah berduka cita.

Ucapan turut berduka cita Islami untuk keluarga atau kerabat

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabarlah atas kejadian yang menimpamu ini. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani ini semua. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin.

Ucapan berduka cita Islami yang memotivasi

Kehilangan seseorang memang membuat hati sangat terpukul, tetapi tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya. Jika kita ikhlas, maka almarhum akan lebih tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kita akan kembali berpulang.

Sebuah kesedihan yang sedang kita rasakan merupakan sebuah tanda bahwa kita sangat mencintainya. Jangan risau, kini dia sudah tenang dan damai bersama Sang Pencipta. Perpisahan ini hanya sementara, kita akan bertemu kembali dengannya di surga Allah kelak.

Percayalah semua cobaan yang Allah beri mengandung sebuah hikmah kehidupan. Kita boleh bersedih, tetapi kesedihan itu tak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik dan tidak akan membuat ia yang telah meninggalkan kita kembali lagi.

Aku turut merasakan kesedihan yang engkau rasakan. Ingatlah bahwa semua ini adalah cobaan yang sedang dilimpahkan oleh Allah kepada hamba-Nya yang kuat. Tapi, kesedihan yang datang ini pasti memiliki makna dan percayalah bahwa Allah selalu memberikan jalan terbaik kepadamu.

Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya. Segala sesuatu yang ada di dunia ini dibatasi oleh ajal. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Doakanlah agar dapat dipertemukan kembali di surga kelak.

Ucapan belasungkawa Islami singkat

Aku turut berduka cita atas meninggalnya orangtuamu. Semoga kamu dan keluarga diberi ketabahan dari peristiwa ini.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kini yang bisa kita lakukan sekarang adalah mendoakan dia yang telah pergi meninggalkan kita selamanya.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang telah menimpamu hari ini.

Aku sangat sedih dan berduka cita sedalam-dalamnya. Sungguh, tak ada yang bisa aku katakan saat ini.

Semua ini adalah rencana baik dari Allah. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.

Ucapan belasungkawa Islami untuk sahabat

Tak terasa air mataku menetes di hari kepergianmu. Sungguh aku sangat kehilanganmu, engkaulah sahabat terbaikku. Selamat jalan sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kepulanganmu begitu cepat kepada Sang Khalik. Semua kenangan tentangmu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya dapat mendoakanmu agar segala amal baikmu diterima dan semua kesalahanmu diampuni oleh Allah.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Sahabat kecilku, engkau meninggalkanku begitu cepat. Semua kebersamaan yang pernah kita lewati kini telah menjadi sebuah kenangan. Semoga segala amal ibadahmu diterima di sisi Allah.

Selamat jalan wahai kawanku, aku sebagai sahabat hanya bisa mendoakan dari sini. Semoga segala doa-doa terbaik yang kupanjatkan dikabulkan oleh Allah. Hanya satu yang bisa aku lakukan saat ini, yakni mengenang dan mendoakanmu.

Wahai sahabat terbaikku, meski usiamu masih muda, semangatmu masih membara, cita-citamu begitu tinggi, tetapi Allah lebih sayang kepadamu, Allah rindu denganmu. Selamat jalan sahabatku tersayang. Semoga engkau diberi tempat terbaik di surga-Nya.


Ucapan Belasungkawa Kristen dan Katolik

ucapan belasungkawa kristen

Ucapan belasungkawa ini tidak akan bisa mengobati rasa sedih kehilangan orang yang sangat di cintai dan sayangi. Namun, ucapan berduka cita ini setidaknya bisa mengurangi dan memberi harapan bahwa kematian bukanlah akhir dari kehidupan.

Setelah mengetahui ucapan belasungkawa dalam islam, berikut ini juga ada ucapan belasungkawa bagi yang beragama Kristen yang saya kutip dari moondoggiesmusic.com. Contoh ucapan belasungkawa ini bisa diucapkan kepada kerabat atau teman mu. Berikut ini ulasannya.

Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Melainkan, awal dari sebuah kehidupan yang abadi… Turut berduka cita atas meninggalnya saudara….. Tuhan itu Baik dan semoga menempatkanmu di tempat terbaik.

Terkadang Tuhan menyapa kita melalui cara yang tidak biasa. Salah satunya dengan mengambil nyawa orang-orang yang sangatkita cintai. Namun, percayalah bahwa segala rencana Tuhan adalah yang terbaik. Semua ujian yang diberikan pasti ada hikmahnya…

Turut berbelasungkawa atas meninggalnya saudara …. Semoga ia tenang di alam sana.

Tuhan tahu mana manusia yang baik dan manusia yang tidak baik. Kembalinya Bapak di pangkuan Tuhan karena bapak merupakan manusia baik. Tuhan menyayangi manusia-manusia baik. Semoga almarhum tenang di sisiNya dan di tempatkan di tempat terindah.

Turut belasungkawa atas meninggalnya Saudara…..

Kami sekeluarga berdoa agar almarhum diampuni dari segala kesalahan dan dosa semasa di hidupnya. Bagi seluruh keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini. Amiin.

Kita punya rencana dan Tuhan juga punya rencana yang jauh lebih baik. Kami dari keluarga ….. mengucapkan berduka cita yang sangat mendalam atas kepergian Ibu…. Semoga beliau yang meninggalkan kita di ampuni segala dosa dan amal ibadahnya diterima di sisi Nya.

Kehilangan seseorang yang sangat dicintai memang sangat menyakitkan. Namun, lebih menyakitkan lagi jika kita tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya. Biarkan dia yang meninggalkan kita tenang di alam sana. Turut berduka cita atas meninggalnya Saudara …. Semoga segala dosanya di ampuni oleh Tuhan.

Baru kemarin kita bermain dan tertawa bersama. Saat ini, kau telah terbujur kaku di dalam peti. Mengapa kepergiannmu bergitu cepat wahai sahabat baikku. Doaku yang terbaik untukmu semoga kelak kita bisa bermain dan tertawa lagi di dalam surgaNya.

Kami segenap keluarga besar (…………..) turut berduka cita atas kepergian Saudara, ibu atau bapak (……….)

Semoga tuhan memberikan jalan yang terbaik untuk menuju tempat terbaik aitu surganya.

Tuhan tahu mana manusia yang berperilaku baik dan mana manusia yang berperilaku buruk. Kembalinya saudara (……….) di tangan Tuhan karena dia merupakan orang baik. Semoga dosa-dosa almarhum di ampuni dan semoga almarhum tenang di sisi-Nya.

Terkadang, tuhan menyapa makhluknya dengan berbagai macam cara. Salah satu yaitu dengan cara menyapanya dengan sebuah kematian yang mengantarkan roh makhluknya menuju ke sisi-Nya. Percayalah, kepergian saudara kita bukanlah hal yang buruk. Karena, sebuah hal yang sangat membahagiakan baginya. Kita doakan semoga Tuhan menempatkannya di surgaNya.

Kita memang mempunyai banyak rencana. Namun, Tuhan mempunyai rencana yang lebih baik daripada apa yang kita rencanakan.

Kami sekeluarga mengucapkan belasungkawa yang sangat dalam atas kepergian saudara….. kami berharap tuhan selalu menempatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

Kehilangan memang menjadi hal yang sangat menyakitkan. Namun, akan lebih sakit lagi jika kita tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya. Biarkan almarhum tenang bersama-Nya. Tuhan akan selalu mengulurkan tangan bagi hambanya yang baik seperti almarhum.

Kami turut berduka cita atas kepergian sudara….

Ya Tuhan, tabahkanlah keluarga yang sedang dilanda musibah. Karena, semua makhluk di dunia pasti akan ada saatnya menemui sang pencipta. Semoga engkau, menerima arwah saudara kami dengan tangan-Mu yang terbuka lebar menyambutnya dan menempatkannya di tempat yang terindah.


Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa

ucapan belasungkawa bahasa jawa

Contoh ucapan belasungkawa selanjutnya yaitu ucapan ditujukan untuk orang Jawa atau bagi yang ingin menghormati seseorang dengan bahasa Jawa. Mungkin ada teman yang berasal dari Jawa yang sedang mengalami musibah kehilangan keluarga. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa digunakan.

Nderek belasungkawa, mugi panjenengan dipun paringi sabar dening Gusti Allah. Mugi almarhum pikantuk papan ingkang sae wonten ing ngarsanipun Gusti Allah.

Artinya, turut berbelasungkawa. Semoga anda diberikan kesabaran oleh Allah. Semoga ia berada dalam tempat terbaik di samping Allah.

Melu belasungkowo karo koe, (nama teman). Muga-muga almarhum Bapakmu diampuni dosane, ibu, koe, sak keluarga diparingi sabar lan kuat. Aku ndonga supaya koe ora suwe suwe sedih, amarga urip iki kudu terus mlaku.

Artinya, saya turut sedih. Semoga bapak diampuni dosanya, ibu, kamu, dan keluarga diberikan kesabaran dan kekuatan. Aku berdoa agar kamu tidak bersedih dalam waktu lama, sebab hidup harus terus berjalan.

Nderek belasungkawa, mugi panjenengan dipunparingi sabar lan kuwat.

Artinya, turut berbelasungkawa. Semoga Anda selalu merasa sabar dan kuat menjalani takdir ini.

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengungkapkan belasungkawa dalam bahasa Jawa. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis tingkatan bahasa.

Jika ingin mengungkapkan kepada yang lebih tua, gunakan kromo alus. Sedangkan jika lebih muda atau seumuran bisa menggunakan bahasa ngoko yang lebih santai.


Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris

ucapan belasungkawa bahasa inggris

We whole big families (………) also grieve over the death of our brother named (……….) may his soul be accepted by the Almighty.

(Kami segenap keluarga besar (……….) turut berbelasungkawa atas meninggalnya saudara kita yang bernama (………..) semoga arwahnya di terima oleh sang Maha kuasa).

Sad feeling enveloped the heart, just a piece of memories that exist today, may you live in happiness in the realm there o my good friends, only prayers that I can pray here to accompany your departure.

(Rasa sedih menyelimuti hati, hanya sebongkah kenangan yang ada saat ini, semoga engkau hidup dalam kebahagiaan di alam sana wahai kawan baik ku, hanya doa yang bisa aku panjatkan disini untuk mengiringi kepergianmu).

Believe me my friend’s departure is not a sad thing, but your departure is a start for you to have an eternal happiness up there with the god. Our prayers are always with you.

(Percayalah kawan ku kepergianmu bukanlah sebuah hal yang menyedihkan, namun kepergianmu adalah sebuah awal untukmu mendapat sebuah kebahagiaan yang abadi di atas sana bersama tuhan. Doa kami selalu menyertaimu).

I am so sorry to hear that your father passed away, hope you and family get fortitude in this accident.

(Saya turut berduka cita atas meninggalnya ayah anda, semoga kamu beserta keluarga mendapat ketabahan dalam kejadian ini)

I am sorry to hear about your loss

(saya turut berduka cita atas kehilangan yang menimpamu)

I am sorry, but I am at a loss words

(saya turut berduka cita)

Please accept my condolences, ….. will always be missed

(saya turut berduka cita, ….. akan selalu dirindukan)

Our thoughts and prayers are with you

(Kami selalu mendoakan mu)

Let bygone be bygone

(Yang berlalu biarlah berlalu)

It’s part of God’s plan

(Ini adalah rencana Tuhan)


Ucapan Belasungkawa Bahasa Sunda

ucapan belasungkawa bahasa sunda

Selain kata-kata ucapan bela sungkawa ini dalam bahasa Jawa dan Inggris, kami sajikan juka ucapan belasungkawa dalam bahasa sunda. Kami juga menyertakan artinya atau terjemahan dalam bentuk bahasa Indonesia agar mudah dipahami untuk kamu yang bukan asli orang sunda atau jawa barat namun ingin memberi ucapan duka cita kepada orang sunda (jawa barat misalnya Bandung) dengan bahasa sunda.

“Innalillahi Waina Illaihi Roji’un, mugia almarhum ditampi iman islamna, keluarga nu dikantunkeun sabar sareng tawekal, amiiin.”

Innalillahi Waina Illaihi Roji’un, semoga almarhum / almarhumah diterima keislamannya, keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran, aamiin.

“Innalillahi Waina Illaihi Roji’un, sim kuring sakaluargi ngiring belasungkawa, mudah-mudahan amal ibadahna di tampi ku ALLOH SWT, dihampura tina sagala kalepatana,”

Innalillahi Waina Illaihi Roji’un, kami sekeluarga ikut berbelasungkawa, mudah-mudahan amal ibadah almarhum/almarhumah diterima Allah SWT dan diampuni segala dosanya.

Innalillahi wainnailaihi rojiun Ngiring belasungkawa

Innalillahi Waina Illaihi Roji’un, turut berduka cita

Pupusna (nama orang yang wafat, almarhum almarhumah) mugi Allah SWT nampi kana sagala amal ibadah kalayan aya dina jalan nu di piridho ku Manten-Na. Kakulawargina oge mugi di paparinan kasobaran tina saniskara cocobi. Aamiin. Wilujeng kantun Kang …..!

Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah dan almarhum/almarhumah mendapat jalan terbaik. Dan Keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran atas cobaan ini, Aamiin.

Simkuring sakulawargi ngiring belasungkawa ku pupusna Pangersa (nama orang yang meninggal). Mugia arwah almarhum kenging tempat anu mulya mungguhing Alloh SWT, Aamiiin ya rabbal ‘alamiin.

Saya sekeluarga ikut turut berduka cita / belasungkawa atas meninggalnya (nama orang yang meninggal). Semoga arwah almarhum mendapat tempat yang baik di sisi Allah SWT, Aamiin Ya rabbal ‘alamiin.

Ngiring belasungkawa, mudah mudahan anjeunna, ditampi di tempat nu mulya di sisi Alloh SWT, dicaangkeun di alam kuburna, dibebaskeun dari siksa kubur, dihapunteun dosa-dosana, ditampi amal, iman, islamna… dimasukkeun ke dalam surgana Alloh SWT. aamiin

Turut berbelasungkawa, medah-mudahan beliau diterima di sisi Allah SWT, dilapangkan kuburnya, dibebaskan dari siksa kubur, dihapuskan dosa-dosanya, diterima amal, iman dan keislamannya, dan dimasukan ke dalam surga Allah SWT, aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Ngiring belasungkawa Mudah-mudahan keluarga anu ditinggalkeun, dipaparinan kasabaran, dan yang terpenting bisa melanjutkan cita-cita, amanat kahadeaan anjeuna di masa hidup, aamiin ya rabbal ‘alamiin

Turut berbelasungkawa semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan yang terpenting bisa melanjutkan cita-cita dan amanat (pesan) yang diucapkan almarhum selama hidup, aamiin ya rabbal ‘alamiin.


Ucapan Duka Cita Singkat Yang Baik

Ucapan Duka Cita Singkat Yang Baik

Sebuah kesedihan yang sedang kita rasakan merupakan sebuah tanda, jika kita sangat mencintainya. Sebuah kebahagiaan yang datang setelah hujan kesedihan merupakan suatu tanda jika Anda benar-benar sangat menyayanginya. Dia sekarang sudah tenang dan damai bersama sang pencipta, sehingga kau tak perlu kau risau karena di alam sana Dia selalu terjaga.

Sekarang saya juga sedang merasakan kesedihan yang engkau rasakan. Karena, semua ini hanyalah sebuah cobaan yang sedang dilimpahkan oleh tuhan kepada hambanya yang kuat. Tapi sebuah kesedihan yang datang ini pasti mengandung sebuah makna dan percayalah bahwa Tuhan akan selalu memberikan jalan kepadamu.

Selamat jalan wahai saudara terbaikku, disini aku hanya bisa memanjatkan sebuah doa yang terbaik hanya untukmu.

Semoga segala doaku ini ridhoi oleh Tuhan hingga sampai di tanganmu. Semoga engkau di tempatkan di tempat terindah.

Saudaraku, sebuah kehilangan bukanlah sebuah akhir dari cerita.

Bukalah matamu luaskan pandangan untuk mengeetahui makna dari kedua itu,

Tabahkan hati dan siapkan mentalmu

Teruslah berjuang demi masa depanmu yang lebih baik wahai saudaraku.

Sebuah kehidupan tidaklah luput dari sebuah musibah dan Kita semua telah mengetahuinya

Kita semua juga tahu bahwa sebuah musibah tidak ada yang membuat kita merasa berbahagia

Musibah sudah menjadi sebuah bagian dari kehiduoan. Tanpa adanya musibah, manusia tidak akan pernah belajar apa artinya sabar, belajar apa artinya sebuah keikhslasan

Kami disini adalah keluargamu, hadapi semua keadaan yang sangat menyedihkan ini dengan senyum manis serta kepala yang tegak

Tetap semangat,

Tuhan akan selalu menuggu pengaduan dari keluh kesahmu kepada-Nya saudaraku.

Mungkin, semua ini sudah ditakdirkan oleh Tuhan kepadamu

Percayalah, segala sesuatu yang diberikan untukmu merupakan sebuah jalan terbaik yang memang telah diberikan padamu

Bersabarlah, karena semua pasti ada buah yang sangat berharga dibalik kejadian ini.


Baca juga:


Ucapan Belasungkawa


Pencarian yang terkait dengan ucapan belasungkawa

  • ucapan belasungkawa singkat
  • innalillahiwainnailaihirojiun ucapan belasungkawa
  • ucapan belasungkawa islam singkat
  • ucapan belasungkawa bahasa jawa
  • ucapan belasungkawa sunda
  • ucapan belasungkawa kristen 2020
  • ucapan belasungkawa islami singkat
  • ucapan belasungkawa untuk orang batak

Rating

Leave a Comment