15+ Wisata Kuliner Jogja yang wajib kamu coba

jejamuran kuliner jogja kekinian

kuliner jogjaDaerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Berdasarkan bentang alam, wilayah DIY dapat dikelompokkan menjadi empat satuan fisiografi, yaitu satuan fisiografi Gunungapi Merapi, satuan fisiografi Pegunungan Sewu atau Pegunungan Seribu, satuan fisiografi Pegunungan Kulon Progo, dan satuan fisiografi Dataran Rendah.

Jogja yang dikenal sebagai Kota Gudeg dan kota budaya, Jogja juga juga dikenal sebagai kota pelajar.  Sebagai kota yang memiliki sejarah panjang, Aroma Tradisional seakan menyelimuti seluruh aspek kota ini. Bukan hanya destinasi wisata alam yang menarik, wisata kuliner pun turut memikat hati para pelancong.

15+ Kuliner Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Berikut ini beberapa tempat wisata kuliner Jogja yang bisa dicoba untuk memulai petualangan kuliner di Kota pelajar ini.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon Jogja

Yogyakarta adalah tempatnya makanan khas bernama gudeg yang menjadi kini menjadi salah satu ikon kuliner khas Jogja. Banyak tempat yang menjajakkan gudeg dan setiap tempat memiliki keistimewaannya masing-masing. Jika kita pergi ke Jogja dan bertanya kepada penduduk maupun pendatang yang tinggal di Jogja tentang gudeg mana yang lebih enak, mereka pasti akan kebingungan karena setiap tempat memiliki keunikannya masing-masing. gudeg pawon ini berlokasi di  Hl. Prof. DR Soepomo, Janturan Umbulharjo, Yogyakartamenjadi. gudeg pawon ini buka mulai pukul 22.00 WIB.

keunikan Gudeg pawon ini terdapat pada pengolahan makanannya yang menggunakan tungku kayu bakar sehingga rasa gudeg yang dihasilkan lebih nikmat. keunikan lainnya adalah konsep nya yang menggunakan pawon atau dapur sebagai tempat mengambil makanan. Pengunjung akan masuk ke dapur dan mengambil gudeg yang disediakan oleh penjual dan bisa makan ditempat maupun dibungkus.

Terkenalnya gudeg Pawon ini membuat pengunjung yang datang semakin banyak, antrian pun memanjang bahkan sebelum jam buka. Bahkan, ada yang menunggu dari jam 8 malam untuk menikmati satu porsi gudeg dari tempat ini padahal jam buka nya adalah pukul 22.00. Tapi jangan salah, jika kita tidak buru-buru mengantri, gudeg di tempat ini bisa habis bahkan sebelum satu jam setelah jam buka. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

The House of Raminten

the house of raminten

Berkunjung ke Jogja baru lengkap kalau mengunjungi House of Raminten Jogja, rumah makan eksentrik dan cukup nyeleneh dengan suasana Jawa yang sangat kental. Kesan pertama yang akan anda rasakan saat memasuki House of Raminten adalah ramainya pengunjung, nuansa Jawa yang kental, dan aroma dupa yang cukup menusuk hidung. Tapi tenang saja, jika restoran ini ramai, telah disediakan ruang tunggu tersendiri dengan deretan kursi yang memanjang. Saat pertama datang, anda harus mendaftar dulu ke pelayan restoran dan menunggu antrian hingga terdapat meja yang kosong.

Keunikan lain yang akan anda temui disini adalah seragam pegawainya yang sangat khas dan kental dengan budaya Jawa, yaitu kemben dan jarik batik untuk pegawai perempuan dan kaos putih berpadu dengan rompi hitam dan bawahan jarik batik bagi pegawai laki-laki. rumah makan ini terletak di Jl. Faridan Muridan Noto No.7, Kotabaru, Gondokusuman dengan jam buka 24 jam. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Soto Bathok Mbah Katro

soto bathok mbah katro

Selain Gudeg, soto juga menjadi salah satu wisat kuliner jogja yang diincar wisatawan bahkan warga lokal sendiri. Nah salah satu soto yang lezat di Jogja adalah Saoto Bathok Mbah Katro. Kuliner Jogja yang satu ini terbilang unik karena penyajiannya menggunakan batok kelapa. Anda bisa sarapan soto enak dengan nuansa “ndeso” yang asri. Warung soto ini menempati bangunan saung bambu yang menjadi ciri khasnya. Warung yang bertuliskan “Saoto Bathok Mbah Katro” ini punya soto daging sapi yang jadi favorit banyak orang. Lokasinya ada di Jalan Candi Sambisari No. 6, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Bakmi Jawa Mbah Gito

bakmi jawa mbah gito wisata kuliner jogja

Yogyakarta terkenal dengan sajian bakmi Jawa. Ada beberapa yang namanya rumah makan bakwi jawa cukup populer. Salah satunya Bakmi Jowo Mbah Gito di kawasan Kotagede. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Baik di meja maupun lesehan. Harga Bakmi Godog Kuning (Rp 25.000) dan Magelangan (Rp 20.000). Alamat bakmi jawa ini di Jl. Nyi Ageng Nis No. 9 Rejowinangun, Kota Gede, Yogyakarta.

Tempat yang unik dan kental akan nuansa tradisional Jawa menjadi daya tarik yang membuat banyak pelanggannya penasaran dengan rumah makan ini. Bangunan yang didominasi interior serba kayu. Bahkan penyangga bangunan pun menggunakan potongan kayu jati hingga terkesan seperti gubug. Aneka patung-patung khas Jawa, hingga kayu-kayu penyangga dengan ukiran menyerupai wajah para presiden Indonesia menambah kesan estetik di tempat makan ini. Menariknya, di malam-malam tertentu, pengunjung bisa menikmati pertunjukan wayang sambil menyantap nikmatnya hidangan di Bakmi Jowo Mbah Gito. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Sate Klathak Pak Pong

sate klatak pak pong wisata kuliner jogja

Kuliner sate klatak ini sudah cukup terkenal, tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Jogja, memilih sate Klatak Pak Pong untuk sekedar makan siang. Sate Klatak memang memiliki kekunikan, kalau biasanya sate ditusu dengan menggunakan bambu, justru sate Klatak menggunakan jeruji besi yang didapat dari jeruji velg sepeda. Untuk sate ini sebenarnya tak ada bumbu khusu atau bumbu rahasia, yang membuat cita rasanya begitu enak.

Hampir sama dengan sate-sate pada umumnya. Mungkin karena cara membakarnya menggunakan jeruji velg sepeda, sehingga rasanya sedikit berbeda dan lebih enak. Nah kalau kamu mau ke sini, Sate Klatak Pak Pong berada di Jalan Sultan Agung No 18, Jejeran II, Kec. Pleret, Bantul. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Oseng Mercon bu Narti

oseng mercon bu narti kuliner jogja

Siapa yang tak kenal dengan oseng-oseng Mercon Bu Narti? Warung makan yang ada di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan ini malah disebut sebagai pelopor oseng-oseng di Jogja. Soal rasanya, tak perlu diragukan lagi. Apalagi disajikan dengan nasi hangat yang asapnya masih mengepul. Nasi putih panas dipadu oseng-oseng super pedas meledak di mulut.

Kelezatan kikil bercampur aneka bumbu dapur menggoyang lidah, menuntut kita untuk pantang berhenti menyuap.  Ingat, tempat makan ini buka setiap malam dari jam 6 hingga 11 malam. Untuk mendapatkanya juga ek stra sabar karena harus antri. Jl. KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta, Indonesia. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Kopi Klotok

kopi klotok kuliner jogja

Warung Kopi Klotok di Yogyakarta dalam tiga tahun ini seperti menjadi tempat wisata kuliner di jogja yang wajib pelancong kunjungi ketika jalan-jalan ke Kota Pelajar. Bangunan joglo khas rumah tradisional Jawa Tengah menjadi daya tarik bagi warung itu. Apalagi, letaknya berada tepat di tepi sawah. Suasana pedesaaan pun langsung terasa ketika pengunjung datang.

Menu-menu di Kopi Klotok tergolong murah. Satu paket nasi sayur plus lauk dibanderol Rp 11.500. Sedangkan kopi klotok Rp 5.000 per gelas dan pisang goreng Rp 2.500 per porsi. Warung ini buka mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WIB. Alamat lengkap kopi klotok ini di Jalan Kaliurang KM. 16, Pakem – Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Nasi Rames Demangan

Nasi Rames demangan kuliner jogja

Nasi rames merupakan salah satu menu kuliner yang hampir setiap hari kita temui. Nasi dengan lauk, sayur, sambal dan juga kerupuk ini bisa dijumpai di berbagai warung makan hingga restoran. Baik di pinggiran jalan, terminal, kaki lima maupun stasiun banyak yang menyediakan menu makanan nasi rames. Di kota Jogja sendiri banyak yang menjual nasi rames dengan citarasa yang nikmat salah satunya adalah Nasi Rames Demangan.

Selain lauk sambal teri dan kering tempe, beragam menu sayur lodeh merupakan salah satu keunikan dari nasi campur yang dijual di warung tenda terkenal ini. Pengunjung dapat memilih isi sayur lodeh yang ditawarkan mulai dari labu siam, nangka muda, kacang panjang. Sayur tersebut dibuat dengan kuah santan dan diberi bumbu pedas. Nasi rames demnagan merupakan salah satu wisata kuliner malam jogja. Alamat Nasi rames demangan ini terletak di jalan Gejayan (Jalan Afandi, Depan Apotik Ardi Farma), Yogyakarta, rumah makan ini buka pada pukul 21.30 – 04.00 WIB. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Bakso Kuah Prasmanan Alun-Alun Kidul

bakso prasmanan kuliner jogja

Alun-Alun Kidul tentu bukanlah spot baru untuk menghabiskan waktu di Yogyakarta. Tak semata bersantai menikmati santainya suasana Kota Budaya, tempat ini juga jadi andalan foodies yang ingin berburu kuliner di jogja. selain itu, di Alun-Alun kalian juga dapat berburu jajanan murah meriah.  Bakso Kuah Prasmanan jadi salah satu camilan favorit ditempat ini.  Metode penyajiannya yang terbilang unik dimana anda bisa mengambil sendiri bakso-bakso dengan berbagai isian, dari yang berukuran kecil sampai super besar.

Bakso-bakso pilihan Anda nantinya tinggal ditambahkan kuah bercita rasa gurih dan sedap. Varian isi bakso yang ditawarkan cukup beragam, yaitu bakso ayam, bakso urat, bakso kikil sapi, bakso telur puyuh, bakso telur ayam, bakso beranak, sosis, dan ikan tuna. Bakso Arjuna biasanya dijajakan mulai pukul 16.30 hingga habis dengan harga mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 5 ribu per bakso. alamat bakso. alamat bakso kuah ini di alun-alun selatan Yogyakarta. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Wedang Ronde

wedang ronde wisata kuliner jogja

Bagi kamu pencinta minuman berbahan jahe, di jogja tersedia minuman dengan cita rasa jahe yang nikmat. aroma jahe yang khas ditambah dengan rasa manis serta hangat. dan dicampur dengan berbagai jenis toping. minuman ini dinamakan wedang ronde. Nah, jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, wajib nih mampir cobain semangkuk hangatnya ronde. minuman ronde ini bisa kalian temukan banyak di alun-alun Yogyakarta. salah satu tempat jualan wedang ronde yang cukup terkenal dan legendaris yaitu wedang ronde Mbah Payem. Wedang ronde ini merupakan ronde langganan Presiden ke-2 RI, Soeharto.

Biasanya, mbah Payem berjualan ronde di sebelah timur perempatan Kauman, Kota Yogyakarta, sekitar 100 meter ke barat dari Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Uniknya, ronde mbah Payem dibuat dengan cara tradisional, sehingga menghasilkan cita-rasa wedang ronde yang sangat khas. Berjualan sejak tahun 1965 silam, ronde mbah Payem dinilai sebagai salah satu kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Yogyakarta. wedang ronde ini dapat dijadikan pada foodies untuk kuliner jogja malam hari. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Mie Ayam BU Tumini

mie ayam bu timini kuliner jogja

Segala hal yang berhubungan dengan Jogja selalu istimewa. Tak heran jika banyak wisatawan yang terbuai dengan keanekaragaman dari kota pelajar ini. Apalagi ketika membicarakan kulinernya. Tak hanya gudeg, kalian juga bakal ketagihan dengan mie ayam di sini. Termasuk Mie Ayam Bu Tumini yang terkenal banget. Wisata kuliner Yogyakarta murah dan enak ini memiliki karakter atau ciri khas bila dibandingkan warung mie ayam pada umumnya, pasalnya ukuran mie cukup lah besar serta kuah mie ayam berwarna kecokelatan.

Kuah mie seperti terasa citra rasa gurih manis yang berasal dari proses masak ayam  yang digunakan sebagai toping mi ayam. Ketika sobat mulai mencicipi mi ayam, kekenyalan mie berpadu sempurna dengan gurih manis kuah mi ayam. Selain itu, daging ayam disajikan pun tak pelit, sebab ukuran daging cukup besar-besar dan memiliki tekstur daging empuk dan gurih. warung ini beralamat di Jalan Imogiri Timur Nomor 187 Umbul Harjo, Yogyakarta, atau tepat di utara pintu masuk Terminal Giwangan. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Iconik Gelato & Bistro

Iconic glato jogja

Siapa yang tidak kenal Iron Man, Spiderman, Hulk, Wolverine, dan banyak tokoh superhero serta karakter film yang biasa muncul di layar lebar. Nah di Jogja ada tempat nongkrong yang pastinya bikin kamu betah. Karena kita akan merasa dikelilingi oleh tokoh karakter favorit kita. Bukan museum lilin, tapi tempat ini adalah perpaduan cafe dengan toys gallery. Tidak tanggung-tanggung, action figure 1:6 pabrikan Hot Toys dan Statues menjadi penarik perhatian utama.

Belum lagi dekorasi interior yang bernuansa Pop-Urban Mural tentu menjadikan tempat nongkrong yang baru dibuka Februari 2018 ini menjadi favorit. tempat ini beralamat di Jalan Magelang Km. 5,8 (sebelah Kangen Boutique Hotel), Iconic Gelato & Bistro menyediakan berbagai sajian menu Western-Asian Fusion dan terdapat ice cream dengan aneka macam rasa. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Jejamuran

jejamuran kuliner jogja

Selain bisa berkeliling menikmati tempat-tempat wisata yang ada di Jogja, Nah, kamu juga dapat melakukan wisata kuliner.  Tempat wisata kuliner di Yogyakarta yang dapat kamu kunjungi,  salah satunya restoran ini. Namanya jejamuran. Wah dari namanya saja sudah bisa diendus bahwa rumah makan yang satu ini adalah rumah makan serba jamur.

Tenang saja, tidak hanya jamur crispy saja yang bisa Anda cicip, namun olahan jamur seperti gulai, rendang, nasi goreng, dan sate serba jamur bisa Anda cicipi. Jejamuran berlokasi di Jalan Pramuka, rt.01 rw.20, Niron, Pandowoharjo, Kabupaten Sleman, Jogja. Harga menu makanan pun beragam ya dan cukup ramah dikantong. Hanya berkisar sekitar 10-50 ribu. Anda pun bisa puas mencicip semua olahan jamur yang ada di sini.  Jika Anda masih belum puas, Anda bisa di spot jamur corner. Di sana ada semacam edukasi untuk para pengunjung mengenai jenis-jenis jamur. Dan, bukan hanya itu, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai spot foto. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Filosofi Kopi

filosofi kopi kuliner kopi jogja

kedai yang satu ini bangunannya jauh dari tren kedai kopi sekarang yang kalau tidak minimalis, rustic, unfinished atau industrial. Dengan anggun Filosifi Kopi percaya diri menyerap budaya lokal dengan bangunan Rumah Joglo. Filosofi Kopi Jogja terdiri dari beberapa bagian. Ada bagian luar yaitu di taman dengan lampu-lampu dan kursi meja santai, ada bagian coffee bar yang di depannya tersedia lesehan, ada beberapa ruangan semi terbuka yang adem untuk duduk sambil ngopi santai. Semua ruangan tanpa mesin pendingin.

Terbuka dengan pendingin alami yang sejuk nan asri. Sangkin asri dan damainya saya masih bisa mendengar suara jangkring sayup-sayup dari kejauhan. Persis seperti ngopi di desa. Fisosofi kopi merupakan wisata kuliner jogja yang wajib kamu kamu kunjungi sebagai penikmat/pecinta kopi dan penyuka suasana asri dan damai. Tempat ini beralamt di Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jam Buka pukul 16.00 – 23.00 WIB. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Angkringan Gareng Petruk

angkringan gareng petruk wisata kuliner jogja

Jika anda sedang jalan – jalan di sekitar Tugu Jogja, sempatkanlah mampir ke angkringan asyik yang satu ini. Letaknya yang hanya berjarak kurang dari 5 menit berjalan kaki dari Tugu Jogja, membuat Angkringan Gareng Petruk sangat kental akan atmosfir keistimewaan kota Jogja. Di angkringan ini anda harus coba menu jajanan nasi kucing dan sate yang cukup beragam. Mulai dari nasi ayam bumbu bali, oseng ati ampela, dan ayam rica – rica, pilihan menu nasi kucing di angkringan yang satu ini sangat menggoda untuk dicoba satu – persatu.

Tidak hanya itu, berbagai macam pilihan sate seperti sate ampela, keong, dan lauk berbumbu bacem lainnya, akan sangat cocok untuk mengisi perut anda sehabis ber-selfie di Tugu Jogja. Angkringan Gareng Petruk dijual mulai dari harga IDR3.000 – IDR10.000. Dengan pilihan menu dan suasana yang ditawarkan, harga tersebut bisa dibilang cukup terjangkau. Untuk menuju ke Angkringan Gareng Petruk, anda bisa langsung menuju ke Jl. Margo Utomo (Mangkubumi) No. 30, Yogyakarta. Cukup dengan berjalan kaki dari Tugu Yogyakarta. Untuk lebih mudahnya, angkringan ini terletak hampir tepat di depan kantor surat kabar Kedaulatan Rakyat. Angkringan Gareng Petruk buka setiap hari dari jam 16.30 – 01.00 WIB. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Kopi Joss Lik Man

Kopi joss Lik Man Jogja

Nongkrong malam hari di Jogja pasti yang terlintas adalah warkop alias warung kopi. Nah, kalau lagi di Jogja dan mau seruput kopi di malam hari pas banget mampir ke deretan angkringan kopi legendaris yang menyajikan menu kopi dengan arang panas atau biasa disebut kopi joss. Penamaan tersebut sesuai, karena penyajian kopi ini cukup nyentrik dibandingkan dengan kopi-kopi lainnya. Kopi ini dapat kita temui ketika berada di sebelah utara Stasiun Yogyakarta, tepatnya di warung-warung angkringan yang berjajar dipinggir jalan. Kopi Joss disajikan secara berbeda, karena dari jenis kopinya saja merupakan biji kopi tradisional yang didatangkan dari daerah Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sehingga cita rasa yang dibawa juga khas dari kawasan tersebut.

Lalu ciri yang paling khas dari Kopi Joss adalah penyajian pada pelanggan, yaitu dengan mencelupkan arang kedalam gelas kopi yang akan kita minum. tempat kopi joss yang dapat kalian coba yaitu Angkringan Kopi Joss atau Angkringan Lik Man yang cukup legendaris di Jogja. Tempat nongkrong yang sudah ada sejak tahun 1960-an ini terletak Jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen. Cukup jalan kaki beberapa menit saja dari stasiun Tugu dengan jam buka: 14.00-03.00 WIB. Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan MAPS dibawah ini:

Demikianlah artikel tentang kuliner jogja yang membahas 15 Destinasi wisata kuliner jogja yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung atau liburan di DIY Yogyakarta. Semoga pilihan-pilihan destinasi kuliner yogyakarta di atas bisa membantu anda dalam menentukan kuliner apa yang cocok buat anda.

Oh iya selain menikmati kuliner di jogja, jangan lupa nih beli Oleh-Oleh Khas Jogja Enak, Murah dan Wajib Kamu Bawa Pulang. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini ya. Sekian dan terima kasih.

 

Wisata Kuliner Jogja

 

Pencarian yang paling banyak dicari:

  • kuliner jogja kekinian 2020
  • wisata kuliner jogja 2020
  • kuliner jogja kekinian 2018
  • kuliner jogja terbaru 2020
  • kuliner jogja terbaru 2019
  • kuliner jogja 2020
  • kuliner jogja 2018
  • blog kuliner jogja
  • review kuliner jogja
  • artikel tentang kuliner jogja

13+ Cara membuat Kacang Telur dan Kacang Bawang

Cara membuat Kacang Telur dan Kacang Bawang – Kacang adalah camilan yang selalu mengisi toples saat lebaran tiba. Salah satu olahan kacang yang paling...
infastpedia
7 min read

Rolade Ayam: Resep dan Cara Membuat Rolade Ayam

Rolade Ayam – Saat ini ada beberapa macam resep rolade yang populer di tengah masyarakat, misalnya dipanggang, dikukus saja atau bahkan dikukus sampai matang...
infastpedia
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *